4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Merenovasi Kamar Mandi

Renovasi kamar mandi merupakan suatu proyek yang menyenangkan dan menantang. Akan tetapi, sebelum Anda melangkah untuk memilih desain ubin atau bak mandi model terbaru, ada beberapa hal menarik yang perlu dipertimbangkan agar proyek Anda berhasil dan selesai seperti apa yang Anda impikan. Karena merenovasi kamar mandi bisa sangat banyak yang harus dikerjakan, memakan waktu dan biaya yang mahal. Untuk itu, kami menyiapkan daftar 15 hal yang harus diperhatikan sebelum merenovasi kamar mandi untuk memastikan proyek Anda tetap berada pada jalur dan renovasi berjalan dengan lancar.

  1. Anggaran

Jika Anda belum tahu, Anda harus memikirkan gagasan tentang berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk merenovasi kamar mandi. Menetapkan anggaran akan membantu membimbing Anda saat membuat keputusan tentang apa yang harus disertakan dalam perbaiki ulang. Begitu Anda sudah tahu apa yang dapat dibelanjakan dan kurangi jumlah yang akan dialokasikan untuk tenaga kerja, Anda akan memiliki pengertian yang lebih jelas tentang apa yang dapat Anda habiskan untuk peralatan, ubin, dan perlengkapan lainnya.

  1. Waktu

Banyak orang berasumsi bahwa jika mereka merombak kamar mandi yang berukuran lebih kecil itu hanya akan memakan waktu beberapa hari saja, atau bagaimanapun juga butuh sedikit waktu daripada yang lebih besar. Ini belum tentu demikian. Semua bergantung pada berapa banyak bagian yang Anda ganti pada kamar mandi. Semua kontraktor harus melalui semua langkah dan urutan pengerjaan renovasi yang sama seperti kamar mandi yang lebih besar.

Namun, perencanaan tidak hanya mengacu pada penentuan durasi pengerjaan, akan tetapi juga langkah-langkah menengah tertentu seperti pemesanan dan pembelian ubin, perlengkapan, meja rias atau lemari yang dibuat khusus untuk memastikan barang dapat dikirim saat kontraktor Anda membutuhkannya. Waktu perencanaan juga penting bagi mereka yang hanya memiliki satu kamar mandi di rumah karena harus mengatur tempat mandi dan menggunakan toilet sementara.

  1. Urutan pekerjaan

Ketika telah sampai pada tahap renovasi kamar mandi, alangkah baiknya menyelesaikan pekerjaan dalam urutan tertentu sesuai dengan ketentuan. Hal demikian dapat menyelamatkan Anda dari banyaknya waktu yang terbuang dan memperkecil kesalahan dalam merenovasi. Entah Anda akan menghancurkan dinding kamar mandi atau hanya mengecat ulang, pastikan pekerjaan selalu dimulai dari bagian atas ruangan. Cara tersebut bisa Anda lakukan dari merombak bagian langit-langit terlebih dahulu, kemudian yang kedua adalah dinding, dan yang terakhir adalah bagian lantai. Dengan melakukan urutan pekerjaan tersebut, maka Anda dapat mencegah kerusakan pada komponen baru Anda.

  1. Desain gaya dan fungsionalitas

Saat pertama akan memulai renovasi kamar mandi, Anda harus juga memikirkan bagaimana nanti tampilannya. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan seperti warna cat, pilihan ubin, sanitasi, shower, bak madi, keran air dan masih banyak lagi. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu bagian apa saja yang akan direnovasi kemudian mencatatnya. Desain atau gaya kamar mandi juga perlu dipertimbangkan. Anda bisa menyesuaikan dengan gaya atau desain rumah secara keseluruhan. Jika rumah Anda bergaya modern, akan paling mudah jika kamar mand juga bergaya modern.

Selain desain, fungsi atau peruntukan kamar mandi juga perlu dipertimbangkan. Kamar mandi untuk kamar anak kecil tentu perlu dibedakan dengan kamar mandi orang dewasa. Jika di rumah tersebut terdapat orang berusia lanjut, entu perlu menyesuaikan bentuk kamar andi sesuai dengan kebutuhannya.

Itulah 4 hal yang perlu dipertimbangkan secara cermat terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk merenovasi kamar mandi. Perencanaan yang matang akan membantu Anda mendapatkan kamar mandi sesuai kebutuhan dan desain yang diharapkan.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH