chalk paint untuk meja tamu

Warna natural pada meja tamu sudah biasa, bagaimana jika Anda bisa memberikan warna berbeda dan lebih menarik dengan chalk paint? Saat ini dunia finishing kayu di Indonesia sedang menggandrungi finishing chalk paint. Hadirnya Bioduco chalk paint membuat siapa saja bahkan amatir bisa mengecat untuk kebutuhan tampilan artistik. 

Tidak ada salahnya memadukan warna natural dan juga warna pastel dari chalk paint. Hasilnya meja tamu justru lebih menarik dan juga memiliki berbagai gaya yang bisa diaplikasikan. Jadi apa saja warna yang bisa Anda terapkan pada meja kayu di rumah?

Ada banyak sekali pilihan warna menarik yang dihadirkan oleh Bioduco chalk paint. Warna-warna pastel ini seringkali diterapkan pada hunian dengan gaya vintage. Gaya ini sangat menarik dan juga mudah untuk dibuatnya. 

Kreativitas Finishing Meja Tamu dengan Bioduco Chalk Paint

Jika Anda memiliki hobi finishing, maka meja tamu adalah furniture yang paling tepat untuk digunakan sebagai bahan latihan. Misalnya meja tamu yang terbuat dari kayu palet, Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Seperti apakah ide kreativitas menarik yang ingin Anda terapkan?

Sudah tidak sabar apa saja hasil tampilan dari meja tamu dari kayu seperti apakah yang dihasilkan? Berikut ini akan ada lima jenis hasil menarik yang bisa dipilih. Baik itu menggunakan perpaduan antara pernis serta chalk paint atau hanya menggunakan chalk paint saja. 

Finishing Meja Tamu Warna Putih Matte

Sebelum memadukan dengan pernis Anda bisa memilih warna paling mudah yaitu putih. Bioduco chalk paint menyediakan dua jenis warna putih yaitu white dan broken white. Keduanya memberikan warna putih yang berbeda, biasanya untuk gaya vintage cocok dengan warna broken white. 

Proses aplikasinya juga sangat mudah, cukup campurkan Bioduco chalk paint dengan air, kemudian aduk merata. Kuaskan cat ke seluruh permukaan meja tamu, ikuti arah serata. Lapisan pertama tidak perlu rapi, namun pada lapisan kedua bekerjalah agar finishingnya menjadi halus. 

Pelajari terlebih dahulu teknik menguaskan cat hingga akhirnya berubah menjadi lebih halus. Setiap lapisan perlu ditunggu kering kemudian di amplas hingga halus. Gunakan amplas nomor 400 dan lakukan secara ambang. 

Finishing Meja Tamu Antik 

Apakah Anda pernah mendengar finishing antik? Sudah pasti akan membayangkan meja tamu yang terlihat lama yang rajin dirawat. Permukaan furniture akan terlihat rata dan juga halus. Hanya saja pada beberapa bagian warna cat terlihat pudar. Nah untuk mendapatkan hasil finishing ini, dibutuhkan pengamplasan. 

Pertama aplikasikan chalk paint pada bagian kaki meja. Anda bisa menggunakan berbagai jenis warna yang tersedia. Lakukan caranya seperti aplikasi finishing meja tamu di atas. Pastikan dua kali lapisan menutup sempurna bagian kaki meja. 

Kemudian aplikasikan pernis kayu, Anda bisa menggunakan Biovarnish warna apapun. Khusus Biovarnish, aplikasi pada bagian atas meja saja. Pilih warna yang tepat dengan kaki meja dari chalk paint. Tunggu kering dan jangan aplikasikan clear coat terlebih dahulu. 

Terakhir, amplas bagian siku-siku meja khususnya pada bagian kaki. Amplas dengan amplas nomor 180 sehingga warna kayu terlihat. Selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan clear coat terakhir. Maka akan ada dua warna yang menghiasi meja tamu di rumah. 

Finishing Meja Tamu dengan Serat Buatan dan Chalk Paint

Ide selanjutnya adalah menggabungkan warna natural dengan chalk paint. Hanya saja keunikan terdapat pada warna natural dimana Anda bisa membuat serat kayu buatan. Serat ini dapat dibuat menggunakan Biovarnish glaze dan juga wood stain. 

Caranya sangat mudah, pertama amplas seluruh permukaan meja tamu kemudian bersihkan. Aplikasi Bioduco chalk paint sesuai dengan warna yang diinginkan. Lanjutkan dengan proses aplikasi chalk paint biasa hanya pada bagian kaki saja dan tunggu hingga kering. 

Aplikasi Biovarnish dimulai dengan wood stain. Campurkan dengan air, kuaskan wood stain tunggu kering amplas ambang. Setelah itu campurkan Biovarnish glaze warna brown dengan sedikit air, kuaskan merata dan rapi ke seluruh permukaan top table. Langsung gunakan rubber grain untuk membuat serat buatan.

Tarik rubber grain sesuai arah serat kayu dan tunggu beberapa menit. Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte ke seluruh permukaan meja tamu. Sebelumnya campurkan dengan air kemudian kuaskan merata, diamkan hingga menjadi kering selama semalaman.

Finishing Meja Tamu Terbakar dan Warna Pastel

Ide finishing yang keempat ini cukup unik, karena pada bagian atas meja, Anda bisa menciptakan tampilan kayu seperti terbakar. Pada bagian kaki meja tamu, berikan warna pastel dari Bioduco chalk paint warna pilihan. Cara aplikasinya cukup menggunakan kuas, namun jenis kayu yang digunakan harus memiliki bentuk serat menarik. 

Pertama aplikasikan chalk paint warna yang Anda sukai. Proses aplikasinya sama seperti pengecatan meja tamu warna putih di atas. Anda bisa memberikan dua atau tiga lapisan hingga kaki meja tertutup warna pastel. 

Kedua adalah mengecat warna kayu terbakar dengan Biovarnish wood stain warna papua rose. Campurkan wood stain dengan sedikit air kemudian lanjutkan dengan proses penguasan ke seluruh permukaan top table. Setelah menunggu 5 menit hapus dengan kain katun kering dan bersih. 

Penghapusan wood stain harus mengikuti arah serat untuk mencetak motif kayu yang terbakar. Setelah itu terakhir aplikasikan Biovarnish clear coat pada bagian kayu yang sudah dilapisi dengan wood stain. Tunggu lapisan kering selama semalaman. 

Finishing Meja Tamu Rustic

Finishing rustic adalah yang paling unik di antara lainnya. Pada finishing ini Anda harus melakukan beberapa persiapan untuk membuat tekstur meja menjadi rusak. Proses ini bisa menggunakan sikat kawat, sikatkan ke seluruh permukaan kayu searah serat. Sehingga serat kayunya rusak. 

Bersihkan permukaan dari kayu yang kotor, kemudian aplikasikan Bioduco chalk paint warna pilihan. Aplikasikan pada bagian kaki meja, lakukan langkah yang sama seperti aplikasi chalk paint yang pertama. Aplikasikan dua kali kemudian amplas bagian siku kaki meja menggunakan amplas 180. 

Amplas bagian tersebut hingga warna kayunya terlihat. Jika aplikasi selesai, gunakan Biovarnish wood stain pada bagian top table. Kuas dan keringkan, kemudian amplas ambang hanya pada bagian wood stain dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas. 

Terakhir aplikasikan Biovarnish glaze hanya pada bagian top table saja. Bersihkan glaze yang sudah dikuaskan kemudian tunggu 5 menit baru ditumpuk dengan lapisan Biovarnish clear coat. Diamkan selama semalaman, jika sudah kering lakukan pemolesan dengan Biopolish Linseed Oil.

Memoles permukaan kayu akan membuat lapisan coating menjadi lebih kuat setelah kering. Warna dari cat juga tidak akan mudah pudar, demi menjaganya Anda harus mengaplikasikan poles setidaknya tiga minggu sekali. Gosok dengan kain katun yang kering dan bersih hingga warnanya menjadi lebih mengkilap. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here