Ini Dia Finishing Kayu Tahan Air Yang Sangat Dicari

Furniture outdoor memerlukan finishing kayu tahan air agar tahan terhadap musim hujan yang mempercepat pengeroposan pada furniture.

Halaman rumah kurang lengkap rasanya jika tidak ada furniture seperti meja, kursi, ayunan atau furniture lain yang dapat berfungsi untuk menikmati keindahan taman. Furniture biasanya dibuat dari bahan kayu agar menyatu dengan alam dan kayu dipercaya mampu digunakan karena dapat mengikuti perubahan cuaca

Akan tetapi kelemahan dari kayu adalah tidak tahan terhadap air yang menyebabkan proses pelapukan lebih cepat. Kayu memiliki pori-pori yang dapat meyerap air hujan dan menyimpan di dalamnya.

Ini Dia Finishing Kayu Tahan Air Yang Sangat Dicari - FINISHING KAYU TAHAN AIR - WATERBASECOATING

Kayu yang basah cepat patah, cepat busuk dan cepat rusak. Sedangkan jika Anda menggunakan material besi akan menimbulkan karat yang membahayakan kesehatan. Karat menyebabkan penyakit tetanus. Kayu membutuhkan finishing kayu tahan air agar dapat diletakan pada luar ruangan dengan baik.

Hasil finishing memberikan banyak manfaat tidak hanya mencegah pelapukan tetapi juga melindungiu kayu dari serangan rayap, membuat kayu lebih tahan lama dan juga membuat penampilan furniture lebih menarik.

Banyak cara yang bisa dialakukan untuk finishing. Dalam artikel ini akan dijabarkan mengenai cara menjaga kayu agar tahan air.

Tips Membuat Furniture Tahan Air

Ini Dia Finishing Kayu Tahan Air Yang Sangat Dicari - TIPS AGAR FURNITURE OUTDOOR TAHAN LAMA - WATERBASECOATING

Bagi setiap orang banyak yang menginginkan agar mendapatkan furniture yang awet dari berbagai gangguan seperti rayap, perubahan cuaca, kelembapan dan juga tahan berpenampilan menarik. Dari kelebihan tersebut dibutuhkan perawatan dengan finishing kayu tahan air yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan acuan agar furniture outdoor lebih tahan lama.

  1. Mengoleskan minyak seperti minyak walnut, biji rami, atau tung keseluruh permukaan furniture kayu. Pastikan permukaan kayu kering dan bersih dari kotoran atau minyak Permukaan yang kotor akan membuat minyak sulit menyerap ke dalam kayu. Ampelas permukaan furniture hingga pori-pori kayu terbuka, kemudian aplikasikan menggunakan kain katun bersih dan kering. Gosok ke seluruh permukaan kayu. Tunggu minyak meresap ke dalam kayu.
  2. Melapisi kayu dengan pewarna minyak tahan air. Pewarna yang dimaksudkan adalah cat yang memberikan warna natural transparan berbasis minyak. Dapatkan cat minyak yang mampu digunakan untuk furniture outdoor karena kemampuannya berbeda dengan cat di dalam ruangan. Amplas permukaan kayu dan oles menggunakan kuas pewarna kayu keseluruh permukaan furniture kayu. Lakukan beberapa lapisan hingga semua pori-pori kayu tertutup benar dan tunggu kering.
  3. Melapisi kayu dengan cat water based. Finishing kayu tahan air yang dilakukan di sini adalah menggunakan produk cat water based cat air untuk kayu dengan finishing close pore. Pilih warna natural transparan dan lakukan finishing bisa menggunakan kuas atau alat semprot. Aplikasikan cat kayu tahan air ini sesuai cara pemakaian yang tertera pada label.

Finishing Kayu tahan Air Bukan Sekedar Memberikan Cat

Jika dari tiga tips diatas, cara yang paling mudah adalah menggunakan cat water based. Jika Anda membeli produk minyak terkadang agak sulit dan aplikasi minyak harus teliti agar minyak meresap benar ke dalam pori-pori kayu. Sedangkan untuk pewarna minyak atau sering dikenal dengan cat solvent memiliki kelemahan yang tidak baik untuk kesehatan. Pilihan terbaik jatuh pada tips nomor tiga yaitu menggunakan cat water based.

Ini Dia Finishing Kayu Tahan Air Yang Sangat Dicari - CAT WATER BASED - WATERBASECOATING

Cat water based sendiri memiliki kelebihan dibandingkan bahan cat lainnya. Dengan keamanan kesehatan yang paling utama cat hanya membutuhkan bahan pencampur air saja. Akan tetapi kelebihannya bisa dilakukan untuk finshing kayu tahan air baik furniture dalam ruangan atau furniture luar ruangan.

Kelengkapan finishing tersebut ada pada merk cat kayu Biovarnish. Dengan finishing close pore, cat Biovarnish membantu menutup pori-pori kayu dan tahan terhadap air hujan sehingga tidak mempercepat proses pengeroposan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here