9 Merk Cat Plitur dan Cat Duco Terbaik di Indonesia

Banyaknya merk produk cat plitur dan cat duco di Indonesia sering membuat bingung Anda dalam menentukan manakah produk terbaik. Inilah 9 Merk terbaik yang direkomendasikan.

Bagi Anda yang memiliki usaha di bidang furniture pasti sangat bergantung pada cat yang berkualitas terbaik. Bahkan jika buyer Anda orang asing pasti menuntut kualitas yang paling baik dan juga aman. Produk tersebut tentu saja bisa Anda dapatkan di Indonesia. Tetapi karena terlalu banyak merk yang beredar di pasaran sering membuat Anda ragu dalam memilih merk mana yang berkaulitas. Hal ini juga berlaku bagi Anda penghobi atau pengguna di rumah saja. Cat kayu berbeda dengan cat dinding atau cat logam karena terbuat dari resin (getah tanaman) yang sangat mudah merekat pada material di mana cat dioleskan.  Maka jika Anda tidak menggunakan cat plitur atau cat duco terbaik hasilnya juga tidak akan maksimal seperti rata, halus, mengkilap atau aman dan ramah lingkungan.

Membantu kebingungan Anda dalam memilih produk cat, berikut ini 9 merk produk cat plitur dan cat duco di Indonesia yang terkenal dan sudah banyak digunakan.

  1. Biovarnish

Manufaktur Cat Kayu MengkilapCat water based adalah produk yang sering digunakan modern ini karena semakin ketatnya peraturan ekspor di Eropa, Amerika dan Jepang. Biovarnish hadir dengan kualitas internasional sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency). Harga Biovarnish per kalengnya adalah RP. 70.000,-. Harga ini termasuk mahal untuk ukuran sebuah cat, tetapi jangan sedih dahulu karena kualitas yang ditawarkan cat ini bukanlah kualitas terburuk justru sebaliknya. Anda akan mendapatkan furniture yang terlindung dari perubahan cuaca, air, jamur, serangga, dll. Yang paling diunggulkan dari produk ini a aplikasinya menggunakan kuas tidak meninggalkan brush mark. Bahan pelarut air akan meringankan budget Anda dalam finishing.

  1. BioColours

biocoloursJika Biovarnish adalah cat plitur, maka BioColours adalah cat duco. Aplikasi yang baik BioColours adalah dengan spray system. Produk ini sudah banyak digunakan dalam industri furniture ekspor sehingga kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Hasil dari BioColours sangat halus dan rata seian itu pilihan warna yang lengkap dapat memeuhi di semua ruang. Harga per kaleng BioColours BioDuco dibandrol dengan RP. 80.000,- dan harga sanding  sealer adalah Rp. 56.000,-. Harga ini pasti membuat terkejut karena mahal. Memang mahal teteapi cat ini adalah cat water based dimana Anda hanya membutuhkan bahan pelarut air saja bukan solvent seperti thinner.

  1. Orchid

orchid-enamel-paintSelain BioColours yang termasuk cat duco, cat Orchid diciptakan untuk Anda yang menginginkan aplikasi mudah yaitu dengan kaus dan air. Pilihan cat Orchid ini selain mudah juga memiliki aplikasi satu produk saja tanpa sanding sealer. Media aplikasi juga tidak terbatas pada kayu saja tetapi juga bisa untuk material besi. Bahkan kekuatan perlindungan akan diberikan hingga lebih dari tiga tahun. Harga satu kaleng cat Orchid lebih murah yaitu Rp. 69.000,-. Cat Orchid sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan proses recoating dan tidak memakan waktu lama atau teknik khusus.

  1. Mowilex

mowilexMungkin Anda sudah sering mendengar produk Mowilex karena produk ini sangat mudah ditemukan di tokto toko besi terdekat rumah Anda.  Harga Mowilex per kalengnya adalah Rp. 67.000,-. Masih dengan basic water based produk Mowilex bisa diaplikasikan dengan kuas saja. Cat Mowilex mengusung tema luxury sejak tahun 1987 dan konsisten dengan tema tersebut. Sehingga Mowilex sudah tidak lagi menjual cat dalam ukuran kilo tetapi liter. Mowilex akan memberikan ketahanan air, ketahanan jamur dan serangga, ketahanan dari panas pada furniture Anda.

  1. Nippon Paints

niponpaintHampir sama dengan cat Orchid hanya saja Nippon adalah solvent based sehingga bahan pelarutnya adalah thinner. Produk yang terkenal dari nippon adalah Nippe 2000 dan dijual dengas sekitaran harga Rp. 58.000,- per kalengnya. Nippon adalah cat produksi Jepang yang terbuat dari cat laquer auto refinish dengan nitroselulosa dan mudah kering. Cat ini juga tidak hanya bsia diaplikasikan pada kayu saja tetapi juga digunakan untuk besi. Keuntungan menggunakan Nippe 2000 adalah pilihan warna yang beragam.

  1. Ultran Aqua Politur

Ultran Aqua PoliturKembali lagi dengan produk cat plitur water based yang diusung oleh Proapn kali ini. Ultran Aqua Polutur adalah produk water based yang terbilang baru. Setelah suskes dengan cat plitur solvent based, Propan mengembangkan produk water  based. Tema pada Aqua Politur adalah friendly coating karena water based dan harga yang dibandrol tidak jauh berbeda dengan Mowilex yaitu sekitaran Rp. 67.000,-.  Warna natural dari Ultran Aqua Politur ini cukup lengkap.

  1. Impra

impraTadi sempat disinggung sedikit mengenai cat solvent based Propan. Anda akan menemukan merk Impra salah satu produk Propan yang bisa dikatakan sukses karena banyak diguanakan. Tersedia dalam tiga kemasan yaitu 1 liter dengan harga Rp. 61.000,- , 5 liter dan 20 liter.  Karena solvent based, cat Impra membutuhkan bahan pelarut thinner. Untuk hasil yang akan Anda dapatkan adalah warna cerah dengan transparansi baik sehingga akan memperlihatkan serat kayu dengan jelas.

  1. Ace Wood Stain

Ace Wood StainProduk Ace ini salah satu produk cat plitur yang baru. Produk ini dibuat dan dipasarkan oleh Ace Hardware. Harga dari satu kaleng  Ace Wood Stain adalah Rp. 47.000,-. Walaupun masih baru produk ni termasuk katagori terbaik karena sudah banyak digunakan dan sebenarnya berasal dari luar negeri. Sayangnya produk ini bukan water based melainkan solvent based yang cukup berbahaya untuk digunakan.

  1. Belazo

belazo-wsCat plitur Belazo adalah produk buatan dari PT. Indaco Warna Dunia yang juga temasuk produk baru. Keunggulan produk ini adalah water based yang aman. Harga perkalengnya adalah Rp. 67.000,-.  Tema dari Belazo adalah green wood coating serta tidak terdapat bahan kimia berbahaya di dalamnya.  Akan tetapi walaupun terbaik, produk Belazo ini hanya bisa diaplikasikan pada furniture dalam ruangan saja.

Pilihan Cat Plitur dan Cat Duco Yang Terbaik Untuk Anda

Dari 9 merk cat plitur dan cat duco yang sudah dijelaskan di atas, saatnya Anda menentukan produk yang sesuai untuk Anda. Apakah dari 9 merk di atas masuk katagori yang Anda butuhkan? Apakah Anda akan memilih cat water based atau cat solvent based? Sudah jelas sekali bahwa cat water based yang banyak diminati saat ini terlebih jika Anda sangat sensitif terhadap lingkungan. Walaupun masih banyak juga industri furniture yang masih menggunakan produk solvent. Hal ini yang harus mulai diperbaiki jika Anda menginginkan lingkungan yang baik.  Misalnya saja jika Anda menginginkan produk cat plitur  terbaik bisa menggunakan Biovarnish sedangkan jika Anda menginginkan warna solid bisa menggunakan BioColours atau Orchid. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih produk cat berkualitas di rumah dan di usaha Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here