Tampilan Bed Maksimal Dengan Cat Kayu Warna Gloss Biovarnish

Kepentingan dari bed atau tempat tidur ada dua yaitu untuk kesehatan dan memberikan tampilan indah dalam ruangan. Untuk urusan tampilan, cat kayu warna gloss akan menanganinya.

Kebutuhan bed pada sebuah hunian tidak sebatas untuk tampilan dalam ruangan saja tetapi juga untuk menjaga kesehatan. Bagaimana bed bisa menjaga kesehatan? Lantai keramik memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Kasur yang bersentuhan langsung dengan lantai keramik atau tanah menjadi  media yang baik bagi kelembapan. Apabila digunakan untuk beristirahat terus menerus maka penyakit paru-paru basah dapat diderita. Mungkin tidak akan langsung dirasakan, tetapi diarasakan dalam jangka panjang. Misalnya saja ketika tua nanti mudah batuk, pilek atau flu tulang.

Maka pentingnya bed dalam sebuah hunian harus diperhatikan. Bed yang baik harus memiliki kaki agar kasur tidak bersentuhan langsung dengan lantai keramik atau tanah. Bed berkembang dengan desain yang unik salah satunya kepentingan dalam tampilannya. Cat kayu warna gloss dapat memberikan tampilan bed di rumah Anda berkesan mewah.

Cat Kayu Warna Gloss Mudah Untuk Diaplikasikan

Ukuran mudah tidaknya sebuah cat untuk diaplikasikan adalah dari kemampuan Anda mengaplikasikan dan alat yang diperlukan. Pada industri furniture kelas menengah menggunakan mesin kompresor dan alat spray. Lalu bagaimana dengan Anda yang ingin mengaplikasikannya di rumah? Jangan khawatir karena Anda bisa memanfaatkan kuas yang dialpisi kain katun bersih, bahan pencampur air dan juga ampelas saja.

Cat-kayu-BioVarnish

Cat yang memenuhi standar tersebut adalah merk cat kayu warna gloss BioVarnish. Dengan produk BioVarnish Anda bisa melakukan pengecatan bed di rumah kapan saja. Bahkan untuk pengeringannya tidak tergantung panas matahari. Cat akan menyerap ke dalam pori kayu dengan baik untuk menghasilkan warna kayu transparan.

Cara Aplikasi Dengan Kuas Cat Kayu Warna Gloss BioVarnish

Kemudahan aplikasi cat kayu BioVarnish yang akan Adna terapkan di rumah bisa mengikuti langkah berikut ini. Dengan mengikuti step by step maka hasil tampilan bed akan mengkilap dengan baik.

  1. Pastiken permukaan bed bersih dari sebuk kayu atau kotoran lain.
  2. Aplikasikan Wood Filler searah serat kayu dengan menggunakan pisau pallet. Ini berfungsi untuk mengisi pori pori kayu agar tidak mudah menyerap kelembapan. Tunggu kering sekitar 20 menit lalu ampelas dnegan kertas ampelas no. 240 hingga halus.
  3. Untuk pewarnaan gunakan BioVarnish Wood Stain yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2:1. Aplikasikan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain katun bersih. Tunggu bed kering sekitar 60 menit lalu ampelas kembali dengan kertas ampelas no. 400. Untuk warna sempurna Anda bisa melakukan proses ini berulang kali.
  4. Tampilan mengkilap dihasilkan oleh BioVarnish Clear Gloss yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2:1. Aplikasikan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain katun secara merata. Tunggu kering sekitar satu malam.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut diatas maka tampilan dari bed Anda akan maksimal. Mudah bukan?

Trik untuk Mendapatkan Tempat Tidur Mengkilap

Apabila Anda menggunakan Biovarnish clear coat gloss dan mengikuti beberapa langkah di atas, maka coating yang didapatkan sudah pasti mengkilap. Hanya saja seringkali sebuah kesalahan kecil yang tidak disadari akan mengurangi tingkat kilapnya. Biovarnish clear coat gloss sendiri memberikan tampilan kilap hingga 80%, untuk memaksimalkan hasilnya ada trik tertentu yang bisa diikuti. 

Khusus untuk finishing mengkilap satu hal yang harus diingat adalah permukaan kayu harus merata dan bebas lubang atau bahkan cacat tekstur. Tanpa permukaan yang rata dan halus maka tingkat kilap akan berkurang. Cukup sulit memang untuk mengukur ketepatan tingkat kilap dengan mata telanjang. 

Namun setidaknya jika Anda bisa memaksimalkan tingkat kilapnya, furniture bisa memiliki tampilan kilap yang lebih tahan lama. Bagaimana cara supaya coating memiliki tampilan kilap sempurna? Anda bisa mengikuti beberapa trik berikut ini:

  • Cara mengamplas persiapan kayu

Furniture harus di amplas dan tidak boleh dilewatkan. Proses amplas ini melibatkan banyak kertas amplas tergantung dengan tingkat kasar pada permukaan kayu. Khusus untuk kayu yang memiliki tingkat kasar tinggi maka Anda harus menggunakan amplas kasar. Tujuannya mempercepat amplas memotong serabut kasar pada permukaan tempat tidur kayu. 

Mulailah dengan amplas nomor 150 dan berganti dengan nomor 180. Jangan lupa untuk menggunakan amplas aluminium oxide yang dipergunakan untuk kayu. Grid amplas terakhir yang digunakan adalah amplas nomor 220. 

  • Menggunakan wood filler

Dalam rangkaian permukaan kayu menjadi lebih rata dan halus, lapisan wood filler sangat dibutuhkan. Anda tidak boleh melewatkannya dengan langsung mengaplikasikan wood stain apalagi clear coat. Wood filler memiliki dua fungsi, pertama menutup pori kayu serat cacat tekstur pada permukaan kayu. Sehingga hasilnya sudah pasti halus. 

Kedua adalah membantu proses penyerapan yang merata dari lapisan cat di atasnya baik itu stain atau pernis. Dengan begitu cat akan memiliki warna yang lebih merata begitu juga pernis. Sehingga lapisan coating mengkilap juga menjadi merata dan coating bisa memiliki tingkat kilap maksimal. 

  • Jangan lupakan pemilihan kuas

Jenis kuas menjadi prioritas, apalagi Anda akan menggunakan Biovarnish yang merupakan cat kayu water based. Cat ini hanya bisa diaplikasikan dengan kuas berbulu nilon yang hasilnya bisa lebih merata dan cocok dengan air. Pada saat memilih kuas, pastikan bulu kuas tebal dan ujungnya meruncing sehingga coating bisa lebih merata.

Jangan ragu untuk membeli kuas yang harganya sedikit mahal, bisa dicuci dan bulunya tebal. Hindari untuk membeli kuas busa yang mudah rontok sekaligus kuas dari bulu alami yang terlalu kaku. 

  • Selalu mengamplas di setiap lapisan coating

Masing-masing lapisan coating pastinya tidak akan terbebas dari debu saat proses pengeringan. Biasanya ada debu halus yang menempel pada cat basah sehingga permukaannya menjadi kasar. Selain itu tanpa pengamplasan coating di atasnya tidak mudah menempel. 

Alasannya adalah coating pertama menutup pori kayu, oleh karena itu perlu proses pengamplasan ambang. Anda juga harus menggunakan amplas halus nomor 400 yang akan menghaluskan guratan yang mempermudah coating untuk menempel. 

Semua trik ini bisa Anda terapkan supaya hasil finishing pada tempat tidur kayu lebih mengkilap. Satu trik lagi untuk mempertahankan tampilan kilap pada furniture adalah dengan memoles kayu secara rutin. Anda bisa menggunakan bahan poles seperti Biopolish Linseed Oil untuk memperbaharui tampilan furniture secara berkala. 

Segera saja miliki cat kayu warna gloss BioVarnish seri lengkap mulai dari dempul, coloring dan top coat dengan menghubungi costumer service via telepon, sms dan WA (Whatss Up) di 0878-3934-6433 atau 0822-2026-5056.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH