Spray Gun Airless

Melakukan finishing dengan hasil terbaik tergantung dengan alat yang Anda gunakan. Jenis-jenis spray gun dalam atikel ini akan membantu Anda.

Ada saat finishing apakah alat yang paling dibutuhkan? Tentu saja adalah alat aplikasi. Di dunia ini ada berbagai macam alat finishing bahkan hingga saat ini masih saja inovasi teknologi yang merancang alat untuk finishing. Pada saat ini terdapat beberapa alat komunikasi yang menjadi favorit yaitu roler coat, spray gun dan juga kuas. Ketiga jenis alat tersebut yang paling sering untuk digunakan. Jika menggunakan kaus memang lebih murah dan mudah didapatkan karena kuas dapat Anda beli melalui toko besi manapun. Sedangkan untuk jenis spray gun akan naik pada level yang agak lebih profesional. Dibutuhkan alat spray gun untuk aplikasi spray system ini. Bagi para penghobi kayu penggunaan spray gun ini lebih menarik karena lebih mudah, cepat dan juga memiliki hasil yang maksimal. Akan tetapi ada satu kelemahan dari penggunaan spray system ini adalah boros. Keborosan ini didapatkan karena tebal atau tipisnya permukaan yang akan di cat agak sulit diukur. Selain itu juga, keborosan diakibatkan dari banyaknya partikel cat terbuat atau terbawa angin.

Jenis-jenis spray gun pun ada sangat banyak. Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi spray system ini sebaiknya mencermati hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam aplikasi spray system ini. Apabila Anda akan memfinishing bidang material yang luas, Anda bisa menggunakan spray gun tertentu seperti airless spray gun yang lebih canggih dan juga lebih fleksibel untuk digunakan. Lalu jenis-jenis spray gun apa saja yang harus Anda ketahui? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Jenis-Jenis Spray Guy Pada Umumnya

Jika melihat dari jenis-jenis spray gun bahkan juga merk nya Anda bisa memilih jenis spray gun manakah yang tepat untuk digunakan. Bagi Anda yang ingin melakukan finishing dengan spray gun cermati pembagiannya berikut ini:

  1. Spray Gun HVLP

Jenis spray gun ini adalah memiliki tabung pada bagian atas. Untuk aplikasinya setelah cat sudah dimasukan maka tutup tabung harus ditutup agar cat tidak mudah tumpah ketika diaplikasikan. Spray gun ini disebut juga dengan high volume low pressure.  Untuk tekanan udara yang dihasilkan bisa mencapai 14.7 psi bahkan kurang. HVLP ini didesain untuk memiliki tekanan udara yang rendah sehingga pekerjaan finishing dengan jenis spray gun ini tidak bisa terlalu cepat. Tetapi keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah bahan finishing akan merekat dengan baik pada material kayu. Efisiensi menempelnya bahan finishing bisa mencapai 60% hingga 70%. Biasanya spray gun ini diaplikasikan untuk top coat, sealer base coat hingga primer.

  1. Spray Gun LVLP

jenis spray gunSpray gun ini adalah low volume low presure dan merupakn pengembangan dari HVLP. Spray ini dapat digunakan pada tekanan udara yang rendah atau sama dengan jenis tekanan pada spray lainnya. Keuntungan yang akan didapatkan dari spray gun ini dibanding dengan HVLP adalah dapat bekerja walaupun dengan viskositas yang tinggi dan bisa digunakan pada aplikasi sealer, top coat, dan base coat tetapi tidak cocok diaplikasikan dengan stain. Untuk atomisasinya tidak terlalu baik seperti HVLP sehingga untuk aplikasi top coat tidak disarankan menggunakan jenis spray gun ini. Untuk letak tabung cat terdapat pada bagian bawah.

  1. Spray Airless Gun

Spray Gun AirlessProses atomisasi spray gun ini adalah karena adanya tekanan finishing material dengan tekanan yang sangat tinggi sehingga cat akan keluar pada  lubang yang disebut dengan orrifice dan ukurannya sangat kecil. Tekanan yang tinggi ini biasanya mencapai 1000 psi (68 atm) sehingga mempermudah untuk arah pengecatn sesuai yang diinginkan. Untuk penempatan cat berada di tempat yang berbeda sehingga akan ada selang yang menghubungkan cat dan juga angin. Efisiensi cat yang menempel pada material dengan menggunakan jenis spray gun ini mencamapi 70%. Anda bisa menggunakan viskositas yang tinggi pada jenis spray gun ini dan dapat menghasilkan lapisan yang tebal tanpa gerakan yang banyak. Biasanya dilakukan untuk aplikasi base coat dan juga sealer.

  1. Spray gun air assited airless (air mixed) spray gun

Spray gun jenis ini adalah modifikasi dari airless gun yang proses atomisasi materialnya dibantu dengan aliran udara tekan.  Ketika material finishing akan dialirkan pada orrifice maka hasilnya adalah atomisasi yang lebih baik dibandingkan dengan airless gun. Spray gun mixed ini bagus untuk aplikasi sealer dan top coat.

Cara Aplikasi Spray System Yang Tepat

Jika Anda sudah mendapatkan jenis-jenis spray gun apa saja yang bisa digunakan maka selanjutnya adalah menggunakannya. Pilih spray gun yang sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian tentukan seperti apa bidang furniture yang Anda gunakan. Selalu ingat bahwa beberapa jenis spray gun tidak bisa memberikan kecepatan kerja yang cepat. Menggunakan spray gun memang membutuhkan latihan walaupun sebenarnya jika Anda menyukai pekerjaan di bidang finisnhing, aplikasi spray gun bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu mulai dari pengaturan takanan udara, pengaturan cairan yang akan keluar dari spray, viskositas bahan finishing dan masih banyak lagi. Pemahaman tersebut diperlukan juga untuk merawat penggunaan spray gun yang tepat. Lebih lengkapnya, Anda bisa memperhatikan langkah-langkah menggunakan spray gun berikut ini:

  1. Siapkan perlatan, jangan sampai Anda lupa membeli alat atau menyiapkan alat finishing yang digunakan karena tentu akan memakan waktu yang cukup lama. Persiapkan spray gun, material kayu yang sudah kering dan bersih bebas dari debu atau kotoran. Siapkan juga amplas untuk mengamplas.
  2. Siapkan produk finishing yang akan digunakan baik warna solid maupun warna natural. Jika Anda menginginkan warna solid yang sempurna, Anda bisa menggunakan BioColours. Sedangkan untuk warna natural Anda bisa menggunakan Biovarnish. Campurkan bahan finishing dengan bahan pelarutnya bisa air jika produk water based. Jangan lupa untuk mengaduk dengan rata.
  3. Persiapkan spray gun dan atur output tekanan air pada kompresor menjadi 26 psi atau sesuai dengan buku petunjuk pada mesin. Masukan cat pada tangki yang ada pada spray gun kemudian jangan lupa untuk ditutup agar cat tidak tumpah ketika proses aplikasi.
  4. Penyesuaian jumlah cairan yang keluar diatur pada knop yang ada pada spray gun. Putar searah jarum jam untuk mengecilkan jumlah cairan yang keluar dan putar berlawanan jika ingin memperbanyak cairan yang keluar.
  5. Aturlah tekanan angin yang akan masuk ke dalam spray. Atur dengan keinginan Anda hasil cat sepreti apa. Jika terlalu banyak maka akan menghasilkan seperti kabut dan bintik-bintik dan Anda akan boros dalam menggunakan cat. Apabila terlalu sedikit anginnya cat tidak akan keluar sempurna.
  6. Bidang luas semburan. Apabila memutar serah jarum jam maka semburan yang keluar akan kecil dan juga membesar jika diputar berlawanan arah jarum jam. Sebelum memulai aplikasi, selalu test cairan spray gun yang keluar pada bidang lain.

Selalu Pilih Cat Dengan Spray System

Pada saat memilih jenis-jenis spray untuk digunakan, Anda membutuhkan pengetahuan seperti apakah jenis spray yang ada. Kemudian Anda akan menyesuaikan dengan bidang dan hasil yang diinginkan. Lalu bagaimana memilih jenis spray gun yang sesuai untuk spray system? Memilih cat untuk spray system ini harus tepat karena juga salah satu cara untuk merawat spray gun. Cat yang bagus adalah cat water based dan untuk warna solid Anda bisa memilih BioColours, untuk warna natural bisa menggunakan Biovarnihs. Viskositas dari kedua jenis cat tersebut tergolong baik sehingga tidak ada penyumbatan pada nozzle. Selain itu yang paling penting dengan cat water based, memberishkan spray gun lebih mudah dibandingkan dengan cat yang lain.

Ingin mendapatkan produk Biovarnish atau BioColours? Segera dapatkan dengan memesan melalui costumer service di nomor 0822 1935 7399 atau 082219357640 invite juga pin BBM D69F376B. Untuk wilayah Cirebon Anda bisa mendatangi ke alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here