Ayo Membuat Sendiri Meja Belajar Dari Kayu Bekas

Membuat sendiri meja belajar dari kayu bekas bisa menjadi kado istimewa untuk anak.

Ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk menyenangkan buah hati anda. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan mengajaknya bermain, jalan-jalan, atau memberikan sesuatu hal seperti mainan atau jajanan.

Selain hal tersebut, anda juga dapat memberikan hal yang menarik lainnya, seperti membuatkan sebuah furniture yang menarik dan juga berguna bagi mereka, salah satunya adalah meja belajar. Furniture yang satu ini pastinya akan dibutuhkan bagi buah hati anda agar lebih memotivasi mereka untuk semangat belajar.

Ayo Membuat Sendiri Meja Belajar Dari Kayu Bekas

Untuk membuat meja belajar tersebut, tentunya anda juga tidak perlu untuk membeli kayu yang baru, tetapi anda juga dapat memanfaatkan kayu bekas yang masih bagus. Hal ini tentu saja akan mengurangi dana anda, sehingga lebih berhemat. Bagaimana membuat meja belajar ini dengan mudah? Simak cara sederhana berikut ini.

Tips Membuat Sendiri Meja Belajar dari Kayu Bekas

  1. Siapkan kayu bekas sebagai bahan utama beserta peralatan yang diperlukan

Untuk bahan utamanya adalah kayu bekas. Pilih jenis kayu bekas yang masih bagus. Untuk ukurannya, sesuaikan dengan selera anda. Alat penunjang lain yang anda butuhkan diantaranya adalah gergaji, bor, sekrup, paku, lem kayu, pensil kayu, meteran, amplas, serta masker. Pastikan anda memakai masker agar tidak ada debu yang terhirup ketika anda memulai untuk mengamplas kayu anda.

  1. Buatlah desain meja belajar yang anda inginkan

Buatlah desain meja belajar ini sesuai yang anda inginkan. Gambarkan sketsa meja belajar tersebut pada sebuah lembaran kertas. Tidak perlu menggunakan ukuran yang tepat atau sesuai dengan skala. Gambar pula dimensi meja belajar agar memudahkan anda dalam membuat meja belajar tersebut.

  1. Potong bagian kayu

Siapkan kayu bekas yang akan buat sebagai desain untuk meja belajarnya. Siapkan meteran, gergaji, serta pensil kayu. Potong bagian kayu-kayu bekas tersebut menjadi rancangan desain meja belajarnya, mulai dari bagian alas meja atau bagian atas meja, serta bagian kaki-kaki mejanya. Pastikan ukur dengan tepat.

  1. Amplas potongan kayu tersebut

Ayo Membuat Sendiri Meja Belajar Dari Kayu Bekas

Bagian selanjutnya adalah mengamplas semua potongan kayu tersebut dengan cara menggosokkan amplas pada semua bagian kayu sampai kayu benar-benar halus dan rata. Pengamplasan ini juga dimaksudkan agar tidak ada cat lama yang masih menempel pada kayu, sehingga anda akan lebih mudah untuk mengecatnya. Apabila ada bagian kayu yang kurang rata, amplas kembali dengan menekan kuat sampai bagian tersebut rata.

  1. Buatlah alas meja

Untuk membuat alas meja bagian atas, anda dapat menyatukan potongan-potongan kayu yang sudah anda buat. Buatlah palangan untuk bagian atas agar semua potongan kayu merekat. Gunakan lem kayu bila perlu, kemudian tambahkan paku agar lebih kuat.

  1. Buatlah kaki-kaki meja

Apabila bagian atas meja sudah terpasang, maka buatlah bagian kaki-kaki meja anda. Pasang kaki-kaki meja dengan merekatkannya dengan lem dan tambahkan sekrup atau paku agar lebih kuat. Pasangkan kaki-kaki meja yang lain dengan cara yang sama.

  1. Proses finishing

Proses terakhir adalah pengecatan. Pilih cat yang aman dan juga berkualitas. Pilih jenis cat dengan water based atau cat dengan bahan pelarut air karena cat ini aman bagi kesehatan anak dan keluarga anda. Jangan menggunakan cat solvent based atau cat dengan bahan pelarut air seperti thinner atau spiritus, karena cat jenis ini berbau menyengat serta tidak bagus untuk kesehatan anak dan keluarga anda. Aplikasikan cat water based pada meja belajar sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here