Memanfaatkan kayu jati menajdi wooden daybed membutuhkan peranan dari cat kayu jati yang tepat dalam memberikan warna natural.

Warna trend pada tahun 2017 ini pada furnituri kayu adalah warna  natural transparan. Tujuannya adalah untuk menonjolkan sisi artistik dari kayu jati. Pohon jati tua yang bisa berumur mencapai 80 tahun sebelum ditebang ini memiliki tinggi 30-40 meter. Dengan bentuk pohon yang besar tersebut tentunya memiliki harga dan nilai yang sangat tinggi. Akan tetapi sebagian besar yang mudah dibentuk adalah bagian batang pohon.

Bagian pohon jati yang lain seperti tree sump dan cabang kayu membutuhkan perlakukan khusus untuk dijadikan furniture. Dibutuhkan desain yang unik dan menggunakan bahan perekat yang kuat untuk menciptakan sebuah furnture. Kebanyakan bagian tersebut diciptakan menjadi stool, coffee table atau home decor yang artistik. Selain bentuk serat kayu juga menjadi tujuan utama dibuatnya furniture ini. Maka dibutuhkan cat kayu jati warna natural transaparan yang akan mengekspose dengan baik serat kayu jati.

Wooden Daybed Menarik Dengan Ukiran Bali

cat-kayu-jati-Wooden Daybed
Memanfaatkan kayu jati menajdi wooden daybed

Salah satu furniture yang dibuat dari batang pohon jati adalah wooden daybed. Furniture ini adalah furniture khas Indonesia karena memiliki tambahan ukiran. Wooden daybed biasanya diletakan pada teras rumah. Fungsinya adalah untuk bersantai atau untuk bercengkrama. Masyarakat Jawa dan Bali menggunakan furniture ini sebagai pengganti meja dan kursi. Agar lebih santai berada di atas wood daybed maka ditambahakn bantalan empuk.

Ciri khas ukiran pada wooden daybed yang unik biasanya menggunakan ukiran Bali. Motif dari ukiran Bali sendiri sangat unik dan berbeda dibandingkan dengan ukiran daerah lain seperti Jepara. Motifnya biasanya lemah gemulai, berirama dengan gaya yang luwes, agung berwibawa karena menggambarkan sifat raja yang bijaksana pada rakyatnya. Oleh karena itu motif ukiran Bali berbeda dengan ukiran lainnya.

Umumnya ukiran motif Bali memiliki ukiran bunga dan buah atau daun yang berbentuk cekung dan cembung. Motif ukiran Bali memiliki bentuk berikal pada ujungnya, memiliki sunggar, endong, daun trubus, simbar, pecahan dan benangan yang berbeda dibandingkan daerah lain. Maka sekali melihat ukiran Bali dengan ukiran lain akan terlihat perbedannnya. Selain itu agar ukiran Bali ini terlihat dengan baik maka dibutuhkan warna cat kayu jati yang natural transparan. Dengan menggunakan cat kayu jatu natural maka bentuk dari ukiran dapat terlihat mewah dan natural.

Selain memberikan tampilan, cat kayu juga memberikan perlindungan pada furniture wooden daybed. Penempatan furniture pada teras akan membutuhkan perlindungan dari panas matahari dan kelembapan agar kayu tidak mudah lapuk dan warna yang pudar. Pemilihan cat yang bagus untuk kayu jati juga harus memperhatikan aspek ini.

Cat Kayu Jati Yang Tepat Untuk Wooden Daybed

Berbagai macam cat dapat digunakan untuk finishing wooden daybed ini. Tetapi cat manakah yang paling tepat? Cat kayu jati BioColours menjadi pilihan yang tepat untuk finishing. Cat BioColours adalah cat spray system yang memiliki pilihan warna natural untuk trend tahun 2017. Warna jati menjadi unggulan dan BioColours Clear doft yang menjadi pilihan untuk tampilan natural. Wooden daybed yang akan digunakan pun aman karena cat ini bebas dari toxic. Dikarenakan pembuatannya sesuai dengan standar regulasi ECHA dan US EPA.

Pemilihan cat kayu jati BioColours akan tepat untuk semua finishing kayu jati selain warna natural, tingkat keamanannya bagus untutk menjaga kesehatan penggunannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here