Ini Dia Cat Kayu Yang Bagus Pengganti Shellac

Bahan finishing kayu yang digunakan sudah mulai beralih pada cat kayu yang bagus dibandingkan menggunakan shellac india.

Cat Kayu Yang Bagus

Awal mula finishing bahan yang digunakan adalah shellac. Apa itu shellac? Shellac adalah bahan finishing kayu yang terbuat dari resin yang dihasilkan oleh serangga-serangga yang hidup pada tumbuhan di Indonesia dan Thailand. Tidak heran sebagian orang menyebutnya shellac India. Bahan finishing ini diciptakan untuk melindungi lapisan yang ada dibawahnya yaitu permukaan kayu serta memberikan warna. Shellac banyak digunakan pada abad ke 19 hingga awal abad ke 20 dengan hasil warna transparan sehingga serat kayu terlihat menarik. Shellac sendiri berbentuk kepingan dan cara melarutkannya adalah dengan bahan alcohol atau etanol. Kebanyakan orang melarutkan shellac dengan thinner atau spiritus.

Berbicara soal warna, shellac India memiliki efek warna kekunigan ketika diaplikasikan. Maka ketika Anda memberikan lapisan yang tebal kayu akan semakin berwarna kuning apalagi jika jenis kayu berwarna putih atau kuning. Berbeda dengan cat, cat kayu yang bagus yang telah dikembangkan oleh teknologi saat ini memiliki pilihan warna natural yang baik. Pembuatan warna cat telah disesuaikan dengan jenis warna kayu misalnya warna kayu jati bisa menggunakan cat kayu jati, untuk finishing kayu mahoni bisa menggunakan cat kayu warna mahoni.

Apa Kelebihan Cat Water Based Daripada Shellac?

Jenis cat yang menggantikan shellac yang bagus adalah cat waterbased. Mengingat banyak kekurangan shellac sebagai finishing kayu seperti tidak tahan terhadap cuaca, misalnya furniture terlalu sering terkena panas maka permukaan akan pecah-pecah. Shellac juga membutuhkan waktu yang lama dalam pengeringan. Anda membutuhkan panas matahari agar shellac cepat keirng. Shellac yang sudah dibuat cairan memiliki kekentalan yang cukup tinggi sehingga lengket ketika digunakan. Oleh karena itu akan membuat tarikan kuas yang serta dan juga dapat meninggalkan brush mark jika aplikasi menggunakan kuas. Kelemahan shellac yang paling penting adalah tidak aman bagi kesehatan manusia.

Cat Kayu Yang Bagus

Cat water based yang dapat menggantikan shellac tentu saja memiliki banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan. Berbeda dengan shellac yang memiliki tarikan kuas berat, dengan bahan pencampur hanya air, cat water based memiliki tarikan kuas yang berat sehingga jarang meninggalkan brush mark. Cat water based sendiri merupakan cat kayu tahan cuaca sehingga baik jika digunakan pada furniture indoor ataupun outdoor. Kelebihan lain yang bisa Anda manfaatkan adalah cepat keringnya pada saat aplikasi. Anda tidak tergantung panas matahari, karena cat cepat mengeras dan menempel pada permukan kayu dengan cepat bahan tanpa panas matahari. Tidak heran cat water based menjadi cat kayu yang bagus pengganti shellac.

Hal yang paling penting yang perlu diperhatikan adalah kesehatan. Shellac dengan campuran thinner atau spiritus akan menimbulkan bau menyengat. Kandungan bahan pencampur tersebutlah yang membahayakan bagi kesehatan Anda. Jika Anda menggunakan cat water based, kemungkinan penyakit tidak akan timbul. Karena cat hanya membutuhkan bahan pencampur hanya air. Masalah kesehatan tersebutlah salah satu pemicu menurunnya shellac digunakan pada kalangan pengrajin.

Segera beralih menggunakan cat kayu yang bagus seperti cat water based yang memiliki banyak keunggulan dan digunakan oleh banyak pengrajin hingga ke pasaran ekspor. Salah satu merk dagang di Indonesia yang bisa Anda andalkan adalah merk Biovarnish. Pemesanan produk pun sangat mudah Anda bisa menghubungi via Whatss App di nomor 0822-1935-7399, BBM D69F376B atau email di [email protected]

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.