Tips Finishing Kayu dengan HPL agar Hasilnya Rapi dan Bersih

Furniture kayu bisa difinishing dengan berbagai bahan, termasuk difinishing menggunakan HPL. Bagaimana caranya? Simak tips finishing kayu dengan HPL berikut.

Kayu memang memerlukan proses finishing agar hasilnya lebih maksimal dan juga tahan lama. Salah satu cara finishing kayu yang sudah tidak asing lagi adalah dengan HPL. Finishing kayu dengan HPL merupakan cara finishing kayu dengan sistem tempel yang dapat anda pilih dengan berbagai motif yang menarik.

Berbeda dengan cara finishing yang lainnya, finishing dengan menggunakan HPL tentu saja membutuhkan banyak tahap karena harus dimulai dari tahap pemotongan, pengeleman, pemasangan dan yang lainnya. Cara finishing ini tentu saja membutuhkan kesabaran dan juga ketelatenan. Berikut ini tips finishing kayu dengan HPL untuk anda.

Tips Finishing Kayu dengan HPL Super mudah

  1. Siapkan alat dan bahan

Untuk bahan dan alat yang harus anda siapkan diantara lain adalah meja potong, meteran, pensil, mesin router dan mata router, amplas, multiplek, HPL, lem untuk perekatan hpl.

  1. Siapkan media yang akan difinishing

Siapkan media kayu yang akan anda finishing dengan menggunakan hpl. Pilih tempat yang cocok atau tempat yang mudah untuk bergerak. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya bersihkan media kayu yang akan finishing.

  1. Amplas media kayu

Setelah dilakukan pembersihan pada media, maka agar bagian permukaan media lebih rata dan juga halus amplaslah semua bagian yang akan difinishing. Gosok dengan cara sedikit menekan pada semua bagian kayu. Pastikan semua bagiannya telah teramplas dengan baik tanpa ada bagian kayu yang terlewat. Amplas hingga bagian kayu rata, halus dan tida bergelombang. Apabila masih ada bagian kayu yang tidak rata atau bergelombang, maka teka amplas lebih keras lagi. Lap kayunya dengan menggunakan kain. Gunakan masker sebelum anda mengamplas kayunya.

  1. Potong hpl
Tips Finishing Kayu Dengan HPL

Pilih hpl dengan warna dan corak sesuai dengan keinginan anda. Siapkan pisau atau kater untuk memotong hpl tersebut sesuai dengan ukuran kayunya. Jangan terlalu memotong pas atau anda dapat melebihkan 1 cm dari ukuran kayunya agar lebih mudah dalam pemasangannya. Gunakan meteran dan juga pensil agar hasil pemotongan lebih pas dan tida melengkung. Potong dengan hati-hati dan juga perhatikan garis saat anda memotong.

  1. Persiapkan lem khusus untuk perekatan hpl

Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya anda memilih lem dengan kualitas yang bagus atau super. Oleskan lem ini pada seluruh bagian hpl yang sudah anda potong dengan menggunakan kuas atau alat yang lainnya. Selain mengoleskan lem tersebut pada hplnya, anda juga perlu untuk mengoleskan lem tersebut pada bagian medianya atau kayunya. Kecuali anda menggunakan jenis lem yang hanya memerlukan perekatan di satu sisi saja.

Untuk menempelkan hpl tersebut, diamkan sejenak sampai sedikit mengering kemudian pasangkan hpl tersebut pada kayu atau medianya. Pasangkan dengan perlahan dari ujung paling atas sampai dengan paling bawah. Urutkan hpl dengan tangan agar tidak ada bagian yang melembung pada hplnya. Tunggu hingga kering.

  1. Potong sisa hpl

Agar hasilnya lebih rapi, potong sisa hpl yang masih menempel pada kayu atau media. Gunakan penggaris siku atau kikir agar hasilnya lurus. Hal ini tentu saja akan membutuhkan ketelatenan dan juga ketelitian. Berhati-hatilah ketika anda menempelkan hpl dan juga memotong sisa hplnya.

  1. Bersihkan area

Agar kayu atau media yang anda tempeli dengan hpl terlihat bersih dan juga rajin, maka bersihkan area kerja anda setelah semuanya selesai untuk difinishing. Gunakan bensin untuk menghilangkan bagian lem yang masih tersisa pada kayunya.

Baca juga : cara mengeluarkan serat pada hpl kayu

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH