Finishing Kayu Mengkilap

Melakukan teknik finishing kayu mengkilap membutuhkan persiapan yang penting. Lakukan finishing kayu dengan cara yang benar dan cat yang tepat.

Finishing adalah langkah akhir memberikan lapisan pada suatu mebel. Proses finishing sendiri dilakukan secara bertahap mulai dari bahkan memberikan lapisan cat secara berulang. Ada beberapa cara yaitu dengan kuas, dengan spray dan juga dioles dengan cara bal (mengoles permukaan dengan kain). Cara yang paling cepat adalah sistem spray dan cara lebih detil adalah dengan kuas. Jika menggunakan sistem bal akan membutuhkan waktu yang lama terlebih jika permukaan mebel sangat luas.

Finishing kayu mengkilap yang bagus biasanya membutuhkan permukaan kayu yang rata. Cacat tekstur pada kayu harus diperbaiki menggunakan dempul kayu yang berfungsi mengisi cacat tekstur. Setelah menggunakan dempul, Anda tinggal memilih warna cat sesuai dengan warna kayu yang diinginkan. Aplikasikan dengan kuas agar bagian sulit bisa terjangkau seperti pada bagian siku. Bagian terpenting adalah memberikan tampilan gloss agar mengkilap. Pilih tingkat gloss yang mencapai 80%. Maka tingkat mengkilap pada permukaan mebel akan terlihat dangan baik.

Finishing Kayu Mengkilap

Persiapan Yang Harus Dilakukan

Sebelum melakukan finishing banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari pemilihan jenis kayu hingga tingkat kebersihan dan tingkat kering kayu. Hal ini tidak bisa dianggap remeh karena jika tidak memperhatikan kondisi bahan baku, proses finishing bisa terhambat dan hasilnya tidak akan maksimal. Dibawah ini beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menciptakan finishing kayu mengkilap:

  1. Memilih kayu, dalam pemilihan Anda dituntut untuk lebih selektif. Tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk menghasilkan mebel mengkilap, bersih dan menarik. Hindari kayu yang memiliki banyak keretakan, bekas blue stain dan banyak mata kayu. Jika banyak jamur blue stain maka warna kayu sendiri juga akan banyak bercak. Jika kayu retak maka ketika dipotong akan mudah pecah sedangkan mata kayu memiliki tingkat keras tinggi sehingga sulit untuk dipotong.
  2. Memilih kertas amplas, di sini Anda harus memilih jenis kertas amplas yang tepat sesuai dengan permukaan kayu. Untuk jenis kayu yang keras, amplas harus tidak mudah rontok. Kertas amplas halus bukan berarti berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu tetapi kertas amplas dipilih berdasarkan grit. Potong serta kayu kasar dengan kertas amplas no. 80/100, jika menggunakan grit 220/240 sudah mulai pengamplasan agar garis-garis kasar tidak terlihat lagi. Sedangkan untuk pengamplasan lapisan cat bisa menggunakan no. 400.
  3. Cara mengamplas, teknik mengamplas tidak bisa sembarangan karena harus melihat apakah permukaan kayu sudah lembut atau belum. Mengamplas permukaan kayu untuk melanjutkan lapisan cat. Gunakan kayu berukuran 80X40X20 mm sebagai klos amplas agar tangan Anda tidak terluka gores pada saat pengamplasan. Amplas yang benar adalah serah serat kayu.
  4. Menghilangkan bekas lem dan debu. Material yang kotor akan menghasilkan finishing yang kotor juga. Hilangkan bekas lem dan debu terutama pada sudut-sudut atau siku konstruksi. Lakukan pengamplasan dengan sangat hati-hati. Bersihkan debu sisa samplas dengan menggunakan lap bersih yang kering. Jika permukaan kayu sudah bersih Anda bisa langsung memulai proses finishing kayu mengkilap.

Salah Satu Faktor Penting Dalam Finishing Kayu Mengkilap

Jika Anda menanyakan apa faktor paling penting dalam finishing? Jawabannya adalah jenis cat yang digunakan. Pemilihan jenis cat tentu saja berperan penting. Warna dari setiap merk cat akan berbeda satu sama lainnya beserta kualitasnya. Pilihlah cat dengan tingkat fleksibiltas yang tinggi, karena cat dengan fleksibilitas tinggi mampu bertahan pada perubahan cuaca. Cat pun tidak akan mudah pudar termasuk kadar glossy yang menempel.

Sebagai contoh cat kayu Biovarnish memiliki tingkat glossy hingga 80% dan fleksibilitas tinggi.  Pilihan warna natural pun lengkap Anda bisa memilih warna sesuai dengan kebutuhan kayu. Dapatkan segera finishing kayu mengkilap dengan cat kayu Biovarish yang sudah pasti memuaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here