Waspadai, Jangan Sampai Lupa Merawat Talenan Dapur yang Kotor

Dapur merupakan bagian dari sebuah ruangan di dalam rumah yang penuh dengan berbagai macam perabotan, baik itu dalam ukuran yang kecil sampai dengan ukuran yang besar. Dapur yang nyaman dan juga bersih pastinya akan menjadi dambaan bagi setiap orang. Dapur yang bersih merupakan kunci utama untuk sebuah tampilan dapur yang nyaman dan menarik.

Dapur pastinya akan terdiri dari berbagai macam alat masak yang harus Anda bersihkan setelah Anda selesai menggunakannya. Salah satu peralatan dapur yang pastinya tiap hari digunakan adalah talenan. Hal ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para ibu maupun wanita yang menyukai masak-memasak.

Memang, ukuran dari talenan tidaklah cukup besar, bahkan merupakan alat rumah tangga yang tergolong kecil. Ada berbagai bahan talenan yang beredar di pasaran, mulai dari talenan berbahan dasar kayu, sampai talenan dengan bahan dasar plastik. Pemilihan talenan yang berkualitas baik tentunya harus dipilih. Penggunaan talenan juga dikatakan sering digunakan setiap hari, baik itu untuk mengiris bahan makanan, daging atau yang lainnya. Lalu, bagaimana merawat talenan yang baik agar tidak menjamur? Simak tips berikut ini untuk merawat talenan dapur Anda.

  1. Cuci setelah digunakan

Mencuci talenan merupakan hal yang paling mudah dan juga harus Anda lakukan setiap kali Anda selesai menggunakannya. Mencuci talenan juga merupakan hal yang cukup mudah. Hal ini ditujukan agar talenan Anda selalu dalam keadaan bersih dan tidak ada sarang kuman yang menempel. Mencuci talenan sebaiknya dengan menggunakan cairan pembersih pencuci yang baik sehingga sabun yang ditinggalkan tidak akan ada bau yang menempel.

  1. Hilangkan bau dengan jeruk nipis

Talenan memang berfungsi sebagai berbagai macam untuk mengiris maupun memotong. Terkadang, apabila Anda ingin memasak daging maupun ikan maka Anda juga harus menggunakan talenan sebagai alasnya. Bau yang itinggalkan dari daging maupun ikan adalah bau amis, oleh karena itu Anda perlu untuk menghilangkan bau amis tersebut sebelum Anda mencucinya dengan menggunakan cairan pembersih atau sabun. Gunakan jeruk nipis untuk emngusir bau amis yang ditinggalkan, sehingga apabila Anda ingin menggunakannya kembali, tidak akan ada bau amis dari talenan tersebut. Jeruk nipis merupakan bahan yang ampuh untuk emnghilangkan bau amis, oleh karena itu penggunaan jeruk nipis pada talenan akan sangat berguna.

  1. Keringkan setela dicuci

Pastikan setelah dicuci, talenan Anda dalam keadaan kering untuk diletakkan kembali pada tempat semula,  Hal ini akan mengusir dari jamur yang akan menyerang pada talenan Anda. Talenan yang basah dan langsung disimpan pada tempat penyimpanan yang tertutup, akan memungkinkan talenan Anda menjadi berjamur dan juga hal ini tidak akan baik untuk kesehatan Anda. Selain itu, Anda perlu membersihkannya kembali sebelum Anda menggunakannya. Hal itu ribet bukan?

  1. Siram dengan air panas

Hal yang lain yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah dengan menyiram talenan dengan menggunakan air panas. Hal ini bertujuan untuk mengusir bau yang menempel pada talenan Anda. Jadi, sebaiknya jika Anda selesai menyiram dengan air jeruk, maka siram talenan Anda dengan menggunakan air panas. Setelah baru baru Anda dapat mencucinya dengan menggukan sabun atau cairan pembersih. Air panas dapat menghilangkan lemak maupun bau yang menempel karena sisa kotoran.

Demikian beberapat tips yang mudah dalam merawat talenan Anda. Pastikan talenan Anda dalam keadaan bersih. Jika perlu, gunakan poles food grade untuk merawat talenan jika talenan tersebut berbahan kayu. Poles food grade akan membantu merawat talenan agar lebih awet dan tidak mudah berjamur.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH