Untuk melakukan finishing kayu dibutuhkan berbagai jenis bahan finishing salah satunya adalah cat water based yang aman dan ramah lingkungan.

Kayu merupakan produk yang tidak lekang oleh waktu, masyarakat zaman dahulu hingga sekarang masih menggunakan produk kayu untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembuatan rumah, perabot rumah hingga peralatan dapur. Kekuatan kayu yang tahan terhadap perubahan cuaca membuat kayu menjadi material favorit mulai dari harga yang mahal hingga harga yang murah. Walaupun material kayu tahan terhadap perubahan cuaca akan tetapi dalam prakteknya tetap membutuhkan proses finishing kayu. Beberapa jenis produk untuk finishing pun disediakan sesuai kebutuhan.

finishing-paint
Untuk melakukan finishing kayu dibutuhkan berbagai jenis bahan finishing salah satunya adalah cat water based

Beberapa jenis bahan finishing kayu antara lain:

  1. Bahan ini tidak membentuk lapisan film tetapi menyerap ke pori-pori kayu untuk mecegah masuknya air ke dalam kayu.
  2. Nama politur sudah sangat sering didengar, politur adalah shellac dan berbentuk serpihan atau batangan. Untuk mencairkannya dibutuhkan alkohol.
  3. Jenis melamin adalah finishing yang tergolong baru dengan harga yang sedikit mahal. Tetapi finishing melamin akhir akhir ini menjadi perhatian publik karena cenderung berbahaya.
  4. Finishing dengan produk ini memberikan lapisan film yang tebal dan terlihat seperti plastik.
  5. NC Lacquer. Bahan ini cukup populer terbuat dari bahan resin Nitrocellulose/ alkyd yang dicampur dengan thinner. Bahan ini tahan air tetapi tidak tahan goresan.
  6. Water based. Bahan finishing berbahan dasar air dan bahan pencampur juga air. Mulai dari macam-macam dempul, cat kayu, dan clear kayu terbaik, semua berbasis air atau water based karena bebas dari bahan kimia berbahaya. Memiliki banyak kelebihan mulai dari tahan goresan, tahan air dan perubahan cuaca dan yang paling penting adalah aman dan ramah lingkungan.

Finishing Kayu Dengan Cat Water Based

Dengan mengusung tema aman dan ramah lingkungan, cat water based hadir dan sudah mulai terkenal. Dari klasifikasi bahan finishing kayu di atas kebanyakan menggunakan bahan dasar minyak atau solvent begitu juga dengan bahan pencampurnya bahkan ada yang menggunakan alkohol. Dari keenam bahan diatas yang paling aman adalah cat water based. Konsep aman dan ramah lingkungan dimulai dari pasar ekspor di Eropa dan Amerika yang lebih mengutamakan bahan kimia yang aman dan ramah lingkungan unutk digunakan para pekerja bahan kimia serta penggunanya.

Maka konsep aman dan ramah lingkungan ini menciptakan cat water based sebagai solusi pengganti cat solvent. Finishing furniture yang menggunakan cat water based akan lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti ftalat, mercury, formalin atau zat kimia berbahaya lainnya. Untuk hasil, cat water based tidak kalah dengan cat melamin kayu atau sejenisnya. Hadir dengan tampilan glossy dan doff, cat kayu Biovarnish merupakan cat water based yang bagus digunakan untuk finishing kayu jenis apapun.

Cat Kayu Water Based Yang Recomended

foto biovarnishSeperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa cat water based merupakan pengganti cat solvent yang aman dan ramah lingkungan. Salah satu merk cat water based yang rekomended tidak lain adalah cat kayu Biovarnish. Hadir dalam tiga seri untuk menciptakan finishing close pore dimulai dari Biovarnish Wood Filler, Biovanrish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat doff dan gloss. Mengusung aplikasi brush system, cat Biovanrish menyediakan beberapa pilihan warna natural kayu dengan warna yang tajam dan tingkat transparansi bagus sehingga serat kayu dapat terlihat dengan baik.
Finsihing kayu yang baik haruslah menggunakan cat dengan kualitas baik dan aman seperti cat kayu Biovarnish ini. Segera dapatkan seri cat Biovarnish dengan menghubungi costumer service via telepon, sms dan WA di nomor 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here