Tips Finishing Kayu Menggunakan Cat Duco Bioindustries

Finishing kayu menggunakan cat duco bisa dilakukan dengan mudah asalkan mengetahui tips dan trik-nya. Simak tips dan langkah-langkah finishing mudah menggunakan cat duco berikut.

Finishing merupakan tahap akhir dalam proses pengerjaan furniture atau building berbahan kayu. Finishing yang tepat tentu saja akan menghasilkan produk yang menarik dan juga tahan lama. Ada berbagai cara finishing yang biasa digunakan, salah satunya adalah finishing kayu dengan cat duco.

Apa itu finishing kayu cat duco? Finishing kayu dengan cat duco merupakan cara memberikan lapisan pada mebel atau furniture dengan menggunakan cat duco dengan hasil warna solid. Cara aplikasi cat duco biasanya dengan cara disemprot. Cara ini tentu saja membutuhkan banyak ketelitian dan juga kehati-hatian. Lalu bagaimana cara melakukan finishingnya? Berikut tips finishing kayu cat duco.

Tips Finishing Kayu Menggunakan Cat Duco Secara Mudah

  1. Siapkan alat dan bahan

Hal yang pertama adalah menyiapkan alat dan juga bahan yang akan digunakan. Diantaranya dempul, primer coat, cat duco, clear gloss, alat penyemprot cat, masker, amplas dan wadah.

siapkan alat dan bahan untuk finishing duco water based

  1. Pastikan kondisi kayu / mebel kering

Tahap selanjutnya adalah menyiapkan kayu atau mebel yang akan anda lapisi dengan cat duco kayu. Persiapkan mebel dan tempat yang tepat untuk melakukan finishing. Kondisi kayu atau mebel yang anda akan finishing harus dalam keadaan benar-benar kering agar cat dengan mudah menempel dan juga proses pengecatan kayu dapat berjalan dengan baik. Apabila kayu sudah benar-benar kering, maka akan dipastikan bahwa kayu tersebut tidak akan mengalami penyusutan yang sangat besar.

  1. Tahap pengamplasan pertama

Tahap selanjutnya yaitu pengamplasan pertama. Siapkan amplas kemudian gosokkan pada kayu atau mebel. Anda dapat menggunakan kertas amplas dengan nomor 120. Gosokkan amplas pada semua bagian kayu tanpa ada yang terlewat. Pastikan kayu rata dan juga halus. Jangan lupa gunakan masker untuk melindungi pernapasan anda dari debu yang berterbangan. Lap dengan kain jika pengamplasan sudah selesai.

tahap pengamplasan untuk finishing duco water based

  1. Tutup pori-pori kayu

Setelah proses pengamplasan pertama selesai, maka tutup pori-pori kayu sebelum dicat menggunakan dempul kayu untuk cat duco dengan menggunakan kape secara merata pada seluruh bagian kayu atau mebel Anda. Pastikan tidak ada bagian pori-pori kayu yang masih terbuka. Perhatikan dan oleskan secara teliti agar semua pori-pori kayu terlihat dan tertutup dengan sempurna. Tunggu sampai pori-pori kayu mengering. Hal ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam sampai kape benar-benar kering.

Setelah benar-benar kering maka lakukan pengamplasan kembali. Hal ini dapat anda lakukan secara manual dengan menggunakan amplas. Gosokkan dengan perlahan pada semua bagian kayu sampai rata. Pastikan tidak ada bagian kayu yang masih bergelombang. Apabila ada bagian kayu yang bergelombang atau tidak rata, maka ulangi proses pengamplasan dengan cara menekan lebih kuat amplasnya. Lap dengan kain apabila semua bagian sudah rata.

  1. Semprot dengan primer coat

Langkah selanjutnya adalah menutup pori-pori kayu kembali dengan menggunakan primer coat. Hal ini ditujukan agar hasil finishing kayu lebih bagus dan juga sempurna. Lapisan primer coat ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan hasil warna yang maksimal di lapisan duco-nya.

semprot dengan primer coat untuk finishing duco water based

  1. Penyemprotan cat duco

Apabila penyemprotan primer coat sudah selesai dan benar-benar kering, maka anda dapat menyiapkan wadah untuk melakukan penyemprotan dengan cat duco. Pilih warna yang sesuai dengan selera anda. Ambil alat penyemprot cat duco dan semprotkan pada seluruh bagian mebel tanpa ada yang terlewat. Biarkan sampai mengering. Ulangi pengecatan apabila ada bagian yang belum rata.

  1. Tahap akhir

Untuk tahap akhirnya yaitu dengan melapisi mebel atau kayu anda dengan menggunakan clear gloss pada seluruh bagian kayu agar kayu atau mebel anda tampak lebih glossy dan menyala. Tunggu hingga kering, kira-kira satu jam. Setelah kering, amplas ringan dan ulangi langkah terakhir ini agar hasilnya lebih maksimal.

baca juga : cara mengecat pintu kayu baru menggunakan cat water based

Itulah tips finishing kayu menggunakan cat duco untuk menghasilkan hasil finishing warna solid yang halus. Pastikan untuk memilih bahan cat yang aman untuk Anda dan keluarga, termasuk aman untuk lingkungan. Menggunakan cat duco water based bisa menjadi pilihan tersendiri yang tepat untuk saat ini. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here