Kemajuan teknologi yang menciptakan cat kayu water based akan berdampak positif bagi manusia dan lingkungan serta memajukan peradaban manusia.

Tahukan Anda perkembangan teknologi berperan penting bagi manusia? Kemajuan teknologi diciptakan unutk memenuhi berbagai kebutuhan manusia seperti memudahakan atau mempercepat proses pekerjaan manusia, melestarikan lingkungan serta memajukan peradaban manusia menjadi lebih baik. Dari ketiga fungsi teknologi tersebut Anda bisa memilih teknologi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satunya adalah perkembangan produk cat dari cat solvent menjadi cat water based.

Cat solvent yang sudah sejak lama digunakan oleh banyak pengrajin kayu masih sering digunakan saat ini. Akan tetapi perlahan tapi pasti cat kayu water based sudah mulai menggeser peranan cat solvent dalam industri olahan kayu. Maka sebaiknya mulai saat ini beralihlah menggunakan cat water based.

6 Kelebihan Cat Katyu Water Based

Jika berbicara menenai cat solvent maka hal pertama yang terbesit adalah baunya yang menyengat. Bau tersebut menandakan bahwa cat solvent mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh. Lalu bagaimana jika Anda gunakan terus menerus? Lama kelamaan penyakit berbahaya seperti kanker akan terbentuk di dalam tubuh Anda. Selain itu juga setelah penggunaan bau menyengat pada furniture juga lama hilangnya. Anda tentu tidak ingin penyakit tersebut terjangkit pada tubuh Anda maupun anggota keluarga yang lain.

water-based-paint-vs-solvent-based-paint
Water based paint VS Solvent based paint

Berikut ini enam kelebihan dari cat kayu water based yang bisa Anda pahami sebelum menentukan cat mana yang akan Anda gunakan.

  1. Kelenturan film. Dari kelenturan film ini cat water based tidak mudah tergores sehingga Anda tidak perlu khawatir akan cat yang mudah mengelupas.
  2. Lapisan warna cat water based sangat cerah bahkan cat naturalnya memiliki transaparansi yang baik.
  3. Tahan cuaca. Cat kayu yang baik tentu tahan terhadap cuaca seperti cat water based. Anda tidak perlu khawatir akan cat yang memudar pada furniture outdoor.
  4. Tidak Berbau. Cat water based tidak memiliki bau karena bahan dasar air dan bahan pencampur air yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Anda tidak perlu takut lagi akan kesehatan Anda.
  5. Cepat kering. Teknologi cepat kering ini memudahkan Anda untuk mempercepat proses produksi. Berbeda dengan cat solvent yang sangat bergantung pada panas matahari agar cat cepat kering.
  6. Memasuki pasar ekspor. Pasar furniture luar negeri sangat mementingkan kesehatan manusia. Cat water based yang memilki standar keamanan sangat mudah bagi industri Anda untuk memasuki pasar ekspor.

Membandingkan Cat Kayu Water Based Dengan Cat Solvent

kelebihan cat water based
kelebihan cat water based

Kelebihan yang banyak dimiliki oleh cat kayu water based akan menjadi pertimbangan lebih bagi Anda sebelum memilih produk cat yang akan digunakan. Masih ada satu lagi kelebihan yang bisa Anda pertimbangan yaitu masalah biaya.  Dari segi biaya jika Anda melihat harga cat solvent satu kilo dibandingkan cat water based satu kilo akan lebih murah cat solvent. Tetapi Anda harus lebih cermat dalam mempertimbangkannya.

Misalnya saja Anda membeli satu kilo cat solvent berharga 60ribu dan Anda juga harus membeli bahan pencampur seperti spiritus dengan harga 22ribu per liternya. Padahal perbandingan bahan dengan bahan pencampur cat solvent adalah 1:4. Maka jika ditotal Anda membutuhkan budget 148 ribu untuk satu kilogram cat. Sedangkan jika Anda membei cat water based dengan harga hanya 70 ribu perkilonya tanpa membeli bahan pencampur karena Anda hanya membutuhkan air. Perbandingan pada cat water based adalah 2:1. Maka total biaya yang harus Anda keluarkan untuk satu kilo cat water based hanyalah 70ribu. Hal ini yang masih belum banyak disadari oleh banyak masyarakat.

Sebelum memilih cat sebaiknya pertimbangkan  dari semua aspek tersebut terlebih teliti sebelum mengeluarkan uang. Cat kayu water based memiliki banyak keunggulan dari semua aspek yang menjadikannya produk unggulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here