Pilihan cat kayu aman bisa dilihat dari kandungannya. Kandungan rendah VOC hanya terdapat pada cat kayu wate based.

Kesadaran masyarakat Indonesia akan cat yang aman dan ramah lingkungan saat ini masih rendah. Banyak masyarakat yang mencari kemudahan, praktis dan berharga murah. Tapi tahukah Anda bahwa jenis cat yang Anda gunakan memiliki kandungan VOC tinggi. Apa itu VOC? VOC adalah Volatile Organic Compound yang memiliki kandungan senyawa organik berbahaya. Senyawa tersebut merupakan zat yang mudah menguap di di dalam ruangan dan terdapat pada bahan kimia seperti cat.

Banyak para ahli mengatakan bahwa kandungan VOC lebih banyak ditemukan pada dalam ruangan. Bahkan mencapai 5 hingga 10 kali lipat daripada di luar ruangan. Sungguh mengerikan! Persebaran VOC yang melalui udara akan Anda hirup kemudian akan menimbulkan banyak penyakit. Salah satunya adalah sick building sydrom. Anda akan merasa tidak nyaman di dalam sebuah ruangan. Padahal tidak mungkin Anda tinggal di ruangan terus menerus bukan?

Kesadaran tersebut harus dibangun mulai sekarang dengan menggunakan produk cat kayu aman yang rendah VOC. Karena VOC sendiri sangat diperlukan pada sebuah produk cat. Maka Anda bisa memilih produk cat yang tidak mengandung banyak VOC. Meka cermati kadar VOC yang ada di dalam sebuah produk cat.

Jenis Cat Dengan Kadar VOC Tinggi

kadar VOC dalam catBanyak para ahi mengatakan bahwa tingakt keamanan dari sebuah produk cat kayu aman bisa dilihat dari proses pembuatannya. Baik itu dari bahan pembuatanya, proses pembuatannya dan pembuangan limbah yang tepat. Akan tetapi tidak mungkin Anda akan mendatangi pabrik cat satu persatu unutk melihat apakah produk yang dihasilkan aman dan ramah lingkungan. Sebelum memilih produk cat yang aman Anda harus memahami terlebih dahulu ciri-ciri apa saja yang terdapat pada produk solvent. Hal ini harus dipahami agar tidak salah membeli produk cat solvent lagi baik itu ada cat kayu, cat dinding dan juga cat besi.

Berikut ini hal yang perlu Anda ketahui untuk mengklasifikasikan merk apa saja yang tergolong pada cat solvent:

  1. Solvent merupakan salah satu kandungan VOC. Pentingnya solvent dalam sebuah cat adalah untuk menciptakan kekentalan yang pas untuk memudahkan proses produksi. Pilih cat yang bukan cat solvent.
  2. Bahan pencampur. Tidak semua cat memiliki bahan pencampur yang sama. Bahan pencampur yang memiliki tingkat VOC tinggi adalah thinner. Fungsi dari bahan pencampur sendiri adalah untuk mempermudah aplikasi baik untuk penguasan maupun penyemprotan.
  3. Cat dengan kandungan VOC tinggi memiliki bau yang sangat menyengat. Baik itu ketika Anda membuka kaleng cat begitu juga dengan setelah aplikasi. Media yang diaplikasikan akan memiliki bau menyengat dalam jangka waktu yang cukup lama. Ini akan membuktikan bahwa banyak senyawa VOC yang sedang menguap.
  4. Banyak cat yang tidak mengikuti standar luar negeri, Padahal standar luar negeri akan menentukan cat tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti timbal, merkuri dan formalin serta rendah VOC.
  5. Logo yang dimaksudkan adalah tulisan yang terdapat dalam kemasanan kaleng cat. Pada kemasana akan tertulis kadar VOC yang digunakan. Pilih cat dengan kadar VOC yang sangat rendah seperti 30%.

Jenis Cat Kayu Aman Dengan Kadar VOC Rendah

water-based-paint
water-based-paint

Setelah mengerti cat kayu apa saja yang mengandug ciri-ciri tinggi solvent Anda sudah bisa menentukan cat jenis apa yang akan digunakan. Ya benar sekali cat yang aman adalah cat water based. Cat ini bertolak belakang dengan cat solvent. Bahan yang digunakan adalah air sehingga rendah VOC, bahan pencampurnya pun adalah air. Untuk masalah bau. Cat berbasis air tidak memiliki bau menyengat baik ketika dibuka dari kaleng hingga setelah selesai proses aplikasi.

Untuk standar yang digunakan biasanya sudah mengikuti standar luar negeri baik di Eropa dan Amerika. Cat water absed juga pasti memberikan informasi produk pada bagian kemasan kaleng, Kadar VOC yang digunakan bisa Anda lihat juga pada bagian kemasan. Selamat Memilih cat kayu aman untuk furniture dan kenyamanan di rumah Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here