Wood filler kayu sering digunakan untuk memperbaiki kayu yang tidak dalam bentuk terbaik. Yang termasuk kayu dalam unsur-unsur kasar, seperti hujan atau salju yang sering mereka hadapi karena berada di luar. Bahkan sinar matahari dapat merusak kayu, jadi menggunakan wood filler kayu untuk memperbaikinya akan umum. Jadi di sini adalah apa yang perlu Anda ketahui tentang cara menggunakan wood filler kayu pada proyek luar ruangan seperti kusen jendela yang sering terkena perubahan cuaca terus menerus.

  1. Lindungi Kayu
Kegunaan Wood Filler Untuk Kusen Jendela Rusak Dan Cara Aplikasinya
Kusen jendela rusak akrena rayap.

Setelah Anda menggunakan wood filler kayu, Anda harus menggunakan pernis atau sealer tahan air. Jika tidak, Anda mungkin harus menggunakan sealer lebih sering daripada tidak. Oleh karena itu, Anda harus membuatnya tinggi di to do list Anda setelah Anda menggunakan wood filler kayu. Cara ini akan melindungi kayu dan wood filler.

  1. Pilih Satu Jenis

Anda akan melihat bahwa wood filler kayu memiliki banyak merk sekitar 3-5 jenis di pasar. Ada yang berbasis gel, tanah liat atau cair. Anda juga dapat menemukan beberapa jenis lain di pasaran, seperti serbuk kayu atau sejenisnya. Mereka akan bekerja dengan baik dengan benda-benda kayu yang akan tetap di luar, tetapi yang dasar tanah liat juga merupakan pilihan yang baik untuk jenis proyek ini. Jangan menggunakan lebih dari satu jenis dan pilih satu yang memiliki catatan terbukti bekerja dengan baik di luar ruangan.

  1. Mulai dari Bagian Kecil

Anda harus mulai dengan menggunakan filler kayu di area yang lebih kecil dan kemudian memperluasnya. Dengan cara itu seperti mengering; Anda dapat melihat bagaimana ia akan bereaksi dengan kayu dan bagaimana ia akan memperbaiki kerusakan. Beberapa tidak akan melakukan pekerjaan dengan baik, sementara yang lain akan melakukan di atas rata-rata. Juga, cobalah untuk tidak menempatkannya terlalu tebal atau bisa terlihat tidak rata atau tidak seimbang.

Sekali lagi, ini semua akan sangat bergantung pada jenis dan rumus apa yang Anda pilih untuk digunakan. Seiring berjalannya dan Anda terus mengawasinya, Anda mungkin perlu menyentuh itu. Terkadang mereka membutuhkan mantel penuh kedua atau ketiga, atau hanya sedikit sentuhan di sana-sini.

  1. Periksa Sementara Itu Dries

Saat mengering, Anda mungkin ingin melihatnya dan melihat apakah Anda perlu melakukan penyesuaian. Sebagai contoh, untuk memindahkannya agar tidak menempel ke tanah. Anda harus mengeringkannya di kayu dan tidak menempelkan dirinya ke tanah atau kertas yang telah Anda taruh.

  1. Amplas dan bersihkan dengan air

Setelah semuanya selesai dan kering, Anda mungkin ingin melindunginya dari kerusakan elemen lagi. Oleh karena itu, Anda harus pasir dengan kertas pasir dan kemudian cat pada pernis kayu tahan air. Sebagian besar wood filler kayu akan dapat memiliki pernis yang dicat di atasnya, tetapi selalu periksa kotak atau botol terlebih dahulu untuk melihat apa yang mereka katakan.

Ini pada dasarnya adalah semua yang perlu Anda ketahui tentang wood filler kayu untuk kusen jendela, tetapi seperti yang ditekankan sebelumnya bahwa Anda akan ingin mengikuti instruksi produk manufaktur yang paling penting. Selain itu, ini harus mencakup semua hal mendasar. Maka selalu perhatikan perintah yang terdapat pada kemasan produk wood filler yang digunakan. Perhatikan juga apakah aplikasinya membutuhkan produk pelarut atau tidak dan pastikan Anda menggunakan pelarut yang tepat.

Aplikasi Wood Filler Untuk Kusen Jendela Yang Mulai Lapuk

Pembusukan adalah musuh tetap pemilik rumah yang menggunakan kusen jendela kayu di bagian luarnya. Di luar, kayu terkena unsur-unsur, terutama kelembaban, dan dalam banyak kasus, akan ada saatnya ketika membusuk dan menghancurkan beberapa keindahan rumah. Sebelum menyebar ke seluruh bingkai jendela, Anda harus mengikuti langkah-langkah ini untuk memperbaikinya. Jika tidak kusen jendela kayu akan merusak lebih parah.

Langkah 1 – Periksa Luas Kerusakan

Kegunaan Wood Filler Untuk Kusen Jendela Rusak Dan Cara Aplikasinya
memeriksa kerusakan kusen jendela.

Sebelum memutuskan untuk memperbaiki bingkai jendela, pastikan bahwa itu dapat diperbaiki terlebih dahulu. Pastikan bahwa bagian yang membusuk belum menginfeksi bagian besar bingkai, karena jika lebih dari sepuluh persen kayu rusak, maka pilihan terbaik adalah mengganti seluruhnya. Namun, area busuk kecil dapat diperbaiki dengan menggunakan produk dempul atau bahkan hanya menggunakan wood filler saja.

Langkah 2 – Hapus Bahan Rotted

Untuk menghapus bagian-bagian kerangka jendela yang sudah lapuk, ambil pahat atau obeng flathead dan kautek sampai bagian-bagian yang sehat terungkap. Gunakan sikat untuk menggosok permukaan sesudahnya dan bersihkan puing-puing. Gunakan juga lap kering untuk membersihkan secara rata.

Langkah 3 – Lubang Pengeboran

Gunakan sedikit 1/4 inci untuk mengebor lubang ke kayu yang sehat yang tersisa; ruang mereka sekitar satu inci terpisah masing-masing. Ini akan memastikan bahwa wood filler memiliki pegangan yang aman ke kayu. Kemudian, pastikan untuk membersihkan bingkai untuk menyingkirkan debu dan kotoran sebelum melanjutkan dengan langkah selanjutnya.

Langkah 4 – Aplikasikan amplas

Anda mungkin mememukan lubang pada beberapa titik tidak hanya satu saja. Nah untuk menghaluskan area sebelum Anda mengaplikasikan wood filler maka amplas terlebih dahulu bagian cacat pada kayu tersebut menggunakan amplas kasar 240 grit. Amplaslah pada permukaan cacat, jika terdapat lubang kecil Anda bisa mengoreknya dengan obeng. Setelah pengamplasan selesai Anda bisa mengelap dengan kain bersih.

Langkah 5 – Terapkan Wood Filler

Kegunaan Wood Filler Untuk Kusen Jendela Rusak Dan Cara Aplikasinya
Aplikasi wood filler pada kusen kayu dengan pisau palet.

Wood filler akan mengisi lubang pada cacat kusen jendela. Jika Anda mendapatkan lubang jendela terlalu dalam campurkan dengan serbuk kayu yang halus kemudian Anda bisa menempelkannya pada lubang kusen yang dalam menggunakan pisau palet. Namun apabila permukaan hanya bergelombang dan cacat tidak dalam Anda bisa langsung mengisi dengan wood filler saja dengan pisau palet. Tunggu wood filler hingga benar-benar mengering sesuai dengan instruksi kemasan.

Langkah 6 – Siapkan Bingkai Jendela untuk Pengecatan

Gunakan amplas kasar untuk menyamakan wood filler yang mengeras dengan bingkai jendela. Pergi ke permukaan dengan amplas halus kemudian untuk menciptakan permukaan yang lebih halus. Bersihkan debu dan kotoran dengan lap sekali lagi untuk memastikan tidak ada yang mengganggu pekerjaan cat Anda.

Langkah 7 – Cat

Pastikan ketika mengecat ulang bingkai jendela Anda bahwa Anda memilih materi yang disediakan untuk penggunaan luar ruang. Mencegah pembusukan di masa depan dimulai di sini; cat interior tidak bisa tahan terhadap keausan yang disebabkan oleh cuaca, kelembaban, dan paparan sinar matahari, dan cat akan mulai mengelupas dan retak, meninggalkan kayu yang mendasarinya rentan. Cat eksterior yang bagus akan memastikan kayu yang sehat dan wood filler yang Anda tambahkan tetap terlindungi.

Pilih warna yang cocok dengan bingkai jendela eksterior lainnya, atau beli cat yang cukup sehingga Anda dapat mengecat ulang semua jendela Anda untuk tampilan yang konsisten. Letakkan potongan-potongan pita pelukis di samping bingkai untuk melindungi kaca, dan kemudia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here