Tips Finishing Kusen Kayu Menggunakan Pernis Water Based Biovarnish

Jenis cat finishing ada 2 macam yaitu warna solid dan warna natural transparan. Warna solid ini adalah cat yang menutup penuh serat kayu. Sedangkan natural tranparant adalah finishing yang masih memperlihatkan serat kayu. Biasanya untuk furniture para konsumen lebih banyak memilih menggunakan warna natural tranparan. Karena serat kayu yang masih terlihat walaupun sudah diberi warna, mempunyai daya tarik sendiri untuk para konsumen. Untuk warna natural transparan ini bisanya menggunakan cat pernis. Cat pernis ini ada menggunakan campuran thinner atau solvent based, dan menggunakan campuran air atau water based.

Tips Finishing Kusen Kayu Menggunakan Pernis

Warna yang dihasilkan dari solvent based ini memang lebih cerah dan lebih glossy, namun banyak bahaya yang akan ditimbulkan dalam jangka panjang. Karena campuran thinner yang menguap membuat mata menjadi perih dan gangguan pernafasan saat kita menghirup bau thinner di dekat kayu yang sudah di cat. Maka dari itu lebih baik menggunakan cat pernis water based. Karena cat pernis kayu water based campurannya menggunakan air lebih aman untuk kesehatan maupun untu lingkungan sekitar. Hasil dari pernis kayu water based juga tidak kalah bagusnya dari pernis berbahan solvent based. Akhir-akhir ini pernis water based banyak diminati para penghobi kayu maupun pengrajin kayu sendiri.

Untuk cara aplikasi cat pernis kayu sendiri ada 2 metode, yaitu:

  1. Metode spray.

Untuk industri besar biasanya menggunakan metode spray untuk mempercepat dan memudahkan pengecatan. Tetapi metode ini membutuhkan cat pernis kayu yang lebih banyak karena ketika menyemprotkan cat banyak cat yang terbuang. Hasilnya tentu sangat bagus karena partikel kecilnya bisa mengisi pori-pori kayu.

  1. Metode kuas.

Nah cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan kuas spons. Selain tidak membuat cat banyak terbuang, hasilnya juga tidak kalah bagus dengan penggunaan spray. Namun harus diperhatikan jika menggunakan metode kuas ini. Ketika melakukan pengecatan sebaiknya dikuaskan searah serat kayu agar hasil yang didapatkan rata searah serat kayu.

Untuk Anda yang ingin mengecat kusen sendiri dirumah, dan peralatan yang miliki cukup terbatas, Anda bisa menggunakan metode kuas. Kuas yang digunakan adalah kuas sponge. Karena kuas sponge menghasilkan cat yang lebih merata dibanding menggunakan kuas berbulu babi maupun kuas nilon.

Finishing Kusen Kayu Menggunakan Pernis Water Based Biovarnish

Perlengkapan yang perlu disiapkan untuk finishing adalah 1 set cat Biovarnish yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat, pisau palet atau kain bal, amplas 320 dan amplas 400, yang terakhir air sebagai bahan campuran untuk cat waterbased ini. Ikuti cara mempernis kayu dibawah ini

  1. Pastikan pintu kayu Anda sudah kering dan bebas debu. Pastikan MC tidak lebih dari 12%. Jika permukaan kayu belum merata, bisa diamplas dahulu agar cat bisa menempel secara baik.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang dicampur sedikit air untuk mentup pori-pori menggunakan pisau pallet atau kain bal. Keringkan selama 20menit, lalu amplas merata menggunakan ampalas 320 sampai terlihat permukaan kayunya.
  3. Kuaskan Biovarnish Wood Stain yang dicampur air dengan perbandingan 4 bahan : 1 air dan diaduk sampai rata. Kuaskan menggunakan kuas spons secara merata searah serat kayu. Diamkan 60menit lalu amplas ambang menggunakan amplas 400.
  4. Lapisan terakhir menggunakan Biovarnish Clear Coat. Campurkan bahan dengan air campurannya 4 bahan : 1 air. Kuaskan menggunakan kuas spons tipis dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah itu bisa Anda keringkan semalam dan lihatlah hasil yang sangat memuaskan.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH