Cat Kayu Water Based

Membuat hanging shelf sendiri termasuk finishingnya bisa mengandalkan cat kayu waterbased yang memiliki tampilan natural sehingga terlihat menarik.

Cat Kayu Water BasedJarang terdapat furniture yang fleksibel baik digunakan di segala tempat dan juga mudah untuk disimpan. Kebanyak furniture pasti sulit untuk dipindahkan baik itu karena beratnya dan juga membutuhkan ruang yang cukup luas. Hanging shelf merupakan salah satu jenis furniture yang tidak membutuhkan banyak space atau ruang. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Hanging shelf dapat diletakan di berbagai ruangan seperti kamar mandi, kamar, ruang tamu atau ruang keluarga. Peletakannya digantung sehingga tidak membutuhkan space luas.

Finishing hanging shelf dilakukan pada papan kayu yang menggantung. Finishing harus dilakukan dengan cat kayu yang berkualitas terbaik seperti cat kayu water based. Jenis cat ini mudah dicampur hanya dengan air saja dan mudah diaplikasikan yaitu dengan kuas saja. Jadi untuk menciptakan hanging shelf baik konstruksi dan finishingnya bisa dilakukan dengan mudah.

Make Your Hanging Shelf

Hanging shelf merupakan salah satu furniture yang memiliki keunikan tersendiri. Tidak semua bagiannya memanfaatkan kayu tetapi memadukan antara papan kayu dengan tali tambang. Anda tidak perlu memesan hanging shelf di tukang kayu atau mungkin harus membayar mahal karena Anda hanya membutuhkan alat-alat sederhana untuk menciptakan hanging shelf. Berikut ini beberapa langkah mudahnya.

Bahan yang perlu disiapkan:

  • Siapkan papan kayu baik kayu gergajian atau kayu lapis dengan ukuran 40cm X 25 cm.
  • Tali tambang sepanjang 3 meter
  • Bor listrik
  • Cat kayu water based
  • Kuas halus
  • Air bersih

Pembuatan:

Pertama-tama lakukan pelubangan pada bagian ujung papan kayu dengan bor. Lubang harus bisa dimasuki oleh tali tambang tetapi juga jangan terlalu besar. Lubang juga harus memiliki jarak yang sama antara satu dengan yang lainnya agar papan bisa menggantung seimbang. Lakukan proses finishing terlebih dahulu. Campurkan cat kayu water based dengan air dan aduk hingga merata. Oleskan cat pada seluruh permukaan kayu hingga rata dan keringkan tanpa dijemur di panas matahari cukup diangin-anginkan saja. Setelah kering jika belum mendapatkan warna yang diinginkan dapat diiulangi lagi hingga warna tajam yang diinginkan keluar. Semakin tebal lapisan cat warna yang dihasilkan semakin gelap. Setelah papan selesai di finishing masukan tali tambang pada semua lubang dan ikat pada bagian bawah lubang agar papan bisa menggantung.  Atur tali sehingga terdapat sisa banyak pada bagian atas untuk menggantung. Jika sudah selesai dan dirasa belum seimbang lakukan pengukuran keseimbangan papan kayu dengan water pass. Jika sudah seimbang gantung hanging shelf di tempat yang sudah disiapkan.

Cat Kayu Water Based

Warna Tepat Cat Kayu Water Based

Dalam finishing hanging shelf ini maka warna natural kayu sangatlah cocok. Perpaduan antara warna cokelat kayu dan juga warna tali tambang akan memberian nuansa dekat dengan alam, kesan vintage dan juga kesan alami. Maka cat kayu water based yang cocok dipilih warna natural. Jika memungkinkan pilih kayu yang berwarna cokelat muda senada dengan warna tali tambang. Warna natural juga harus dipilih yang memiliki transparansi tinggi misalnya saja cat kayu Biovarnish. Cat kayu Biovarnish adalah cat dengan lapisan film kuat dan transparansi bagus. Serat kayu akan terlihat jelas dan menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here