Meja Belajar Jati Belanda Tampak Artistik dengan Finishing Bakar

Mengubah meja kayu lama Anda untuk memiliki tampilan yang artistik tidaklah sulit. Bahkan jika Anda ingin melakukannya sendiri sangatlah mudah. Hanya saja Anda memerlukan referensi cara aplikasi bahkan bagaimana Anda bisa melakukannya.

Tidak terbatas kepada siapa yang dapat melakukan proses pengubahan sebuah furnitur berubah menjadi tampilan baru yang artistik. Bahkan jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga sekalipun, melakukan proses finishing pada meja belajar anak Anda adalah suatu hal yang mudah.

Anak Anda sering merusak meja belajar yang telah dilapisi dengan pernis atau dengan plitur? Anak-anak seringkali menggambar menggunakan pena atau pensil secara tidak sengaja di atas meja belajar.

Hasilnya meja belajar anak Anda pasti memiliki tampilan yang kotor bahkan Anda akan boros jika membeli meja belajar anak Anda yang baru. Tidak ingin boros sebaiknya Anda melakukan finishing ulang.

Sangat mudah jika Anda melapisinya dengan warna solid, dengan mengamplas kemudian menimpa permukaan kayu kembali dengan cat duco yang baru akan menjadi suatu tampilan baru. Namun cat duco saja tidak akan memberikan kesan artistik.

Jika Anda bukan seniman yang dapat memberikan gmabr pada meja belajar Anda, maka teknik finishing bakar ini akan menjadi alternatif yang baik bagi Anda.

Mengenal Teknik Finishing Bakar

Melakukan finishing bakar pada meja belajar anak Anda bukan berarti Anda harus menggunakan api sungguhan. Kini sudah banyak alternatif lainnya yang bisa ditempuh agr dapat melakukan finishing ini.

Finishing bakar sendiri merupakan teknik yang berasal dari negara Sakura Jepang. Teknik yang disebut dengan shou sugi ban adalah teknik yang diterpakan pada jenis kayu cedar. Kala itu sekitar lebih dari ribuan tahun yang lalu kayu cedar adalah jenis kayu yang banyak tumbuh di negara Jepang.

Teknik shou sugi ban adalah teknik yang dimaksudkan bukan hanya sekedar membakar kayu cedar dan juga menciptakan efek bakar yang artistik namun juga untuk pengawetan kayu. Mengawetkan kayu cedar yang banyak tumbuh sangat penting untuk digunakan sebagai konstruksi rumah dan furnitur.

Meja Belajar Jati Belanda Tampak Artistik

Saat itu kayu cedar merupakan jenis kayu yang banyak dimanfaatkan masyarakat Jepang. Namun seiring berjalannya waktu, teknik ini pun terlupakan dan muncul berbagai macam bahan finishing seperti pernis, plitur dan yang terbaru adalah cat water based.

Bahan-bahan yang mulai menggeser kemampuan dari teknik bakaran sendiri memang sangat menarik dan lebih mudah digunakan. Namun beberapa seniman Jepang yang masih mengetahui teknik shou sugi ban ini mulai menggunakan kembali teknik turun temurun.

Memang agak sulit menggunakan teknik bakar shou sugi ban. Anda membutuhkan sedikit alat namun kehati-hatian yang dibutuhkan tentu saja tidak boleh terlewatkan. Anda membutuhkan torch, amplas dan juga vakum.

Untuk teknik bakar sendiri dimulai dari pengamplasan permukaan kayu. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan permukaan kayu yang bersih sehingga pembakaran dapat berjalan dengan baik. Kayu juga harus kering dengan tingkat kering MC 12.

Tingkat kering kayu dimaksudkan untuk jamur dan juga serangga lainnya tidak merusak setelah proses pembakaran selesai. Pembakaran dimulai dengan membakar permukaan kayu hingga rata dengan jarak yang sama. Setelah pembakaran Anda bisa menghilangkan debu amplas dengan sikat kawat, sikat juga berfungsi untuk menciptakan permukaan kayu bertekstur.

Nah terkahir untuk melapisi agar kayu tahan air orang zaman dahulu masih menggunakan minyak sebagai lapisan akhir. Mereka menguaskan minyak ke seluruh permukaan kayu hingga rata kemudian menunggu kering.

Langkah di atas menggunakan alat bakar memang cukup berbahaya dan bagi Anda yang berlum terlatih, menggunakan alat belum tentu langsung menghasilkan permukaan yang rata atau berhasil. Maka sebaiknya Anda menggunakan cara alternatif yaitu dengan cat water based.

Teknik Finishing Meja Belajar Seperti Terbakar

Kini Anda tidak perlu lagi berurusan dengan api bahkan untuk proses aplikasi juga lebih mudah. Untuk menggunakan teknik ini alat yang Anda butuhkan hanyalah kuas dan juga lap basah. Jangan kkhawatir karena Anda akan tetap mendapatkan permukaan yang bertestur dengan sikat kawat.

Persiapan selain alat yang Anda butuhkan adalah material. Meja belajar yang sebelumnya pernah dilapisi oleh bahan cat atau pernis bahkan plitur perlu dihilangkan terlebih dahulu. Bahan ini tentunya bisa dihilangkan dengan beberapa jenis bahan kimia khusus penghilang cat yang bisa Anda beli di toko bahan bangunan.

Pertama pastikan meja belajar bersih tidak ada lapisan cat lain yang menempel. Lalu gunakan sikat kawat untuk membuat tekstur pada bagian atas meja. Lakukan penyikatan sambil ditekan ke arah serat kayu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sikat kawat harus disikatkan dalam satu arah untuk mendapatkan tekstur yang rusak tampak alami. Hilangkan serbuk kayu yang dihasilkan dari penyikatan tersebut.

Selanjutnya amplas permukaan kayu untuk mendapatkan permukaan yang lebih halus. Hilangkan debu amplas dengan kain bersih dan kering. Jika perlu gunakan vakum untuk benar-benar menghilangkan sisa debu amplas.

Permukaan kayu yang sudah bersih dan bertekstur ini siap untuk Anda aplikasikan dengan cat.

Langkah kedua adalah memberikan lapisan cat dasar kayu yang bisa Anda dapatkan dari wood stain water based. Gunakan wood stain water based yang sudah dicampur dengan sedikit air dan diaduk.

Kuaskan wood stain merata ke seluruh permukaan kayu dan tunggu hingga kering sekitar 60 menit. Lakukan pengeringan tanpa dijemur di bawah panas matahari. Amplas permukaan untuk membuka pori kayu dan menghaluskan lapisan wood stain.

Pengamplasan dapat dilakukan dengan amplas aluminium oxide no. 400. Lakukan secara ambang saja lalu bersihkan kembali debu amplas. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan glaze water based.

Aplikasikan glaze water based dengan kuas, sebelumnya glaze perlu dicampur dengan sedikit air untuk pengenceran. Kuaskan cairan glaze ke seluruh permukaan kayu, tunggu sekitar 5 hingga 10 menit lalu hapus permukaan kayu dengan lap kering dan bersih.

Biarkan bagian glaze yang meresap ke dalam serat kayu dan Anda akan melihat bentuk dari kayu yang terbakar. Warna dari glaze akan lebih tajam pada bagian tersebut. Agar glaze lekas kering Anda bisa menggunakan cat enamel water based.

Campurkan cat enamel water based dengan lebih banyak air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan. Anda bisa memilih warna merah jika ingin mendapatkan hasil kayu yang benar-benar tampak terbakar.

Walaupun Anda melapisinya dengan cat enamel warna merah namun lapisan dari glaze yang memperlihatkan serat kayu akan tetap kentara. Tunggu cat enamel mengering sebelum Anda melapisinya dengan top coat.

Proses kering biasanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Amplas permukaan kayu dan Anda siap melapisinya dengan top coat. Pilih top coat matte agar terlihat lebih natural. Aplikasika top coat matte dengan kuas secara merata ke seluruh permukaan meja belajar.

Diamkan meja selama semalaman sebelum Anda menggunakannya. Lapisan film akan mengering dan anak Anda siap untuk menggunakan meja belajar baru yang tampak lebih artistik.

Artikel "Info News"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH