4 Macam Finishing Kayu Oak untuk Tampilan Fantastis

Tampilan atraktif dari kayu tidak selalu menggunakan finishing yang sulit. Khusus untuk finishing kayu oak, biasanya hanya menggunakan beberapa langkah simpel. 

Kayu oak terdiri dari dua jenis, yaitu oak merah dan oak putih kekuningan. Kayu oak putih lebih banyak disukai karena sangat mudah difinishing natural. 

Nah, ada beberapa aturan dasar dalam finishing oak seperti pengampelasan pertama menggunakan ampelas nomor 120 karena teksturnya yang kasar. Sebaiknya pergunakan water based stain yang waktu keringnya lebih cepat, tak sampai semalaman. 

Jika Anda sudah siap untuk melakukan finishing kayu oak, berikut ini empat jenis pilihan finishingnya yang bisa dicoba. 

Finishing Kayu Oak Warna Transparan yang Simpel

Jika ingin mendapatkan tampilan kayu asli yang transparan, caranya mudah walau tak hanya menggunakan pernis saja. Anda bisa mempersiapkan Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat Matte. 

Perpaduan keduanya akan membuat warna oak muda serta seratnya semakin terlihat jelas. Langkah-langkahnya yaitu, pertama, haluskan terlebih dahulu permukaan kayu oak dengan ampelas maksimal nomor 220. Kemudian hapus semua debu kayu sampai permukaan bersih, lalu lakukan langkah pengecatan seperti berikut.

  1. Campurkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air dengan perbandingan 2:1 kemudian aduk merata.
  2. Kuasukkan larutan sealer ke permukaan kayu oak searah dengan serat kayu. Biarkan kering 60 menit dan ampelas ambang. 
  3. Campurkan pernis Biovarnish Clear Coat matte dengan air 2:1 dan aduk merata. 
  4. Kuas larutan Biovarnish Clear Coat searah dengan serat kayu dan pastikan hasilnya halus dan tunggu kering semalaman. Jika sudah, tak perlu diampelas ambang lagi. 

Finishing kayu oak dengan kedua bahan ini bisa dilihat hasilnya setelah kering benar. Kayu akan terlihat berwarna transparan dengan gaya yang cukup simpel. 

Finishing Kayu Oak Warna Kuning Keemasan 

Kayu oak memiliki perbedaan besar dalam hal warna walaupun sekilas kesan seratnya mirip. Jika Anda ingin mendapatkan warna kuning keemasan dari kayu oak, ada cara khusus yang bisa digunakan. 

Pergunakan Biovarnish Wood Stain warna yellow ox untuk mendapatkan kesan tersebut. Proses finishingnya juga membutuhkan lapisan wood filler jati dan clear coat gloss. Berikut langkah finishingnya. 

  1. Ampelas permukaan oak dengan ampelas Nomor 220 searah serat kayu. 
  2. Ratakan filler berlawanan arah serat dengan scrape. Tunggu kering 20 menit dan ampelas menggunakan Nomor 240. Jangan lupa bersihkan debunya. 
  3. Campurkan stain warna yellow ox dengan air dengan perbandingan 2:1. Kuaskan searah serat kayu ke seluruh permukaan kayu oak. Tunggu kering lalu ampelas ambang. 
  4. Larutkan Biovarnish Clear Coat gloss dengan air perbandingan 2:1. Kuaskan merata ke permukaan oak dan tunggu kering selama semalaman. 

Finishing kayu oak untuk memperoleh warna kuning keemasan sudah selesai dan Anda akan mendapatkan hasil sempurna. Warna yellow ox ini juga terkenal karea sering diaplikasikan pada jenis kayu seperti pinus atau jati belanda. 

Finishing Kayu Oak Tampilan Gelap Eksotis

Berbeda dari kedua finishing di atas yang cenderung berwarna terang. Anda juga bisa mendapatkan hasil finishing warna gelap. Pada dasarnya kayu oak berwarna putih kuning ini memudahkan Anda untuk melakukan finishing warna gelap tanpa bleaching. 

Hasil warna yang dihasilkan dengan tambahan stain akan tetap sempurna. Untuk mendapatkan gelap eksotis ini Anda bisa menggunakan warna stain papua rose dari Biovarnish. Ikuti langkah finishingnya berikut ini. 

  1. Ratakan permukaan kayu menggunakan filler terlebih dahulu. Usapkan merata dengan kain, tunggu kering lalu ampelas. 
  2. Campurkan Biovarnish Wood Stain warna papua rose dengan air dengan perbandingan 2:1. Kuaskan merata ke permukaan kayu mengikuti serat kayu. Tunggu kering 60 menit lalu ampelas ambang. Ulangi hingga warna gelapnya terlihat eksotis. 
  3. Larutkan Biovarnish Clear Coat matte dengan air dengan perbandingan 2:1 dan kuaskan merata tunggu kering semalaman. 

Hasil finishing kayu oak dengan papua rose adalah gelap kemerahan yang cukup unik. Hasil eksotis ini cukup sulit didapatkan dengan produk stain merek lain. 

Finishing Kayu Oak dengan Bahan Poles 

Ingin kayu oak yang tampak lebih natural lagi? Anda bisa memanfaatkan produk Biopolish Natural Oil. Jika kayu digunakan sebagai furnitur indoor, finishing ini sangat disarankan. Berikut langkah-langkahnya. 

  1. Larutkan Biovarnsh Sanding Sealer dengan air dengan perbandingan 2:1 lalu kuaskan merata baru ke permukaan kayu. Kemudian tunggu kering dan ampelas ambang. 
  2. Ambil sedikit Biopolish Natural kemudian poles merata ke permukaan kayu. Tunggu mengering sempurna. Warna natural sempurna dan transparan dari kayu oak akan tampak.

Kayu oak akan tampak sedikit gloss, lebih tepatnya tampilan satin tanpa harus menggunakan clear coat. Hanya saja perlu diingat Anda perlu rutin memoles untuk menjaga tampilan dan memperkuat perlindungannya. 

Apabila Anda ingin membeli produk Biovarnish, bisa langsung melalui link berikut ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/bioindustries 
  2. https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish 
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH