Cara Mudah Aplikasi Cat Kayu Kuas Berpelarut Air pada Furniture

Pilihan finishing tidak harus dari pabrik atau industri woodworking. Anda pun bisa melakukan finsihing furniture dengan cat kayu kuas yang sangat mudah digunakan.

Furniture membutuhkan finishing untuk sentuhan akhirnya. Jika industri kayu menggunakan mesin kompresor unutk menyelesaikan finishing. Karena dengan menggunakan alat akan mempercepat pekerjaan finishing dengan jumlah furniture yang banyak. Jika Anda hanya ingin melakukan finishing pada satu furniture saja bisa melakukannya dengan kuas.

Beberapa cara mudah untuk aplikasi cat kayu kuas adalah memastikan permukaan furniture harus halus tidak ada serabut kayu. Lakukan pengampelasan sebelumnya jika perlu. Ketika Anda mencampur cat dengan bahan pencampurnya lakukan secara bertahapa. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pencampuran secara merata. Kemudian gunakan dua jenis kuas yaitu kuas yang ukuran kecil dan ukuran sedang.

Kuas yang berukuran kecil difungsikan untuk mencapai bagian furniture yang sulit seperti siku atau ukiran. Pilih kuas yang lembut kemudian dilapisi dengan kain katun bersih untuk mengurangi brush mark. Agar tampilan furniture sempurna lagi, pastikan lapisan pertama cat kering benar sebelumnya, jika perlu sentuh permukaan kayu jika terdapat sidik jari maka cat belum kering. Jika cat belum kering maka akan terjadi penggumpalan cat dan brush mark. Yang terakhir adalah pemilihan jenis cat kayu kuas yang akan digunakan.

Warna Cat Kayu Kuas Pilihan Terbaik

Cat-kayu-kuas

Berhubungan dengan warna, warna cat kayu terdiri dari dua yaitu warna solid dan warna natural. Warna solid sering digunakan pada mainan anak-anak atau furniture anak lainnya yang membutuhkan warna cerah. Sedangkan warna natural kayu sering digunakan pada furniture yang ingin menonjolkan serat kayu.

Warna natural kayu transparan bisa memilih warna walnut brown terlabih pada material kayu Jati. Jika kayu Jati yang berharga mahal tidak diperlihatkan seratnya maka akan sayang sekali. Bahkan lingkar tahun pada kayu jati juga akan terlihat dengan baik dengan menggunakan cat kayu warna natural transparan. Terlebih lagi jika Anda menggunakan cat yang sekaligus memiliki top coat. Tampilan furniture akan dipermewah dengan tingkat glossy.

Ciri-Ciri Cat Kayu Kuas Yang Memiliki Kualitas

  1. Cat Kayu Water Based, Cat yang menggunakan air ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi, selain aman cat ini juga tidak perlu bahan pencampur yang mahal seperti thinner. Anda hanya memerlukan air saja untuk menurunkan konsentrasi warna cat. Hemat bukan?
  2. Cat Kayu Kuas Tarikan Ringan, salah satu mengapa memilih cat kayu kuas adalah tarikan kuas ringan. Akan tetapi tidak semua cat kuas memiliki tarikan kuas yang ringan. Salah satu produk cat kayu dengan tarikan kuas ringan dimiliki oleh merk BioVarnish.
  3. Cat Kayu Standar Aman, soal keamanan sangatlah penting. Pilih cat yang tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti merkuri, timbal, formalin. Karena penggunaan jangka panjang akan mengakibatkan penyakit kanker pada tubuh. Cat kayu aman terdapat pada merk BioVarnish.
  4. Cat Kayu Yang Mudah Diakses. Jika bisanya membeli produk cat melalui toko bangunan, maka dengan kecanggihan teknologi Anda sudah bisa membeli cat di mana saja dan kapan saja. Cara cepat mendapatkan produk cat adalah melalui website ini.

Tidak banyak produk cat yang menawarkan dengan ciri-ciri di atas. Keunggulan demi keunggulan ditawarkan kepada Anda serta kemudahan aplikasinya. Sehingga kapan saja Anda bisa melakukan finishing atau recoating pada furniture sendiri.

Cara Mengaplikasikan Cat Kayu Kuas Biovarnish

Produk Biovarnish adalah cat yang paling mudah diaplikasikan karena alat yang dibutuhkan hanyalah kuas. Jika Anda ingin menggunakan Biovarnish, pastikan kuas yang digunakan sesuai dengan yang telah dijelaskan di atas. Ketika kuas yang digunakan sudah tepat, sisanya Anda tinggal mengikuti cara aplikasi yang tepat. 

Selain itu, belajar juga tentang teknik menguasai yang tepat. Berikut ini langkah-langkah untuk mengaplikasikan Biovarnish lengkap bersama dengan tekniknya. 

» Persiapan kayu sebelum dicat

Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengamplas dalam rangka mempersiapkan permukaan kayu terbebas dari kotoran serta debu. Pengamplasan bisa dilakukan pada permukaan kayu polos tidak memiliki lapisan coating apapun. Anda bisa mengamplas manual atau dengan mesin. 

Pastikan saja menggunakan amplas nomor 180 dan 220 sesuai tingkat kasar permukaan kayu. Semakin kasar maka angka amplas semakin kecil. Selesai mengamplas, jangan lupa selalu bersihkan debunya dengan kain. 

» Memperbaiki permukaan kayu

Supaya hasil halus, Anda harus memperbaiki beberapa cacat kayu. Biasanya setelah pengamplasan, cacat ini akan lebih terlihat. Caranya adalah dengan menggunakan Biovarnish wood filler. Alat aplikasi yang dibutuhkan adalah scrap atau kape yang ukurannya sesuai permukaan kayu agar lebih cepat aplikasinya. 

Pertama, campurkan wood filler dengan sedikit air agar mudah diaplikasikan. Jangan lupa pilih warna wood filler yang sama dengan hasil akhirnya nanti. Setelah itu diamkan kayu selama 20 menit tanpa dijemur. Jika sudah kering, amplas permukaannya, gunakan amplas nomor 240.

» Memberikan warna pada kayu

Permukaan kayu kini sudah rata dan bersih dari kotoran. Saatnya untuk memberikan warna pada kayu dengan Biovarnish wood stain. Anda bisa menggunakan warna yang disukai dari 20 pilihan warna yang tersedia. Pilih warna dan siapkan proses coating dengan kuas. 

Larutkan terlebih dahulu wood stain dengan air, gunakan perbandingan 2:1 kemudian aduk hingga merata. Kuas coating ke permukaan kayu mengikuti arah serat kayu dan pergunakan teknik yang sedikit diangkat. Angkat sedikit kuas agar tidak menimbulkan brush mark. 

Selain itu buat sudut 45 derajat saat menarik kuas searah serat kayu. Karena coating bisa menghasilkan permukaan yang lebih halus. Setelah merata, diamkan selama 60 menit baru di amplas secara ambang. 

Pengamplasan coating ini dilakukan dengan kertas amplas nomor 400 dan ambang. Jika warna masih kurang menarik, Anda bisa mengaplikasikan cat berulang. Setiap tambahan lapisan coating, warna yang dihasilkan lebih gelap. 

»nMemberikan lapisan pernis

Coating terakhir yang dibutuhkan oleh kayu adalah pernis, di sini produk yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish clear coat. Tinggal pilih saja, mana produk cat yang diinginkan yaitu matte atau gloss. Setelah itu, campurkan clear coat dengan air perbandingan 2:1 air. 

Baru setelah itu diamkan coating selama semalaman. Cara menguaskannya adalah dengan kuas nilon bersih yang sudah dicuci. Biarkan coating kering 24 jam sehingga keringnya sempurna. Kayu atau furniture bisa digunakan setelah coating kering dan hasilnya sudah pasti halus serta rapi. 

Apakah Anda ingin menggunakan coating yang berkualitas ini? Hasil halus dan proses aplikasinya pun mudah hanya dengan kuas. Anda bisa membeli Biovarnish melalui beberapa link berikut ini:

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries
  4. https://www.tokopedia.com/bioindustries

 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH