cat-untuk-furniture
Hasil finihsing kayu yang bagus dan tahan lama ditentukan oleh bahan cat kayu

Hasil finihsing kayu yang bagus dan tahan lama ditentukan oleh bahan cat kayu yang digunakan seperti cat water based yang memiliki banyak keunggulan.

Jika Anda akan melakukan finishing pada furniture hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah jenis cat yang akan digunakan. Ada dua jenis hasil finishing yang diklasifikasikan menjadi finishing transparan (natural) dan finishing non transparan (opaque color).  Dari kedua jenis finishing tersebut yang paling banyak diminati adalah finihsing natural transparan. Banyak jenis bahan cat yang digunakan untuk finishing furniture kayu pada saat ini mulai dari oil, cat melamin, PU (Polyurethane), NC (Nitrocellulose), water based. Dari kelima jenis bahan tersebut, cat melamin dan cat water based yang sangat sering digunakan dan sedang trend.

cat-untuk-furniture
Hasil finihsing kayu natural yang bagus dan tahan lama ditentukan oleh bahan cat kayu

Cara finishing kayu natural ditentukan dari berbagai faktor mulai dari jenis kayu dan jenis bahan finishing atau cat yang digunakan. Cat melamin dan cat water based memiliki kelebihannya masing-masing ketika digunakan untuk bahan finishing. Oleh karena itu sebelum memilih bahan cat yang tepat untuk finishing perlu dipahami kelebihan dan kekeurangan masing-masing bahan tersebut baik dari cat melamin atau cat water based.

Cat Water Based VS Cat Melamin

Kedua cat untuk finishing kayu yang bagus yaitu cat melamin dan cat water based memiliki kelebihan dan persamaan. Berikut ini hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih keduanya:

  1. Bahan dasar. Cat melamin terbuat dari resin melamin sedangkan cat water based berbasis air sebagai bahan pembuatnya.
  2. Bahan pencampur. Bahan pencampurnya sangat berbeda cat melamin membutuhkan thinner dan hardener sedangkan cat water based hanya membutuhkan air saja sebagai bahan pencampurnya.
  3. Cara aplikasi. Baik cat melamin dan cat water based dapat digunakan dengan kuas atau alat semprot.
  4. Hasil finishing. Baik cat melamin dan cat water based memberikan hasil finishing close pore(nemnutup pori-pori kayu secara keseluruhan).
  5. Keduanya bisa diaplikasikan pada semua media kayu dan juga serat alam lainnya seperti rotan dan bambu.
  6. Cat melamin hanya digunakan pada furniture indoor karena tidak tahan panas dan matahari. Cat water based dapat digunakan pada furniture outdoor dan indoor karena tahan terhadap perubahan cuaca.
  7. Cat melamin memiliki bau yang menyengat sedangkan cat water based tidak memiliki bau yang menyengat.
  8. Cat melamin lebih murah tetapi perlu diperhatikan Anda harus membeli thinner dan hardener sebagai bahan pencampurnya sehingga akan membutuhkan budget yang lebih. Cat water based memiliki harga yang sesuai dengan kualitasnya dan hanya membutuhkan bahan pencampur air tanpa Anda harus mengeluarkan uang lebih.

Setelah mencermati keenam perbandingan diatas, bahan finishing kayu yang bagus tentu saja ada pada cat water based. Dari segi harga, bahan pembuatnya yang hanya air, hingga menghasilkan finishing kayu yang bagus baik untuk furniture indoor atau outdoor.

Finishing Kayu Yang Bagus Dengan Cat Water Based

Cat kayu water based adalah cat kayu tanpa thinner yang disamping akan lebih murah biaya produksinya, juga lebih aman bagi kesehatan. Jika Anda akan menggunakan cat kayu water based sebagai bahan finishing kayu maka merk yang tepat adalah Biovarnish. Dari semua merk cat water based, cat kayu Biovarnish memiliki banyak keunggulan baik dari sisi tarikan kuas yang ringan serta pilihan warna yang lengkap. Warna tajam dengan trasnparansi bagus akan memberikan finishing kayu yang bagus dengan mengangkat warna serat kayu. Misalnya saja kayu jati Anda bisa menggunakan warna plitur kayu jati yang bagus seperti walnut brown atau warna jati.

Formula yang terdapat di dalam cat kayu Biovarnish akan memberikan finishing close pore sehingga mampu menjaga kayu agar tidak menyerap kelembapan dan melindungi kayu dari paparan panas mantahari. Segera dapatkan cat water based Biovarnish dengan menghubungi costumer service di nomor 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here