Kerajinan Sepatu Kayu Wajib Menggunakan Cat Kayu Yang Bagus

Sepatu kayu di berbagai belahan dunia membutuhkan cat kayu yang bagus pada proses finishing yang baik.

Cat-kayu-untuk-sepatu-kayu

Di semua penjuru dunia selalu memiliki ciri khas alas kaki yang berbeda beda seperti di Indonesia yang juga memilikii. Di daerah Tasikmalaya terkenal dengan sentra kerajinan sandal kayu disebut dengan kelom. Sandal kelom ini diperuntukan untuk wanita dengan gambar gambar indah seperti bunga, kupu-kupu dan menggunakan warna natural dari cat kayu yang bagus. Hampir sama dengan Tasikmalaya, di Jepang terkenal juga dengan sandal kayu disebut dengan geta. Akan tetapi geta dapat digunakan baik pria dan wanita. Saat ini geta sering digunakan pada acara khusus seperti festival musim panas sambil menggunakan kimono atau memang adat dari keluarga.

Beralih dari Asia, negara kincir angin Belanda juga memiliki alas kaki yang terkenal disebut dengan klompen. Klompen atau sepatu kayu ini sangat terkenal dan hangat ketika digunakan pada musim dingin dan terasa dingin jika digunakan pada musim panas. Kelom sendiri digunakan dengan nyaman karena terdapat rongga jari dan penggunaannya juga disertai kaus kaki. Saat ini banyak museum sepatu kayu di Belanda yang memajang jenis sepatu yang digunakan sejak zaman dahulu hingga pembuatan klompen.

Banyak jenis alas kaki yang terbuat dari kayu di berbagai belahan dunia lainnya. Hal ini dikearenakan alas kaki merupakan alat sangat penting dan kayu merupakan bahan yang sangat mudah ditemukan. Sehingga masyarakat zaman dahulu membentuknya dengan mudah. Berbeda dengan zaman sekarang bahan baku kayu sudah mulai berkurang dan memiliki harga yang tidak murah sehingga orang beralih pada material seperti kain, sintetis, karet, dll untuk membuat alas kaki.

Menganal Sepatu Kayu Dari Belanda

Cat-kayu-untuk-sepatu-belanda

Alas kaki yang paling unik dari semua jenis adalah klompen yang berasal dari Belanda. Jika negara lain hanya menciptakan sandal,Belanda menciptakan sepatu yang notabene tertutup dan semua material adalah kayu tidak ada penambahan kain atau karet seperti sandal. Hal ini juga dipengaruhi karena Belanda adalah negara empat musim yang membutuhkan sepatu dan dengan nyaman digunakan baik pada musim panas dan musim dingin. Jika Anda pergi ke daerah pedesaan di Belanda masih banyak penduduk yang menggunakan klompen sebagai alas kaki bertani. Nama klompen sebenarnya diperuntukan pada sepatu wanita sedangkan untuk sepatu laki laki disebut dengan holleblokken.

Sejak tahun 1270 Masehi sepatu kayu sudah dikenal oleh masyarakat Eropa tidak hanya di Belanda. Persebaran sepatu kayu ini memunculkan banyak pengrajin sepatu kayu di Eropa. Sedangkan untuk varian dari sepatu kayu ini disebut dengan trippe atau terompa yang berarti sandal kayu dengan tali dari kulit. Sepatu kayu sering digunakan oleh para petani dan buruh di seluruh negara Eropa. Sepatu kayu dari belanda memiliki makna yang dalam yaitu karakter bangsa Belanda yang ulet, hemat, praktis dan ekonomis. Oleh karena itu bentuk dari klompen sangat sederhana dan menggunakan bahan kayu yang mudah ditemukan.

Material yang digunakan untuk klompen adalah kayu gandarusa. Kayu ini paling mudah didapatkan dan beratnya ringan sehingga cocok digunakan untuk sepatu. Pada zaman dahulu klompen dibuat dengan pisau pemotong untuk menciptkaan bagian luarnya kemudian mencungkil bagian dalamnya. Membuat klompen dengan alat manual membutuhkan waktu yang lama sekitar lima hari. Sedangkan jika menggunakan mesin hanya membutuhkan waktu satu jam. Sehingga bisa mendapatkan sepasang sepatu klompen yang banyak dalam satu harinya. Setelah dibentuk jadi maka sepatu akan diamplas halus yang dilanjutkan dengan proses fisnihing menggunakan cat kayu yang bagus. Cat ini akan memberikan warna natural transaparan baru dilanjutkan dengan memberikan gambar menarik. Jika sepatu digunakan untuk sepasang pengantin maka klompen akan ditambah ukir-ukiran pada bagian luarnya.

Pentingnya Cat Kayu Yang Bagus Untuk Klompen

Bentuk unik dari klompen masih kurang rasanya jika tidak ditambah dengan warna. Salah satu warna yang menarik dan minimalis adalah natural transparan. Dengan pilihan warna ini serat kayu gandarusa yang unik akan terlihat. Warna kayu gandarusa yang putih cerah juga akan terlihat baik dan menjadi dasaran jika sepatu ingin ditambah desain tertentu dengan warna cerah.

Cat kayu yang bagus selain memberikan penampilan menarik juga memberikan perlindungan pada sepatu kayu. Sepatu yang digunakan akan selalu terkena perubahan cuaca. Maka dibutuhkan perlindungan dari cat agar warna dari kayu tidak mudah pudar. Begitu pula dengan sepatu yang dijadikan buah tangan, membutuhkan perlindungan dari cat agar ketika disimpan dan terkena kelembapan sepatu tidak mudah rusak. Penting halnya memberikan cat pada sepatu kayu yang diproduksi.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.