Menghadirkan Suasana Eropa di Rumah dengan Furniture Baroque

Setiap tempat dan setiap negara memiliki ciri khas dan nuansa budaya masing-masing. Tidak menutup kemungkinan pula jika kita mengagumi budaya dari negara lain. Karena dengan begitu kita menjadi semakin berwawasan luas. Sebagai contoh, jika Anda mengagumi budaya negara-negara di Eropa secara tidak langsung Anda akan tertarik pula pada berbagai karya seni yang dihasilkan oleh negara-negara tersebut.

Furniture atau perabotan interior rumah juga merupakan salah satu hasil karya dari sebuah konsep dan pemikiran yang dituangkan dalam sebuah wujud benda yang memiliki fungsi sebagai penunjang kehidupan manusia. Lahirnya sebuah gaya furniture secara tidak langsung dipengaruhi oleh budaya dari tempat ia dihasilkan.

Adalah furniture Baroque. Sebuah gaya furniture yang mengadaptasi gaya arsitektur dari Benua Eropa. Arsitektur gaya baroque muncul sebagai akibat dari maraknya gerakan protestanisme di akhir abad ke-16. Untuk meredam gerakan tersebut, gereja katolik Roma meminta para arsitek memasukkan unsur seni yang bertma religi. Sehingga kita banyak menemukan hiasan dan ornamen malaikat di berbagai sudut bangunan bergaya baroque.

Bangunan di masa itu identik dengan gaya dramatis dan lepas dari aturan. Misalnya saja, di berbagai gereja kita bisa menemukan desain tiang dengan penyangga berbentuk manusia yang dihukum, atau iblis. Perlambang-perlambang tersebut banya menghiasi desain gereja katolik di masa itu.

Lalu, bagaimana dengan furniture-nya? Furniture Baroque mengedepankan hiasan berupa ukiran dan pahatan yang rumit, detail, namun simetris dan efek tiga dimensi. Ukiran yang diusungpun biasanya banyak menggunakan bentuk sirkular dan lebar. Bentuk dan ukuran dari furniture Baroque biasanya juga relatif lebih besar dari furniture gaya lain pada umumnya.

Anda yang mengagumi gaya baroque, dapat menghadirkan nuansa Benua Eropa melalui perabotan bergaya Baroque yang Anda tempatkan sebagai interior rumah Anda. Berikut adalah deskripsi singkat mengenai berbagai perabotan Baroque yang bisa Anda gunakan agar tercipta suasana Eropa yang hangat di rumah Anda.

  1. Meja kursi

Ukiran yang detail dan rumit menjadi fokus utama dari furniture Baroque. Pada meja dan kurisi ukiran dibuat di bagian tepi bawah sampai ke kaki meja dan kursi. Untuk meja pada permukaan atas biasanya dapat dikombinasikan dengan kaca. Sedangkan untuk kursi, pada bagian dudukan berasal dari bahan busa yang tebal yang dibalut dengan kain atau kilut sintetis.

Kursi juga bisa menggunakan sandaran yang tingginya melebihi kepala dan ada bantalan sandaran disana. Selain memberikan kesan mewah, kursi Baroque seperti ini juga memberikan kenyamanan bagi yang mendudukinya. Ciri khas lainnya adalah pada bentuk kaki kursi yag digunakan. Bentuk binatang seringkali digunakan untuk kaki kursi ataupun meja.

  1. Lemari

Lemari yang dibicarakan di sini adalah lemari yang biasa digunakan untuk menyimpan hiasan seperti barang pecah belah atau lainnya. Masih seperti furniture Baroque yang lain, di mana ukiran menjadi pokok utama dari perabotan ini. Penggunaan kaca menambah kesan mewah dan elegan pada furniture.

  1. Tempat tidur

Tempat tidur besar dengan ukiran pada bagian tepinya juga merupakan furniture Baroque yang bisa Anda hadirkan di dalam rumah Anda. Anda juga bisa menambahkan semacam kelambu pada bagian atas kepala yang menjuntai ke bawah.

Itulah gambaran furniture Baroque yang bisa Anda hadirkan di rumah Anda. Anda juga bisa menambahkan benda lain seperti lampu dari kaca kristal untuk menambah kesan baroque yang mewah di rumah Anda.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH