Cat Kayu Tahan Air

Kebanyakan furniture outdoor harus menggunakan cat kayu tahan air karena memberikan nilai estetika serta perlindungan yang tepat.

Pernis atau vernis adalah salah satu bahan finishing yang paling sering digunakan dari zaman dahulu hingga sekarang. Saat ini terdapat banyak jenis pernis yaitu merk dan fungsinya masing-masing. Pernis kayu yang bagus akan memberikan warna natural transparan ada furniture. Dengan pernis kayu bening ada banyak hal yang bisa didapatkan yaitu :

  1. Warna kayu, kayu memiliki berbagai warna cokelat yang berbeda hingga putih. Dengan cat yang transparan warna asli kayu dapat terlihat apik dan dipertajam.
  2. Memberikan tekstur. Bahan finishing terutama pernis kayu yang bagus akan memperlihatkan tekstur dari kayu. Misalnya saja memberikan tampilan gloss maka tekstur kayu yang bergelombang dapat terlihat baik.
  3. Bentuk serat. Kayu memiliki bentuk serat yang berbeda setiap jenisnya bahkan dipastikan tidak ada yang sama. Serat kayu inilah yang merupakan ciri kayu yang harus diekspose.
  4. Lingkaran tahun, kayu yang memiliki umur lama maka pasti akan memiliki lingkaran tahun yang unik. Lingkaran ini sebaiknya diperlihatkan dengan warna kayu transparan.

Cat Kayu Tahan Air

Dalam dunia finishing, cat kayu tahan air dicari karena kayu memiliki pori-pori yang sangat cepat menyerap kelembapan terlebih pada furniture outdoor. Finishing dengan cat yang menutup pori-pori kayu ini disebut dengan finishing close pore. Seluruh permukaan pori-pori kayu ditutup dengan filler berbentuk padat yang sering disebut dengan dempul kayu.

Produk Cat Kayu Tahan Air Untuk Finishing Warna Natural

Jika Anda akan melakukan finishing close pore system maka ada banyak yang harus diperhatikan seperti produk apa saja yang harus digunakan. Dalam melakukan finishing ini ada tiga produk atau bahan cat kayu tahan air yang harus digunakan terbagi seperi di bawah ini:

  1. Wood Filler, seperti yang sudah dipaparkan sekilas di atas bahwa dalam menutupi pori-pori kayu dibutuhkan filler atau sering disebut dengan dempul. Pori-pori kecil pada permukaan kayu akan ditutup dengan baik oleh wood filler. Tidak hanya itu bahkan cacat pada tekstur kayu seperti cekungan dapat diisi dengan dempul triplek atau kayu terbaik ini. Aplikasinya pun mudah, karena dempul berbentuk padat Anda bisa mengoleskan pada bagian cekung atau ke seluruh permukaan kayu secara merta untuk menutup pori-pori menggunakan pisau pallet. Lalu tunggu kering.
  2. Wood Stain, proses staining adalah proses pengecatan. Memberikan warna pada kayu adalah salah satu cara untuk memenuhi tujuan pewarnaan kayu. Wood stain adalah pilihan warna natural transparan sehingga serat kayu dapat terlihat. Terdapat berbagai macam jenis warna wood stain seperti warna jati, warna yellow teak, mahoni, walnut brown, dark brown, dan lain sebagainya tergantung jenis kayu dan kebutuhan tampilan furniture. Cara aplikasinya bisa memilih antara kuas,semprot, dipping, wipping, roller sesuai kebutuhan.
  3. Clear Coat, pada tahapan akhir ini fungsi cat adalah memberikan tampilan seperti gloss, semi gloss, death matt, matt atau doff. Clear coat berbentuk cairan bening tetapi memiliki efek tingkat kilau berbeda. Cara menggunakan paling mudah adalah dengan dikuas atau disemprot. Untuk mendapatkan hasil terbaik, furniture yang sudah diaplikasikan clear coat didiamkan selama semalaman agar kering benar dan cat mengeras.

Cat Kayu Tahan AirFungsi cat kayu tahan air di sini tentu akan menghalau gangguan luar dan melindungi furniture dari luar. Maka pemilahan cat kayu harus weather resistance, water resistance, tahan gores, aman dan ramah lingkungan. Untuk teknik aplikasi harus disesuaikan dengan kemampuan Anda, gunakan kuas karena memiliki harga yang murah tetapi hasilnya juga memuaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here