Ini Dia Tolak Ukur untuk Menilai Cat Kayu yang Bagus dengan Mudah

Furniture-kayu-yang-bagus-menggunakan-cat-biovarnish

Apa itu cat kayu yang bagus? Temukan cara menilai cat kayu dengan hasil warna natural yang bagus dalam artikel ini.

Pentingnya Cat Kayu yang Bagus untuk Furnitur

Memperbaiki Furnitur Dengan Cat Kayu Water Based Polyurethane

Memilih sebuah cat kayu untuk memperindah furnitur kita memang bukan perkara mudah. Perlu memperhatikan berbagai aspek dari cat kayu tersebut. Apakah cat kayu yang akan kita pilih dan gunakan sudah bagus dan berkualitas belum. Jangan-jangan cat kayu yang kita beli merupakan cat kayu yang tidak berkualitas.

Apalagi jika Anda merupakan pelaku industri furnitur dari bahan alam atau sekedar menggemari furnitur dari bahan alam. Pemilihan cat kayu akan menjadi proses pertimbangan bagi anda. Demi menjaga keawetan dari furnitur anda.

Cat kayu menjadi salah satu produk finishing yang wajib ada karena perannya sangat penting baik dari segi estetik dan juga perlindungan atau perawatan dari furnitur atau semua produk olahan kayu. Sebenarnya cat kayu tidak terbatas penggunaannya hanya pada material berbahan kayu saja tetapi juga semua serat alam seperti pelepah pisang, bambu, rotan, dan lain-lain. Lalu mengapa serat alam harus diberikan cat dalam proses finishing ?. Sudah dikatakan di awal bahwa cat kayu berfungsi tidak hanya sekedar memberikan nilai estetik tetapi penting juga untuk merawat dan melindungi.

Kegunaan Cat Kayu pada Furnitur

Menggunakan Kuas Untuk Aplikasi Pernis

Serat alam memang memiliki daya tarik sendiri. Furnitur yang menggunakan serat alam sering dianggap lebih eksotis. Namun, serat alam memiliki pori-pori dan juga serat. Kedua hal tersebut merupakan bagian yang unik dari serat alam dan membuatnya menarik. Tetapi pori-pori pada serat alam dapat menjadi masalah, karena pori-pori ini cenderung meresap air, sehingga air akan tersimpan di dalam serat. Nah, hal tersebut yang akan menimbulkan kerusakan pada furnitur.

Peran cat kayu di sini sebagai lapisan paling luar dari serat alam berfungsi untuk menutup pori-pori tersebut agar tidak dapat berfungsi untuk menyerap air atau kelembapan. Sehingga furnitur yang menggunakan bahan serat alam tidak mudah rusak.

Cat kayu juga berfungsi untuk memperindah atau meningkatkan nilai estetik dari sebuah produk olahan serat alam. Misalnya saja berbagai furnitur yang terbuat dari kayu, rotan, maupun bambu, seperti meja, kursi, lemari, sampai mainan dari bambu atau kayu. Produk dari serat alam akan lebih menarik jika difinishing dengan cat kayu. Saat ini berbagai produk oalahan serat kayu tersebut sangat digemari oleh pasar dalam maupun luar negeri.

Lalu apa daya tarik dari olahan serat alam tersebut? Tidak lain adalah dari segi tampilan yang cantik dan menarik dan membuat orang untuk membelinya dan juga tingkat kealamian warna. Demi menjaga kualitas dan nilai estetik dari produk olahan serat alam tersebut maka dibutuhkan cat kayu yang bagus dan tepat. Untuk menilai cat kayu yang bagus tersebut maka terlebih dahulu Anda mengetahui tolak ukur apa saja yang harus diperhatikan.

Tolak Ukur Cat Kayu Yang Bagus

Cat Warna Kursi Kayu Minimalis

Menilai sebuah produk cat kayu yang bagus memang agak sulit apabila tidak mencoba berbagai cat kayu kemudian dibandingkan satu dengan yang lainnya. Dari hasil perbandingan, Anda bisa memutuskan cat mana yang bagus, yang cocok, dan sesuai dengan material yang Anda aplikasikan. Tetapi Anda bisa mempelajari tolak ukur di bawah ini dalam membandingkan produk cat kayu mana yang sesuai untuk Anda.

  1. Cara aplikasi.

    Rahasia Aplikasi Polyurethane untuk Hasil yang Kuat dan Tahan Lama
    Di setiap produk cat pasti ada keterangan tentang cara aplikasi.Terkadang jika Anda tidak menggunakan cat kayu sesuai dengan cara aplikasi pasti hasilnya tidak akan memuaskan. Misalnya saja cat dengan cara aplikasi spray belum tentu bagus untuk diaplikasikan dengan kuas. Tetapi cat yang bagus akan dapat digunakan untuk berbagai jenis aplikasi. Bahkan hasilnya akan lebih memuaskan seperti permukaan mebel yang tidak menimbulkan kulit jeruk.

  2. Pemakaian cat dapat menutup pori-pori serat alam dengan sempurna.

    Ciri dari cat yang bagus Anda bisa mencobanya dari base coat atau dempul. Jika cat kayu menimbulkan peeling atau mengelupas ketika diamplas maka tandanya cat tersebut tidak mengisi pori-pori kayu dengan baik. Jika hal tersebut terjadi maka artinya cat tidak menempel dengan baik dan juga tidak mengisi pori-pori kayu. Pilih seri cat yang tidak menimbulkan peeling pada saat pengamplasan.

  3. Tidak sagging ketikan cat kayu diaplikasikan. Sagging

    Kelemahan utama pada cat adalah menimbulkan sagging atau mengalir ketika diaplikasikan. Cat dengan ciri tersebut bukanlah cat kayu yang bagus. Karena akan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan dan menimbulkan tekstur yang jelek. Ciri dari cat kayu yang tidak sagging adalah ketika dicampur dengan bahan pencampur baik itu solvent atau air akan menyatu dengan baik.

  4. Bagi terakhir adalah sifat green atau tidak mencemari lingkungan.

    Dalam cat kayu yang bagus modern ini adalah cat dengan bahan pencampur adalah air. Cat ini sudah menjadi pilihan utama terbaik masyarakat dan juga pengrajin sekarang. Cat ini tidak menimbulkan bau menyengat seperti formalin.

Permasalahan yang Sering Muncul Saat Mengecat

Selain perlu memilih cat kayu yang bagus. Anda juga perlu menghindari masalah yang sering muncul ketika melakukan finishing menggunakan cat kayu. Hindari masalah ini agar finishing yang dilakukan bisa maksimal. Berikut ini beberapa masalah yang sering ditemui ketiak finishing :

  1. Gelembung atau bubble Mengapa Muncul Gelembung Saat Mengecat?

    Masalah ini adalah gelembung-gelembung yang muncul saat kita memfinishing furnitur menggunakan cat. Bubble atau gelembung muncul karena kayu yang digunakan belum benar-benar kering, sedangkan cat sudah diaplikasikan ke kay sehingga karena terjadi perubahan suhu,  udara yang ada di pori-pori kayu mendorong cat yang sudah kering, sehingga gelembung muncul. Pastikan sebelum melakukan pengecatan kayu yang akan digunakan sudah bersih dan kering.

  2. Brush mark atau bekas sapuan kuas

    Sisi Lain Biovarnisih, Anti Brush Mark (Bekas Sapuan Kuas)
    Pada saat mengecat media kayu, efek dari kuas atau brush mark tidak jarang terjadi. Bekas kuas ini kadang menjadi masalah bagi sebagian Anda. Hal ini terjadi karena beberapa hal diantaranya, pemilihan kuas yang tidak disesuaikan dengan media yang akan dicat, campuran cat kayu yang kurang sesuai, dan juga karena pengaplikasian yang terlalu tebal.

  3. Craking atau keretakan Cat Retak

    Sering kali masalah ini ditemui pada sebuah media kayu, munculnya retakan-retakan ini biasa disebut cracking. Keretakan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti, penggunaan cat yang kurang bagus, kelembapan media kayu yang tinggi, dan media kayu yang memang tidak berkualitas.

Berikut tadi tolak ukur yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih cat kayu. Selain memperhatikan kualitas warna yang dihasilkan perlu juga memilih cat yang melindungi dan menjaga furnitur kayu dari berbagai ancaman. Pilihlah cat kayu yang bagus demi menghindari masalah-masalah yang nanti akan timbul.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.