Membeli Cat Mahal atau Murah? Lihat Kualitasnya, Cek Indikator Berikut

Apa artinya “kualitas”, dan manfaat apa yang disediakan oleh cat berkualitas tinggi?

Mengecat adalah investasi untuk klien Anda seperti tepat waktu, uang dan tenaga kerja. Anda mungkin pernah mendengar kontraktor Anda memberi tahu Anda atau klien Anda bahwa ia membayar untuk mengeluarkan sedikit tambahan untuk mendapatkan hasil akhir berkualitas tinggi dan tahan lama. Tapi apa artinya “kualitas”, dan manfaat apa yang disediakan oleh cat berkualitas tinggi?

Pelapisan berkualitas tinggi dimulai dengan bahan yang memungkinkan cat untuk diterapkan lebih mudah, terlihat lebih baik dan lebih awet. Empat bahan utama berikut mempengaruhi kualitas cat.

Pigmen

Dua jenis pigmen masuk ke dalam kaleng cat. Pertama adalah pigmen “utama”. Ini memberikan warna dan bersembunyi. Kedua adalah pigmen “extender” murah. Mereka menambahkan banyak ke produk, tetapi menambahkan nilai sedikit dalam hal warna.

Cat berkualitas lebih tinggi memiliki pigmen prima yang sangat penting, yang memberikan aplikasi lebih mudah, daya tahan lebih besar, dan retensi warna yang lebih baik.

Binder

Ada berbagai binder atau pengikat yang digunakan dalam cat saat ini. Cat lateks mengandung akrilik 100 persen, pengikat akrilik styrene-acrylic atau vinil. Cat minyak biasanya mengandung minyak biji rami, minyak kedelai atau minyak modifikasi yang disebut alkyds. Jenis, kualitas dan jumlah pengikat mempengaruhi segala sesuatu dari ketahanan noda dan gloss untuk adhesi dan ketahanan retak.

Membeli Cat Mahal Atau Murah? Lihat Kualitasnya!

Binder berkualitas lebih tinggi melekat ke permukaan lebih baik dan memberikan integritas film yang lebih baik dan kinerja yang lebih tahan lama. Ini membuat mereka lebih tahan terhadap retak, terik dan terkelupas.

Cairan

Cairan tidak memberikan manfaat kinerja tambahan. Ini hanya cara yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan cat dari kaleng ke permukaan. Cat berkualitas tinggi memiliki rasio padatan pigmen dan pengikat yang lebih besar terhadap cairan.

Aditif

Aditif adalah bahan yang memberi cat manfaat khusus yang mungkin tidak dimiliki. Aditif umum dalam cat kelas atas meliputi:

  • Pengubah rheology untuk menyediakan hide yang lebih baik melalui aliran dan leveling dari lapisan.
  • Mildewcides untuk menjaga jamur di cek.
  • Dispersing agents untuk menjaga pigmen merata.
  • Pengawet untuk mencegah pembusukan.

Dengan memvariasikan jumlah dan jenis pigmen, binder, cairan dan aditif, produsen cat dapat membuat berbagai macam cat dan, karena mereka menggantikan bahan kualitas / biaya yang lebih rendah untuk yang lebih tinggi, mereka dapat memanipulasi biaya dan keuntungan mereka. Misalnya, istilah “pigmen” juga digunakan untuk merujuk ke extender, yang merupakan bahan seperti tanah liat, mika dan silika yang, di antara sifat-sifat lainnya, menambahkan massal ke cat tanpa secara signifikan menambah biayanya.

Memilih Cat berkualitas Dengan Indikator Tepat

Dua indikator utama dari memilih kualitas cat adalah volume padatan dan kandungan titanium dioksida. Informasi ini umumnya dapat ditemukan pada Lembar Data Teknis produk (TDS) dan Lembar Data Keselamatan Bahan (MSDS), yang umumnya tersedia bagi siapa pun yang membutuhkan di mana cat dijual. Jika Anda membutuhkannya Anda bisa meminta pada pabrik pembuat cat.

  • Volume Solid – juga kadang-kadang disebut sebagai Solids by Volume

Cat berkualitas lebih tinggi akan memiliki persentase binder dan pigmen yang lebih tinggi – secara kolektif disebut padatan – dan persentase cairan yang lebih sedikit daripada cat berkualitas lebih rendah.

Membeli Cat Mahal Atau Murah? Lihat Kualitasnya!

Persentase padatan yang lebih tinggi berdasarkan volume akan diterjemahkan menjadi film cat yang lebih tebal dan lebih kuat, kemampuan bersembunyi yang lebih besar dan perlindungan yang lebih baik dari permukaan yang dicat. Cat lateks kelas bawah biasanya akan mengandung sekitar 20-30% padatan berdasarkan volume dan 70-80% air, sedangkan cat lateks berkualitas lebih tinggi umumnya akan memiliki 35-50% padatan.

  • Kandungan Titanium Dioksida

Bahan ini memberikan cat warna putih atau ringan kemampuannya untuk menutupi permukaan berwarna lebih gelap dalam jumlah yang lebih sedikit.

Cat lateks putih berkualitas biasanya mengandung 20-25% titanium dioksida. Cat berkualitas lebih rendah mengandung lebih banyak extreer daripada cat kelas yang lebih tinggi. Karena ini, mereka akan memiliki kekuatan penyembunyian yang lebih sedikit, meskipun konten solid mereka mungkin tinggi.

Ya, cat berkualitas tinggi biasanya biayanya lebih mahal. Di sisi lain, biaya yang lebih rendah, kualitas cat yang lebih rendah mungkin tidak murah sama sekali, terutama jika umur layanannya jauh lebih rendah dari kualitas yang lebih tinggi dan cat yang lebih mahal.

Namun, penting untuk dicatat bahwa cat dengan harga lebih tinggi bukanlah jaminan kualitas yang lebih tinggi. Kadang-kadang harga yang lebih tinggi hanya akan mewakili biaya pemasaran dan transportasi yang lebih tinggi. Jadi, seperti halnya hal lain, tidak ada pengganti untuk pemahaman!

Bagi kebanyakan dari kita, cat berkualitas adalah cat yang mudah digunakan, mencakup dengan baik dan tahan lama. Namun, karena semua cat terlihat hampir sama di kaleng, menemukan cat kualitas terbaik dapat menjadi tantangan. Baik harga maupun reputasi merupakan indikator kualitas yang sangat baik dalam lini produk.

Membeli Cat Mahal Atau Murah? Lihat Kualitasnya!

Secara sederhana, cat kualitas premium menghemat kerja dan uang Anda. Jika Anda hanya perlu mengecat rumah Anda sekali setiap lima tahun, bukan setiap tahun kedua, Anda dapat melihat bahwa membayar dua kali lipat lebih banyak untuk cat berkualitas dalam jangka panjang akan lebih murah baik dari segi uang dan usaha Anda.

Sebuah kaleng cat berkualitas akan mengandung volume material padat yang lebih tinggi (termasuk pigmen dan binder) daripada cat biasa. Dalam kasus cat akrilik berkualitas tinggi, itu berarti lebih banyak padatan dan lebih sedikit air.

Oleh karena itu, jika cat kualitas terbaik dan cat biasa diaplikasikan dengan laju penyebaran yang sama, cat kualitas teratas akan mengering ke film cat yang lebih tebal karena kandungan padatannya yang lebih tinggi dan memberikan Anda cakupan yang lebih baik. Ini bisa berarti menyelesaikan pekerjaan dengan 2 lapis alih-alih 3.

Cat berkualitas lebih tinggi juga akan memiliki tingkat pigmen premium yang lebih tinggi daripada cat berkualitas lebih rendah. Hal ini membuat mereka lebih tahan terhadap paparan eksterior, memberikan retensi warna dan daya tahan yang lebih baik. Cat berkualitas lebih tinggi tetap terlihat baik untuk waktu yang lebih lama.

Salah satu hal terburuk tentang cat bisa menjadi kekacauan yang dibuat selama aplikasi. Dengan memilih kekacauan cat berkualitas tinggi akan diminimalkan dan membersihkannya akan jauh lebih cepat dan mudah.

Bagaimana jenis cat berkualitas apakah yang akan Anda gunakan? Sekali lagi jangan sampai Anda salah memilih cat sejak awal. Karena kualitas furnitur atau rumah yang akan Anda cat dipertaruhkan. Penggunaan cat yang tidak hanya sehari dua hari saja harus Anda pertimbangkan mengingat cat berkualitas akan memberikan perlindungan dan penampilan.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH