furniture-jati-belanda-bioColours

Jenis kayu lunak seperti kayu jati belanda saat ini sedang naik daun, untuk urusan finishing serahkan saja pada produk merk cat kayu yang bagus BioColours.

Apa saja jenis kayu yang saat ini diminati oleh banyak masyarakat? Indonesia sebagai salah satu negara terkenal dengan hutan tropis menghasilkan banyak jenis kayu salah satunya adalah kayu pinus. Jenis pohon pinus paling mudah ututk tumbuh dan paling cepat tumbuh. Oleh karena itu jenis kayu pinus ini sangat banyak stoknya dan harganya tidak terlalu mahal. Selain kayu pinus ada juga jenis kayu jati belanda dan bukan berrati kayu ini berasal dari kayu jati di belanda. Sebenarnya jenis kayu belanda adalah jenis kayu pinus bekas peti kemas. Jenis kayu pinus ini adalah pohon pinus yang tumbuh di luar negeri dan digunakan sebagai konstruksi peti kemas untuk mengirim barang ke Indonesia atau negara di Asia tenaggara. Kayu jati belanda ini sangat mudah ditemui terutama dalam bentuk pallet, harganya yang sangat murah membuat kayu ini banyak digunakan. Kayu jati belanda adalah jenis kayu lunak yang sangat mudah untuk diolah. Sehingga tidak heran jika para penghobi kayu pun menggunakan kayu jati belanda untuk berkeksperimen. Sayangnya kayu jati belanda yang termasuk jenis kayu lunak ini sangat mudah terserang rayap atau jamur, tetapi Anda jangan khawatir karena saat ini sudah ada obat BioCide yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Kayu jati belanda juga biasanya memiliki noda blue stain, noda ini akan terlihat sekali karena warna asli kayu jati belanda yang putih. Noda tersebut memang sulit untuk dihilangkan tetapi Anda bisa menyamarkannya dengan  White Agent 250.

Lalu bagaimanakah perlakuan finishing kayu jati belanda? Anda tidak perlu khawatir setelah Anda melakukan belaching kayu dengan White Agent 250 Anda bisa mengaplikasikan produk merk plitur kayu yang bagus. Walaupun sudah di bleaching serat kayu akan tetap terlihat jika Anda menggunakan White Agent 250. Pemberian produk merk plitur kayu yang bagus ini akan sangat membentuk kayu jati belanda terlindungi dari panas matahari dan kelembapan. Walaupun sebenarnya jenis kayu lunak seperti kayu jati belanda ini tidak akan mampu bertahan lama di luar ruangan, sehingga Anda sebaiknya menggunakannnya untuk di dalam ruangan saja. Kayu jati belanda memiliki serat yang halus, inilah mengapa jenis kayu jati belanda tidak tahan terhadap kelembapan yang tinggi. Jika kayu menjadi lembab akan tumbuh jamur dan mengundang rayap. Menghindari hal ini Anda harus menggunakan produk yang bagus dan berkualitas sebagai pelindung dari luar.

Wujudkan Warna Natural Coffee Table Dari Kayu Jati Belanda

Mengingat jenis kayu jati belanda yang lunak ini maka Anda harus segera melakukan finishing setelah furniture selesai dibentuk. Anda bisa memulainya dengan membuat coffee table misalnya. Coffee table akan tampak unik bila Anda membuatnya dari pallet kayu jati belanda dan membentuknya seperti sebuah box. Lalu Anda bisa melakukan finishing warna natural untuk memperlihatkan serat kayu jati belanda. Untuk langkah-langkah mudahnya Anda bisa menggunakan produk merk plitur kayu yang bagus BioColours seperti di bawah ini:

furniture-jati-belanda-bioColours

Siapkan alat dan bahan:

  • Spray gun, gelas plastik, pisau pallet, amplas alumunium oxide no. 240 dan 400, Air, Wood Filler, BioColours Wood Stain Indoor (WSI) Walnut Brown, BioColours Sanding Sealer, BioColours Clear Coat Gloss.

Cara Aplikasi :

  • Coffee table yang sudah siap finishing yaitu kering dengan MC 12%, bersih dari kotoran atau debu dan memiliki permukaan yang sudah halus. Lakukan pengamplasan etrlebih dahulu jika tekstur masih kasar.
  • Ratakan Wood Filler dengan pisau pallet dengan cara scrap ke seluruh permukaan kayu searah serat. Tunggu hingga kering 60 menit baru diamplas dengan kertas amplas no. 240. Amplas hingga serat kayu mulai terlihat dan permukaan coffee table lebih halus.
  • Campurkan dalam gelas plastik WSI Walnut Brown dengan air, 1 bahan : 1 air aduk hingga rata lalu masukan dalam tabung spray gun. Semprotkan ke seluruh permukaan coffee table secara merata. Tunggu coffee table hingga kering tanpa dijemur sinar matahari sekitar 30 menit.
  • Aduk hingga rata campuran Sanding Sealer dengan WSI Walnut Brown dan air perbandingan 4 : 1: 1 dalam gelas plastik. Semprotkan plitur ke seluruh permukaan lalu tunggu kering hingga 60 menit tanpa dijemur.
  • Aduk rata Sanding Sealer yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aplikasikan dengan spray gun ke seluruh permukaan coffee table kembali dan tunggu kering sekitar 60 menit. Setelah kering lakukan pengamplasan dengan kertas amplas no. 400.
  • Aplikasikan BioColours Clear Coat Gloss dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, aduk rata dan semprotkan pada permukaan kayu. Ulangi aplikasi Clear Coat hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Tunggu kering sekitar satu malam baru coffee table bisa digunakan.

Melihat langkah-langkah coating di atas, Anda memang harus menggunakan merk plitur kayu yang bagus BioColours karena produk ini memiliki rangkaian produk yang akan membuat penampilan coffee table dari kayu jati belanda tampak lebih natural.

Kelebihan BioColours Wood Stain Indoor Melindungi Furniture

Setelah menegtahui betapa mudahnya mengaplikasikan produk merk plitur kayu yang bagus BioColours maka Anda bisa memebelinya langsung. Bagi Anda yang masih ragu dan ingin mengetahui seberapa besar keuntungan yang akan Anda dapatkan, simak penjelasannnya berikut ini:

  1. Cepat kering, kecepatan kering suatu bahan finishing akan menjadi acuan dalam proses finishing. Semakin cepat kering bahan finishing tersebut dan memiliki hasil paling baik pasti banyak dicari. Kecepatan kering sentuh dari BioColours Wood Stain Indoor hanya 10 menit sedangkan untuk kering amplas adalah 30-60 menit. Hal ini dipengaruhi formulanya yang didesain sebagai air drying system sehingga dapat kering sempurna dalam suhu udara bebas yang disesuaikan dengan kecepatan proses kerja industri finishing.
  2. Terdapat bahan anti jamur, formula yang ada didalamnya mengandung bahan anti jamur dan bebas dari formaldhyde dan merkuri sehingga tetap aman dan ramah lingkungan. Supaya furniture lebih tahan terhadap jamur dan rayap, Anda bisa menambahkan BioCide SFP pada saat aplikasi coating.
  3. Melindungi furniture, melihat dari kandungan formulanya BioColours WSI ini mampu memberikan perlindungan jenis softwood seperti kayu jati belanda secara maksimal. Suhu di dalam ruangan memang tidak terlalu ekstrim seperti di luar ruangan. Tetapi suhu di dalam ruangan bisa juga memiliki kelembapan yang tinggi. Peranan WSI akan berjalan secara maksimal. Dengan finishing close pore dan juga anti jamur yang dimiliki baik itu kelembapan tidak akan mudah masuk ke dalam substrat kayu.
  4. Melindungi manusia, selain perlindungan bagi furniture, manusia yang menggunakan juga perlu dilindungi dari bahan kimia seperti plitur. Bahan baku plitur yaitu resin yang hingga saat ini masih banyak digunakan adalah bahan beracun bagi tubuh manusia. Tetapi seiring dengan berkembanganya teknologi, manusia menciptakan produk plitur dari resin yang dicampur dengan air sehingga tidak berbahaya bagi manusia seperti BioColours Wood Stain Indoor ini. Produk BioColours mengikuti standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental protection Agency) sehingga keamanannya sudah pasti terjamin bebas dari bahan kimia berbahaya.

Dapatkan Produk Merk Cat Kayu Yang Bagus BioColours di Yogyakarta

Ingin segera mendapatkan produk merk plitur kayu yang bagus BioColours? Segera dapatkan dengan mendatangi langsung ke alamat jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Bagi Anda yang tidak berdomisili di Yogyakarta bisa langsung menghubungi costumer service kami di nomor 0822 1935 7399.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here