Menghidupkan Wooden Carving Dengan Cat Kayu Warna Gloss

Wooden wall carving akan tampak hidup jika menggunakan cat kayu warna gloss sehingga detil dari ukiran tampak jelas.

Wooden carving telah ditemukan sejak zaman peradaban manusia zaman dahulu. Manusia sudah mengenal kesenian dari zaman pra sejarah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya patung ukiran yang ditemukan untuk melakukan upacara persembahan atau peninggalan-peninggalan manusia purba. Patung totem yang sampai saat ini masih belum dikatehui bagaimana manusia zaman dulu membuatnya merupakan salah satu contoh kerajinan kayu yang diciptakan manusia zaman dahulu.Ukiran dari kayu banyak ditemukan di negara China dan Jepang. Untuk menciptakan ukiran kayu merupakan kerajinan yang membutuhkan pisau khusus untuk memahat baik untuk satu tangan atau dua tangan. Contoh kerajinan kayu yang banyak dihasilkan dengan ornamen bisa berbentuk patung atau wall carving sebagai lukisan kayu.

Wooden Carving Dengan Cat Kayu Warna Gloss

Setelah ukiran menggunakan batu, manusia beralih pada kayu. Material batu memiliki tekstur keras dan berat sehingga untuk melakukan ukiran dibutuhkan usaha lebih. Material kayu lebih ringan dan lunak sehingga mudah diukir dengan detil detil khusus. Ukiran kayu di Eropa berasal dari zaman pertengahan di Jerman, Rusia, Italia, dan Perancis dan ukiran yang diciptakan menggambarkan agama kristen kala itu. Sedangkan di Inggris sendiri ukiran kayu ditemukan berasal dari abad ke 16 dan abad ke 17. Untuk membuat ukiran, kayu saat itu yang sering digunakan adalah kayu oak. Untuk finishing agar penampilan ukiran tampak menarik  membutuhkan cat kayu warna gloss.

Menciptkaan Wooden Wall Carving

Modern ini wood carving sering dimanfaatkan sebagai home decor baik dalam bentuk patung ataupun wooden wall carving. Banyak yang harus diperhatikan untuk membuat wall carving mulai dari memilih jenis dan bentuk kayu, memilih peralatan hingga memilih cat kayu yang tepat untuk finishing. Desain yang diciptakan juga harus menarik dan semakin banyak detil yang sulit diciptakan, wooden wall carving bernilai semakin tinggi. Di Indonesia sendiri kota yang terkenal dengan ukirannya adalah kota Jepara. Di Jepara sendiri sudah mengenal ukiran sejak tahun 1542 sehingga kota Jepara sudah terkenal dengan furniture ukirannya.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat wooden wall carving adalah jenis kayu yang digunakan. Bentuk kayu sendiri harus yang lurus dan tidak punya banyak cabang. Jika kayu dipilih yang memiliki banyak cabang maka akan rentan pecah. Ada dua jenis kayu yang bisa dipilih yaitu kayu lunak dan kayu keras. Kayu yang lunak mudah untuk dipahat tetapi mudah rusak sedangkan kayu yang keras agak sulit dipahat tetapi tahan lama atau awet. Beberapa jenis kayu yang keras dan sering digunakan sebagai material wooden wall craft adalah kayu oak, kayu jati dan kayu mahoni. Sedangkan kayu lunak yang sering digunakan adalah kayu pinus.

Jika sudah mennetukan kayu apa yang digunakan kemudan ada dua bentuk kayu yang bisa dipilih yaitu kayu gergajian utuh atau pecahan kayu yang direkatkan menjadi bentuk kayu utuh.Proses pengukiran bisa dimulai dengan desain yang sudah ditentukan. Setelah proses pemahatan selesai maka dilanjutkan dengan proses finishing dengan cat kayu warna gloss. Fungsi dari lapisan cat sendiri adalah untuk menutup pori-pori kayu sekaligus memberikan warna wooden wall craft lebih natural. Tampilan warna natural yang mengkilap maka akan memperlihatkan wall carving lebih nyata. Ketika Anda menggantungkan wall carving pada dinding bisa menambahkan lampu yang mengarah apda ukiran agar lebih terlihat hidup lagi.

Pentingnya Cat Kayu Warna Gloss Untuk Wooden Wall Carving

Produk finishing untuk wooden wall carving sangatlah penting karena akan mempengaruhi dari efek yang akan didapatkan. Jika tidak menggunakan cat kayu mengkilap maka ukiran tidak akan terasa nyata. Aplikasi yang mudah adalah memilih cat dengan brush system. Salah satu cat yang mudah diaplikasikan ini adalah cat kayu warna gloss Biovarnish. Cat ini memiliki pilihan warna natural dan juga transparansi yang tinggi. Cat kayu Biovarnish hanya membutuhkan bahan pencampur air tetapi sudah bisa melindungi serat kayu dengan baik.

Untuk finishing wooden wall carving cat kayu Biovarnish menjadi pilihan terbaik. Untuk pemesanan bisa dilakukan melalui costumer service di nomor 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.