Tergantung pada jenis-jenis pernis yang Anda gunakan, Anda akan menemukan kualitas dan harga yang sangat berbeda. Varnish yang terbuat dari pale gum cocok untuk pelapis kayu ringan tetapi seringkali harganya jauh lebih mahal daripada pernis bernuansa tradisional. Selain itu, beberapa jenis pernis bekerja dengan baik untuk aplikasi tertentu seperti laquer.

  • Shellac Varnish
Jenis-Jenis Pernis Kayu Yang Sering Digunakan
kumpulan shellac india yang siap dipakai.

Shellac varnish adalah pernis berbasis alkohol yang diakui keefektifannya sebagai sealant dinding atau primer awal untuk penyelesaian lainnya. Anda juga dapat menggunakannya sebagai lapisan akhir untuk proyek kayu. Ini sering digunakan sebagai undercoating karena waktu pengeringannya cepat dan kemampuannya untuk menahan gangguan luar.

  • Pernis Kayu Gosok

Anda mengaplikasikan vernis gosok dengan cara tradisional, lalu menumpahkannya dengan menggosoknya dengan ampelas halus atau batu apung. Efeknya adalah hasil akhir yang datar dan kusam. Hasil akhir ini lebih cocok untuk panel dinding di mana hasil akhir yang tinggi akan mengurangi kilau kayu.

  • Flat Varnish

Jika Anda mencari hasil akhir yang tidak mengkilat tetapi ingin menghindari usaha menggosok pernis, pernis akhir datar juga tersedia. Jenis pernis ini sering lebih mahal daripada jenis lain karena memerlukan persiapan khusus dan aditif untuk mencegah efek glossing sebagai pernis kering.

Cara Terbaik Menggunakan Pernis

Agar berhasil mengaplikasikan vernis ke permukaan kerja tertentu, membantu memahami parameter yang berharga. Anda perlu mempertimbangkan hal-hal seperti durasi waktu yang diperlukan untuk setiap lapisan untuk mengatur, ruang waktu terbaik untuk memungkinkan antara lapisan cat berturut-turut dan reaksi terhadap kelembaban dan suhu. Informasi berikut akan membantu ketika Anda mempersiapkan tugas semacam itu.

  1. Bekerja dalam Suhu yang Benar

Hal pertama yang harus Anda amati adalah suhu di sekitar Anda cukup memadai untuk memfasilitasi proses pengeringan. Umumnya, varnish tidak akan sembuh dengan baik jika Anda mengaplikasikannya pada suhu di bawah 65 derajat. Suhu rendah seperti itu menunda proses pengawetan beberapa hari jika bukan minggu.

Kisaran suhu terbaik adalah antara 70 dan 75 derajat. Aplikasi varnish dalam suhu yang lebih tinggi dari ini juga tidak disarankan karena pelarut akhir cenderung menguap terlalu cepat sehingga varnish siap diatur sebelum waktunya. Dalam situasi seperti itu kualitas pekerjaan terpengaruh secara negatif dan Anda kemungkinan besar akan mengamati film yang tidak merata, gelembung, dan tanda kuas di permukaan kerja.

  1. Mempersiapkan Tugas Utama

Aplikasi Varnish sangat sensitif terhadap keberadaan debu. Situs aplikasi Anda harus dipersiapkan sebelumnya dalam hal ini. Jika aplikasi harus dilakukan dalam workshop, tidak ada tugas pengamplasan lain yang harus dilakukan secara bersamaan. Jika Anda berencana untuk menggunakan ruangan lain, mulailah dengan mengepel lantai dan menempatkan barang-barang furnitur pada terpal plastik.

  1. Menerapkan Varnish
Jenis-Jenis Pernis Kayu Yang Sering Digunakan
Aplikasi varish menggunakan kuas.

Varnish dapat diaplikasikan dengan salah satu dari tiga cara; dengan sikat, dengan roller dan pad, atau dengan menyemprot. Menyikat adalah teknik yang telah teruji waktu dan banyak kuas berkualitas tinggi tersedia untuk pembelian Anda.

Meskipun mahal, kuas terbaik untuk tugas adalah yang dibuat menggunakan bulu Cina atau rambut alami. Alternatif murah tapi efektif adalah sikat polyfoam, yang sekali pakai. Anda dapat membeli sikat Polyfoam untuk setiap lapisan pernis yang akan Anda terapkan; harganya cukup murah. Anda juga akan mendapat jaminan kualitas kerja yang baik bahkan dengan pengalaman yang tidak ada karena kuas ini tidak meninggalkan brush mark.

  1. Menerapkan Sealer Coat

Sebelum varnish utama diterapkan, Anda perlu menyegel permukaan kayu. Untungnya, pernis itu sendiri dapat bertindak sebagai sealer Anda. Lanjutkan untuk mengencerkan jumlah pernis secukupnya hingga 50 persen dengan menambahkan air atau solvent dengan rasio 1: 1, yaitu setengah pernis dan setengah pelarut. Gabungkan keduanya secara merata dan saring dua kali ke dalam wadah terbuka di mana Anda akan mencelupkan kuas.

Untuk mengaplikasikan, celupkan kuas ke sealer dan biarkan tetesan berlebih. Lanjutkan untuk menyikatnya di kayu, di sepanjang serat kayu, tanpa meninggalkan tetesan atau genangan air. Item furnitur kemudian harus dibiarkan kering semalam sebelum Anda menggunakan kertas amplas no 320. Jumlah lapisan sealer tergantung pada porositas kayu. Ulangi proses seperlunya.

  1. Menerapkan Coats Varnish Utama

Menggunakan tiga atau empat lapis pernis kurang lebih adalah cara ideal untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda harus menerapkan lapisan ini dengan cara yang sama seperti sealer.

Jenis-Jenis Pernis Kayu Yang Sering Digunakan
Aplikasi pertama varnishdengan kuas.

Lapisan pertama harus diterapkan hanya setelah Anda membersihkan debu amplas dari kayu menggunakan kain atau vakum. Aplikasikan vernis dalam gerakan lambat untuk mencegah pelarut menguap terlalu cepat. Item tersebut kemudian akan mengeringkan semalam dan diampelas pada hari berikutnya.

Proses pengamplasan akan menunjukkan seberapa baik pengeringan telah terjadi. Jika amplas menjadi tersumbat maka itu menunjukkan bahwa lebih banyak waktu diperlukan untuk pengeringan. Jika pernis menjadi bubuk maka semuanya baik-baik saja dan lapisan berikutnya dapat diaplikasikan. Oleskan semua cairan sama dan kemudian biarkan mengering.

Langkah terakhir untuk proyek DIY Anda sangat penting untuk membuatnya tetap terlihat baik selama bertahun-tahun yang akan datang. Dengan panduan ini untuk menerapkan pernis, itu pasti akan menjadi mahakarya!

Tips Aplikasi Furniture Dengan Pernis

Tidak ada keraguan bahwa furnitur adalah investasi besar, sering menghabiskan biaya ribuan dolar dan mengambil banyak waktu untuk memilih. Itu hanya masuk akal kemudian untuk menjaga investasi furnitur Anda dalam kondisi prima, dan untuk belajar cara menikmati masa manfaat terpanjang dari furnitur yang Anda beli. Refinishing dan perbaikan furnitur Anda sendiri tidak sesulit proses yang mungkin Anda pikirkan, tetapi penting untuk mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan, dan untuk mengumpulkan alat yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ada sejumlah item yang harus dimiliki setiap perabot lemari di kotak perkakasnya, dan waktu untuk mengumpulkan alat dan persediaan ini sebelum proyek finishing dimulai. Pastikan Anda memiliki barang-barang berikut di tangan:

  • Amplas grit yang bervariasi
  • Suplai kuas yang berkualitas dalam berbagai ukuran
  • Banyak kain tua
  • Banyak kesabaran dan humor yang bagus
Jenis-Jenis Pernis Kayu Yang Sering Digunakan
macam-macam jenis amplas.

Selain persediaan dasar ini, banyak penghasil furnitur menemukan bahwa memiliki akses ke sander listrik membuat pekerjaan jauh lebih cepat dan mudah. Sebuah sander orbital kecil yang berputar dan bergetar adalah alat yang hebat untuk dimiliki.

Tentu saja sebelum Anda dapat memulai proyek finishing dan mulai mengasah keterampilan Anda, Anda akan membutuhkan beberapa perabotan untuk menyelesaikan atau mempolitur ulang. Jika Anda sudah memiliki perabot bagus yang telah melihat hari-hari yang lebih baik, dengan segala cara mulailah dan berikan tampilan baru. Jika Anda lebih suka membeli perabotan baru, Anda mungkin dapat menghemat banyak uang dengan membeli perabotan yang belum selesai dan menyelesaikannya sendiri. Banyak bagian dari negara ini memiliki satu atau lebih dari toko furnitur yang belum selesai ini, dan diskon dibandingkan dengan toko furnitur tradisional sering kali besar.

Salah satu keputusan tersulit dalam prosesnya adalah bagaimana menyelesaikan furnitur mentah ini. Ada sejumlah pilihan, dari yang paling tradisional hingga yang paling unik dan kontemporer. Banyak orang akan memilih untuk hanya mencocokkan akhir perabotan mereka dengan dekorasi rumah secara keseluruhan. Orang lain mungkin memilih untuk mewarnai dan menyelesaikan perabotan dengan lapisan atas yang bersih dan noda yang berkualitas baik.

Ada perbedaan, tentu saja, antara pengecatan dan pewarnaan furnitur. Perbedaan terbesar adalah bahwa cat buram, yang dirancang untuk menutupi permukaan kayu. Noda, di sisi lain, transparan, dirancang untuk memungkinkan keindahan alam kayu untuk bersinar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here