Bagi Anda yang mendambakan perabot pada hunian indah dan nyaman digunakan membutuhkan tampilan dari cat kayu yang baik. Sebelum memilih cat yang benar, hendaklah kita mengetahui fungsi dari cat atau fungsi pernis kayu ini. Bahan kimia yang melapisi furniture memiliki dua fungsi utama yaitu untuk mewarnai kayu serta melindungi kayu.

Dari sisi warna Anda tentu sudah paham karena warna akan mennetukan tampilan dari furniture. Bisa berwarna asli kayu (trasnparan) atau menutup warna asli kayu (solid).

Selain dari tampilan, cat juga berfungsi untuk melindungi kayu dari berbagai hama dan perubahan cuaca. Kayu merupakan material yang mudah lapuk karena kelembapan udara yang diserap melalui pori-pori dan juga hama seperti jamur maupun serangga. Dari sisi tersebutlah pentingnya cat kayu digunakan pada semua furniture.

Cara Memilih Cat Kayu Yang Benar Untuk Finishing Furniture

cat-kayu

Jika Anda sudah mengetahui fungsi dari cat pada furniture, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan memilih cat. Berbagai macam cara digunakan untuk memilih cat kayu yang benar untuk memenuhi fungsinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam memilih cat:

  1. Tentukan jenis perabotan yang akan di cat. Tidak semua perabotan menggunakan jenis cat yang sama. Bedakan furniture yang sering terkena gesekan misalnya kursi berbeda dengan cat yang akan digunakan pada lemari. Untuk kursi yang sering terkena gesekan pilih cat yang kuat terhadap heavy duty. Sama halnya dengan furniture yang berada pada luar ruangan (outdoor) dan dalam ruangan (indoor). Jika furniture pada luar ruangan pilih cat yang kuat terhadap perubahan cuaca karena akan berinteraksi langsung dnegan panas dan hujan.
  2. Tingkat transparansi yang dihasilkan. Bagi Anda yang menyukai warna kayu asli maka membutuhkan cat yang memiliki lapisan film kuat dan tarnsparansi yang jelas. Misalnya saja serat pada kayu jati yang indah akan terlihat jika menggunakan cat kayu berwarna walnut brown.
  3. Cara aplikasi cat. Terdapat dua jenis cara aplikasi yaitu sistem spray dan sistem kuas. Bagi Anda yang ingin melakukan sendiri di rumah bisa menggunakan kuas. Hasilnya tidak kalah baik dengan sistem spray bahkan lebih mudah karena tidak membutuhkan listrik maupun alat khusus.
  4. Pemilihan warna cat. Warna cat terdapat dua jenis yaitu solid dan juga transparan. Warna solid adalah warna warna yang menutup warna asli kayu seperti biru, kuning, merah, dll. Kembali lagi pada tingkat transparan jika Anda menghendaki warna kayu asli pilih cat yang berwarna walnut brown.
  5. Pilih cat yang aman. Setelah memilih cat berdasarkan aplikasi, warna dan jenis furniture yang akan digunkana maka hal yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah kandungan yang terdapat pada cat. Pilih cat water based yang hanya membutuhkan campuran air. Cat water based sendiri dipilih karena tidak mengandung zat berbahaya seperti timbal, formalin atau merkuri.

Produk Cat Kayu BioVarnish Tepat Untuk Segala Jenis Furniture

cat-kayu-BioVarnishFungsi dan cara memilih jenis cat kayu telah dijabarkan pada paragraf sebelumnya, maka saatnya Anda menentukan cat mana yang akan Anda gunakan pada furniture. Pilihan yang baik tentunya memenuhi warna yang sesuai, cara aplikasi yang mudah, kuat digunakan untuk indoor maupun outdoor dan cat yang aman. Cat kayu tersebut terdapat pada cat BioVarnish. Semua syarat pemilihan cat yang benar terdapat dalam BioVArnish. Jika Anda menginginkan cat yang aman, BioVarnish memenuhi standar regulasi ECHA dan US EPA sehingga tidak mengandung zat kimia berbahaya serta rendah VOC (Volatile Oragnic Compound).

Aplikasi sangatlah mudah karena hanya membutuhkan kuas dan campuran air.  Anda bahkan bisa mengerjakan kapan saja karena tidak tergantung panas matahari agar cat cepat kering. Warna walnut brown yang sangat cocok digunakan pada berbagai jenis kayu memiliki transparansi yang tinggi dengan tampilan glossy. Anda bisa menggunakan cat BioVarnish baik untuk inddor mapupun outdoor karena tahan terhadap perubahan cuaca. Jika Anda ingin segera menyelesaikan proses finishing di rumah hubungi costumer service via telepon, WhatsApp (WA) dan sms ke no. 0878-3934-6433 atau 0822-2026-5056. Jangan sampai Anda salah memilih cat kayu untuk kebutuhan finishing furniture di rumah Anda.

baca juga : tips dan trik finishing cat duco

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here