Waspada Harga Pernis Lebih Murah Saat Ini

Pakah Anda masih memilih harga pernis yang murah? Hati-hati karena pernis dengan harga murah bsia saja mengandung formalin tinggi.

Harga selalu menjadi prioritas ketika Anda membeli sebuah barang. Hal ini juga berlaku ketika Anda mencari produk yang digunakan untuk finishing furniture. Bagi Anda pelaku industri harga pernis yang murah akan selalu menjadi pilihan utama bukan? Tapi sayangnya harga yang murah tidak bisa dijadikan patokan kualitas yang bagus pula.

Harga murah hanya berfungsi untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Biasanya malah pernis dengan harga murah tidak memiliki kualitas bagus, tampilan yang mudah pudar bahkan tidak aman bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Hal ini yang harus diwaspadai dari sekarang. Banyak penelitan yang mengatakan bahwa kandungan formalin pada pernis dengan harga murah sangat banyak di produksi di dunia.

Lalu apakah bahaya formalin bagi manusia? Mari kita pelajari terlebih dahulu apakah formalin itu? Formalin adalah bahan senyawa organik yang terdiri darei hidrogen, oksigen, dan karbon dengan struktur CH2O atau HCHO. Dalam larutan formalin terdapat formaldehyde yang berbahaya sebanyak 37 %. Jika dibandingkan dengan senyawa organik yang lainnya formalin adalah yang paling mudah untuk menguap.

Kandungan formalin ada di aman mana bahkan dalam tubuh manusia, hewan dan tumbuhan terdapat senyawa organik ini sebanyak 1 hingga ppm. Kadar yang kecil tidak akan membahayakan manusia sedangkan kadar yang berlebihan akan sangat berbahaya. Penggunaan formalin sangat penting bagi usaha perindustrian.

Formalin berfungsi sebagai anti bakteri pada pembersih lantai kapal, pembersih gudang dan juga pembersih pakaian. Dalam industri fotografi formalin berfungsi sebagai bahan pengeras gelatin dan kertas. Untuk bidang pertanian formalin digunakan sebagai bahan pembuat pupuk urea. Jika melihat dari industri kayu, formalin paling sering digunakan karena sifatnya yang mudah keras digunakan sebagai bahan perekat kayu buatan yaitu plywood.

Kadar yang tepat akan menjadi sebaik sedangkan kadar formalin oleh industri sering disalah gunakan dengan jumlah banyak demi meraih keuntungan. Kandungan formalin yang tinggi akan menguntungkan maka harga pernis di pasaran pun menjadi lebih murah. Bagi Anda yang sangat memperhatikan kesehatan harus waspada dengan pernis murah yang mengandung formalin tinggi.

Bahaya Formalin Pada Pernis Harga Murah

Formalin masuk ke dalam tubuh manusia ada dua cara yaitu dengan melalui makanan dan masuk ke dalam tubuh langsung dan juga melalui perasapan. Hal yang sering terjadi adalah makanan yang dijual oleh para pedagang menggunakan formalin. Tujuannya adalah untuk meraih keuntungan yang banyak dengan makanan yang lebih tahan lama.

Padahal hal ini sangat berbahaya bagi konsumen. Sedangkan pada mainan seringkali menggunakan cat atau pernis. Pedagang memanfaatkan harga pernis kayu yang murah untuk melapisi mainan. Padahal bayi yang suka dengan mengigigt akan memakan cat dengan kandungan formalin tinggi. Hal ini sangat berbahaya dalam jangka panjang.

Sedangkan jika melalui pernapasan Anda pasti akan sering menemukan ruangan berbau menyengat setelah diletakan furniture baru. Ketika ruangan tersebut tercemar bau yang menyengat sebaiknya Anda langsung membuat sirkulasi udara yang baik, bau menyengat ini adalah satu tanda bahwa formalin yang digunakan di dalam cat sangat tinggi. Terlebih jika bau tersebut tidak hilang berhari-hari.

Dalam hal ini Anda harus mengetahui bahaya formalin jika berada di dalam tubuh baik efek langsung maupun jangka panjang:

  1. Iritasi kulit, bagi Anda pemilik kulit sensitif tidak hanya pada bagian dalam tubuh saja yang bisa terluka. Jika gas formalin di dalam ruangan sangat tinggi maka bisa saja terjadi iritasi kulit terlebih lagi pada kulit kepala. Jika Anda terasa kulit terbakar terus menerus harus segera diperikaskan ke dokter.
  2. Pusing, ketika Anda menghirup udara mengandung formalin dan merasa pusing segera keluar dari ruangan tersebut atau gunakan ventilasi udara yang banyak agar sirkulasi udara terjadi dengan baik. Efek pusing bisa berkelanjutan.
  3. Air mata, ketika Anda masuk ke dalam ruangan dengan furniture yang baru, bisa saja air mata keluar. Ini bukan karena menangis tetapi karena formalin sangat keras dan membuat keluar air mata. Jika tidak dilakukan pencegahan maka Anda bisa terjangkit iritasi mata.
  4. Tenggorokan terbakar, ketika Anda merasa bahwa tenggorokan terbakar sebaiknya segera minum air putih yang banyak. Hal ini dikarenakan gas formalin akan dihirup hidung kemudian masuk ke paru-paru. Sebelum masuk ke paru-paru gas akan melalui tenggorokan yang membuat tenggorokan Anda tersa terbakar.
  5. Sel kanker, kandungan di dalam formalin ada kandungan yang bernama karsinogenik. Zat ini sangat berbahaya karena akan memicu timbulnya sel kanker dalam tubuh terutama bagian dimana gas formalin tersebut mengendap seperti saluran pernapasan dan juga paru-paru.

Hal berbahaya ini pun sudah pernah dilakukan uji coba di labatorium melalui tikus yang menghirup formalin. Hal ini membutktikan bahwa tikus mengidap kanker. Oleh karena itu banyak organisasi di luar negeri yang menyatakan bahwa penggunaan formalin harus dibatasi. Peraturan WHO (World Health Organization), formalin digunakan di bawah 0.1 ppm, menurut European E1 Standar formalin di bawah 0.1 ppm, menurut Green Guard® Enviromental Institute Certification kandungan formalin harus di bawah 0.05 ppm.

Sedangkan pada ECHA standar regulasi di Eropa mengenai bahan kimia yang digunakan manusia kandungan formalin sangat dilarang. Sebagai gantinya harus menggunakan produk lain yang memiliki fungsi sama.  Oleh karena itu harga pernis kayu yang murah bisa saja membahayakan bagi Anda.

Alasan Kandungan Formalin Pada Harga Pernis Yang Murah

Dalam industri kayu formalin sangat penting sehingga penggunannya terkadang berlebihan dan tidak sesuai dengan peraturan atau batsan-batasan penggunaan formalin. Harga formalin yang murah sekitar 45.000 per liternya membuat harga pernis menjadi murah. Biasanya pernis yang mengandung formalin ini tedapat pada jenis pernis solvent. Dengan bahan pelarut thinner formalin yang Anda gunakan akan berubah menjadi dua kali lipat lebih banyak. Ini dikarenakan di dalam thinner juga terdapat kandungan formalin.

Thinner adalah bahan pelarut yang sangat mudah menguap karena sifat formalin yang mudah menguap. Dengan perkembangan teknologi maka harga pernis pun juga berubah. Jika Anda menginginkan jenis pernis yang bebas formalin gunakan pernis water based. Berbeda dengan pernis solvent, pernis water based memanfaatkan air dan resin sebagai bahan dasar. Teknologi yang mampu menyatukan antara resin dan air inilah yang memiliki harga mahal. Akan tetapi jika mengenai masalah kesehatan Anda tidak perlu mempertimbangkan biaya yang mahal, karena kesehatan mahal harganya.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.