produk-Bioduco-chak-paint

Kabinet, adalah salah satu jenis furniture yang dibutuhkan sebuah hunian. Baik itu kabinet dapur, kabinet untuk ruang keluarga hingga kamar. Bisa digunakan juga sebagai alternatif tempat menyimpan pakaian. Kabinet yang terbuat dari kayu lebih banyak disukai karena memiliki finishing warna lebih berbagai.

Salah satu finishing warna yang paling banyak disukai adalah warna pastel. Mengapa? Karena warna ini tidak terlalu mencolok dan memberikan efek warna yang tenang. Efek yang diberikan hampir sama seperti warna kayu natural. 

Jadi bagi Anda yang bosan dengan kabinet di rumah warna natural, bisa menggantinya dengan warna pastel. Warna pastel didapatkan dari chalk paint, dan cat ini kebanyakan adalah produk impor, misalnya seperti Annie Sloan chalk paint. 

Tapi kini Anda tidak perlu bingung lagi, karena chalk paint sudah hadir di Indonesia. Cat yang aman dan juga ramah lingkungan, Bioduco adalah chalk paint pertama yang ada di Indonesia. Anda tidak perlu membeli barang impor untuk bisa memberikan warna pastel pada furniture. 

Bioduco Chalk Paint dengan Warna Pastel yang Menawan

Bioduco chalk paint adalah cat kayu yang terbuat dari bahan acrylic water based. Cat tidak mengandung banyak bahan logam berat jadi sangat aman digunakan untuk pemula hingga profesional. Kabinet yang di finishing dengan cat ini dijamin tidak akan menjadi sumber polusi di dalam ruangan. 

Apa yang menarik dari Bioduco chalk paint adalah pilihan warna yang sangat menarik. Disediakan 20 pilihan warna pastel yang bisa dipadupadankan. Anda bisa melakukan finishing dengan satu warna atau dua warna dalam satu kabinet. 

Biasanya finishing dengan dua warna menggunakan teknik distressing, agar kedua warna tersebut dapat terlihat. Artinya, kabinet akan di finishing untuk mendapatkan tampilan rustik atau antik. Finishing dengan tampilan ini, cocok untuk ruangan dengan gaya shabby chic atau vintage. 

Bagi Anda yang kini sedang berburu furniture vintage, bisa memanfaatkan Bioduco chalk paint untuk finishing kabinet di rumah. Apabila kebetulan Anda memiliki hobi dengan woodworking, tentu bereksplorasi dengan chalk paint akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. 

Memadupadankan Warna Chalk Paint untuk Kabinet

Tidak perlu ragu ketika memadupadankan dua warna dari chalk paint pada kabinet. Justru dengan memadukannya furniture akan tampak lebih berbeda. Tujuannya adalah furniture tampak terlihat lebih tua daripada umurnya.

Anda tidak perlu mencari kesempurnaan dalam finishing ini, justru beberapa cacat finishing perlu diperlihatkan. Misalnya saja seperti bekas sapuan kuas, sedikit warna asli kayu yang terlihat atau beberapa cacat karena goresan. 

Nah untuk itu, Anda harus bisa memilih jenis warna yang dipadukan dengan tepat. Teknik mengaplikasikan juga perlu dikuasai karena tidak hanya asal kuas saja. Pengamplasan akan menjadi kunci yang sangat penting untuk memperlihatkan kedua warna sekaligus. 

Apa saja padu padan warna menarik dari Bioduco chalk paint? Ikuti lima contoh perpaduan warna menarik ini. 

Warna Broken Pastel Green dengan White 

Furniture dengan warna ini memiliki proporsi warna yang hampir sama. Baik itu warna hijau pastel, putih dan juga kayu. Sebagai gambaran, warna dasar adalah kayu, kemudian diatasnya adalah warna putih dan warna paling akhir adalah pastel green. Ketiga warna akan memberikan tampilan yang sangat apik. 

Untuk memadukannya, Anda harus mengamplas permukaan kayu, mengaplikasikan warna chalk paint white. Aplikasikan warna white ke seluruh permukaan secara merata tipis saja. Kemudian setelah kering dan di amplas halus aplikasikan warna pastel green, hanya pada bagian tertentu seperti permukaan yang datar.

Ketika warna pastel green sudah kering, mulailah dengan teknik distress. Amplas bagian sudut dan siku kabinet hingga warna asli kayu dan juga warna cat white terlihat. Kini perpaduan warna natural kayu, putih dan juga hijau pastel akan terlihat. 

Warna Dark Egg Blue dengan Black

Berbeda dengan kabinet sebelumnya yang membutuhkan warna putih. Disini Anda hanya akan memperlihatkan dua warna yaitu dark egg blue dan juga black. Bidocuo chalk paint warna black akan digunakan sebagai warna dasar, jadi Anda harus mengaplikasikannya terlebih dahulu. 

Sekali lagi, aplikasikan warna black tipis saja ke seluruh permukaan kayu. Setelah kering, amplas ambang dan aplikasikan warna dark egg blue. Usahakan brush mark terlihat pada warna terakhir ini. Tunggu kering, kemudian gunakan teknik distress. 

Amplas hanya pada bagian sudut hingga warna hitamnya terlihat. Jangan mengamplas hingga warna kayu terlihat. Perpaduan kedua warna ini cenderung lebih gelap dan cocok untuk kabinet di ruang keluarga.

Warna Pink dengan Espresso

meja-dengan-warna-pink

Ingin sedikit warna pastel yang cerah, Anda bisa memilih warna pink dan juga espresso dari Bioduco chalk paint. Kedua warna ini juga sedikit memperlihatkan warna kayu, hanya saja warna pink akan lebih dominan. Warna espresso akan menjadi warna dasar sehingga harus diaplikasikan pertama kali. 

Lapisan kedua adalah warna pink yang diaplikasikan secara merata. Nah pada saat inilah Anda harus mengamplas dengan kertas amplas nomor 180 hingga warna espresso muncul. Pastikan pengamplasan dilakukan searah dengan sapuan kuas. 

Untuk menghaluskan permukaan, setelah amplas nomor 180 gunakan amplas 320. Hasilnya permukaan akan lebih halus. Anda tidak perlu hasilnya takut kotor, karena justru inilah tujuannya. Setidaknya warna espresso terlihat di siku dan dekat bagian knob. 

Warna Yellow dengan Sea Green

Selain warna pink, Anda juga bisa mengecat kabinet dengan dominan warna kuning. Dipadukan dengan warna Bioduco chalk paint sea green, Anda akan melihat tampilan yang benar-benar berbeda. Agar warna sea green terlihat, Anda hanya perlu mengaplikasikannya pada permukaan yang datar. 

Kemudian tumpuk dengan warna kuning secara merata. Ketika warna terakhir yaitu kuning sudah kering, Anda bisa mengamplas tipis pada bagian yang tadinya diaplikasikan warna sea green. Amplas hingga warna hijau terlihat samar-samar. 

Amplas juga bagian siku dan sudut hingga warna kayu terlihat. Terakhir baru haluskan semua permukaan agar tampak alami. Amplas dengan kertas amplas nomor 400. 

Warna Red dengan Green AG

Terakhir adalah warna yang sangat cerah yaitu warna merah dan juga green AG dari Bioduco chalk paint. Berbeda dengan warna kuning dari chalk paint, warna hijau hanya diaplikasikan pada sudut kabinet saja. 

Langkahnya kuaskan chalk paint warna green AG ke seluruh bagian sudut dan juga siku kabinet. Setelah kering, aplikasikan warna merah ke seluruh permukaan kayu. Setelah kering, amplas hingga warna hijau terlihat dan beberapa warna kayu terlihat pada permukaan yang datar. Haluskan terakhir dengan amplas nomor 320. 

Apapun perpaduan warna yang dipilih, setelah lapisan coating kering sempurna, sebaiknya lapisi terakhir dengan Bioduco top coat matte. Fungsinya adalah untuk memperkuat hasil warna sehingga menjadi lebih tahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here