Kualitas Plitur Kayu Menentukan Keberhasilan Finishing Venner

Masalah venner yang menggelembung akan membuat plitur kayu sebagai bahan finishing sulit memberikan hasil yang baik. Simak solsuinya dalam artikel ini.

Lembaran kayu yang memiliki ketebalan 0.24 mm sampai 0.6 mm disebut dengan venner. Jika ketebalan kayu melebihi 0.6 mm maka disebut dengan papan kayu. Venner dibuat dari jenis kayu tertentu yang akan memberikan serat kayu menarik seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu pinus, dll. Fungsi finishing adalah untuk bahan finishing seperti jenis kayu blockboard atau kayu lapis. Veneer sendiri membutuhakn finishing dari cat atau plitur untuk memberikan penampilan sekaligus penampilan. Pada kayu lapis, veneer direkatkan searah serat yang sejajar bahan bisa juga direkatkan menyilang dari serat. Veneer yang direkatkan apda blockboard sendiri ada pada bagian depan dan belakang sedangkan pada bagian tengah diisi dengan partikel kayu. mengapa kayu lapis venner diciptakan? Kayu buatan ini penting dan berfungsi untuk mendapatkan jenis kayu dengan luas yang lebar. Tidak seperti kayu solid yang memiliki lebar terbatas.

Finishing Venner

Untuk finishing veneer sendiri perlakuannya tidak jauh berbeda dengan kayu solid yaitu dengan cat atau plitur. Tetapi harus dipilih produk yang berkualitas baik dari segi perlindungan maupun untuk pemberian nilai estetika. Bagi perlindungan yang paling dibutuhkan adalah untuk menutup pori-pori agar kelembapan tidak meresap ke dalamnya. Pasalnya veneer hanya bisa digunakan di dalam ruangan karena tidak tahan oleh perubahan cuaca, maka di dalam ruangan pun bisa terjadi kelembapan yang tinggi. Maka peranan plitur di sini sangat dibutuhkan dengan baik.

Berbagai Macam Masalah Venner Menggelembung Mempengaruhi Finishing Veneer

Setelah Anda melakukan finishing veneer bsia jadi tidak sempurna. Ada banyak faktor yang mempengaruhi ketidak berhasilan tersebut. Berikut ini beberpaa alasan mengapa finishing kayu veneer tidak berhasil atau memberikan hasil yang kurang memuaskan. Perhatikan dan Anda bisa mencipatkan solusinya.

  1. Proses pengeleman. Dari segi proses perekatan veneer ada beberapa gejala kegagalan yaitu timnbulnya gelembung karena lem tidak rata. Gelembung tersebut juga bisa disebabkan oleh lem yang belum kering sempurna kemudiaan dilakukan finishing secara terbur-buru dan juga penekenan alat preasure tidak rata. Maka yang harus Adna lakukan adalah memastikan lem tersebar rata apda permukaan veneer sehingga tidak menimbulkan gelembung. Jangan terburu-buru melakukan finishing. Pastikan dengan benar bahwa veneer yang dilem sudah kering.
  2. Bahan perekat yang tidak kompatibel atau tidak cocok. Tidak semua bahan parket dapat digunakan untuk merekatkan veneer. Jenis lem laminasi adalah yang paling cocok seperti Crossbond X4. Lem Crossbond X4 memang di desain untuk perekatan laminasi.
  3. Kecepatan kering bahan finishing. Ketika bahan finishing membutuhkan waktu kering yang lama itu berarti bahan pelarutnya tidak cepat menguap. Hal ini juga akan mempengaruhi timbulknya gelembung udara seteah selesai difinishing. Pilih plitur yang memiliki tingkat kering cepat.

Dapatkan Produk Plitur Kayu Terbaik Untuk Finishing Veneer

Dari ketiga permasalahan tersebut Anda harus menentukan produk finishing yang cepat kering. Jangan memilih bahan finishing yang keringnya tergantung oleh panas matahari seperti pelistur solvent yang bahan pelarutnya thinner atau solvent. Solvent tidak akan cepat menguap tanpa panas matahari, lalu bagaimana akan cepat menguap jika cuaca sedang lembab dan hujan? Tentu hasil finishing tidak akan maksimal. Pilih plitur dengan bahan pelarut air yang cepat mengering walaupun tidak ada panas matahari seperti cat kayu Biovarnish.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH