Selain Bahan Bangunan Kayu Kamper Juga Bagus untuk Furniture

Siapa yang tidak mengenal kayu kamper? Di Indonesia kayu kamper adalah kayu yang paling banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Ada banyak kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan kayu kamper sebagai bahan bangunan seperti usuk dan reng bahkan tiang panyangga rumah.

Kayu kamper adalah jenis kayu yang banyak ditemukan di Kalimantan. Karena tumbuh di daerah dengan curah hujan yang tinggi kayu kamper tahan terhadap kelembaban dan air. Ketahanan inilah yang membuatnya banyak digunakan sebagai bahan bangunan.

Namun pernahkah Anda menggunakan kayu kamper sebagai material furniture? Ketika kayu kamper digunakan sebagai furniture maka ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Jadi kayu kamper tidak hanya bisa digunakan sebagai material bahan bangunan namun juga bisa digunakan sebagai material furnture.

Dalam artikel ini Anda akan mengenal apa saja kelebihan kayu kamper ketika digunakan sebagai furniture. Selain itu kenali apa saja jenis furniture yang menarik menggunakan kayu kamper sebagai material utamanya.

Kelebihan yang Didapatkan dari Kayu Kamper

Jika sebagai bahan bangunan kayu kamper terkenal denga tahan air, lalu bagaimana ketika kayu kamper diolah menjadi furniture? Apakah kayu kamper dapat digunakan dengan baik sebagai furniture? Berikut ini keuntungan yang akan didapatkan jika Anda memilih kayu kamper sebagai furniture.

  1. Kekuatan sebagai furniture

Sebuah furniture yang terbuat dari kayu harus kuat selain dari konstruksinya. Kayu kamer adalah kayu dengan kelas kekuatan I-II dimana jenis kayu ini adalah kayu yang kuat dan tidak mudah rusak karena hama baik itu jamur maupun rayap yakni dengan kelas awet II-III. Maka tidak heran melihat kekuatannya tersebut kayu kamper banyak digunakan sebagai bahan bangunan.

Namun jika digunakan sebagai furniture melihat dari kelas kuat dan kelas awetnya kayu kamper adalah kayu yang bagus untuk furnture luar ruangan. Bahkan jika Anda ingin meletakannya di atas tanah langsung kayu kamper lebih tahan terhadap rayap.

  1. Harganya murah
Selain Bahan Bangunan Kayu Kamper Juga Bagus Untuk Furniture

Kayu kamper yang sering digunakan sebagai furniture adalah material yang mudah didapatkan. Masa penan kayu kamper yang cukup cepat membuat kayu ini lebih mudah ditemukan dan masih banyak stoknya. Harga yang diberikan untuk kayu kamper pun cukup murah.

Harga kayu kamper per batang dengan panjang 4 meter bisa mencapai 185 ribu saja. Kayu kamper batangan digunakan sebagai konstruksi furniture seperti sofa.

  1. Tampilan yang indah

Salah satu kelebihan material kayu yang dipilih adalah tentang penampilan yang dimilikinya. Kayu kamper memiliki serat yang indah lurus dan beraturan sehingga mudah dikenali. Orang yang akan membeli kayu kamper sebagai furniture tidak akan keliru dengan jenis kayu yang lainnya.

Tampilan yang indah ini ditambah dengan warna kayu yang kemerahan mirip dengan kayu mahoni hanya saja lebih muda. Keindahan serat dan juga warnanya membuat banyak orang untuk lebih memilih untuk tidak memberikan bahan finishing seperti gloss dan membiarkannya tetap tampak natural.

Kelebihan dari kayu kamper tentu saja diiringi dengan kelemahan. Hanya satu kelemahan yang dimiliki kayu kamper karena sifatnya yang keras. Ketika hendak melakukan finishing maka proses pengamplasan perlu dilakukan dengan kerja keras.

Permukaannya yang kasar dan keras akan memakan banyak amplas. Anda mungkin akan mengeluarkan uang lebih untuk membeli amplas. Jika ingin cepat disarankan untuk mengamplas furniture kayu kamper dengan hand sander daripada pengamplasan manual.

Furniture yang Menarik dari Kayu Kamper

Kayu kamper memang cocok digunakan sebagai furniture outdoor. Kekuatan dan keawetannya membuat kayu ini lebih baik digunakan di luar sehingga akan tahan lama. Namun tidak ada salahnya juga jika kayu kamper digunakan sebagai berbagai macam furniture outdoor.

Berikut ini jenis-jenis furniture yang menarik dibuat dengan material kayu kamper.

  1. Coffee table

Anda memiliki ruang tamu? Maka coffee table adalah bagian yang sangat penting. Kayu kamper yang dibuat menjadi coffee table cukup menarik karena bentuknya yang kecil namun awet membuat Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli meja tamu berulangkali karena masalah rayap. Namun karena kerasnya kayu kamper dan kesulitan untuk dibentuk sebagai furniture yang memiliki banyak ornamen sebaiknya Anda menggunakan kayu kamper sebagi coffee table bergaya minimalis.

  1. Dining table

Butuh meja makan yang berukuran besar, kuat dan berat? Maka kayu kamper adalah jawabannya. Ketika digunakan sebaga meja makan, kayu kamper yang memiliki banyak ukuran besar dapat digunakan sebagai material utama. Anda bisa mendapatkan kaki-kaki dining table yang besar dan kuat. Selain itu ketika dining table digunakan secara berkala tidak ada banyak kerusakan yang akan didapatkan apabila Anda menggunakan cat kayu tahan goresan pada kayu kamper sehingga membuatnya lebih tahan lama.

  1. Kursi malas kolam renang atau pantai

Bermain dengan air tidak terlepas dengan kursi santai. Namun kebanyakan kayu memiliki musuh air yang akan menimbulkan jamur. Nah inilah saatnya untuk menggunakan kayu kamper sebagai material furniture kolam renang. Ketika Anda menggunakannya maka kursi akan lebih tahan lama bahkan jika menggunakannya di pinggir pantai pun tidak masalah. Asalkan Anda juga telah memberikan lapisan cat kayu anti air seperti berbahan polyurethane.

  1. Kursi teras

Selain kursi malas Anda juga bisa menggunakannya sebagai kursi teras. Model minimalis pada kursi teras yang terbuat dari kayu kamper akan lebih tahan lama. Perubahan cuaca panas dan hujan bahkan kelembaban yang tinggi tidak akan memudahkan kursi cepat berjamur bahkan didatangi rayap. Apabila kayu kamper digunakan tampilan yang digunakan pun bisa berbagai macam.

  1. Tempat tidur

Kayu kamper sangat bagus dijadikan sebagai material tempat tidur berbagai ukuran. Ketika Anda membutuhkan tempat tidur berukuran besar yakni king size atau queen size maka Anda bisa menciptakannya. Kayu kamper kurat menopang beban yang berat dan juga tahan oleh rayap. Material yang sangat cocok digunakan sebagai tempat tidur tahan lama.

  1. Kitchen set
Selain Bahan Bangunan Kayu Kamper Juga Bagus Untuk Furniture

Area dapur adalah area yang terkenal memiliki kelembaban yang sangat tinggi. Oleh karena itu kayu kamper sangat dibutuhkan sebagai material utama furniture dapur seperti kitchen set. Apabila Anda sedang memilih kayu untuk membuat kitchen set sebaiknya pilih material kamper yang sudah pasti tahan terhadap kelembaban. Agar lebih awet lagi Anda bisa menambahkan lapisan cat yang tahan air.

  1. Lantai dan dinding kayu

Selain furniture, kayu kamper bisa digunakan sebagai lantai dan dinding. Kayu kamper yang dibentuk sebagai parquet akan sangat baik digunakan. pemuaian kayu dan penyusutannya di segala musim tidak akan berdampak tinggi dan merusak. Oleh karenanya sangat cocok digunakan sebagai lantai kayu dan juga dinding kayu. Untuk melindungi lantai dan dinding tetap memiliki warna yang awet dan kuat lebih baik maka lapisan coating sangat diperlukan.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH