3 Langkah Aplikasi Wood Filler Paling Mudah Untuk Pemula

Lantai kayu yang rusak, kusen jendela yang sudah mulai lapuk atau berlubang bahkan furniture yang rusak karena goresan dan juga paku adalah permasalahan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Bagi sebagia besar orang masalah tersebut akan sangat mengganggu dan juga akan sangat menguras kantong.

3 Langkah Aplikasi Wood Filler Paling Mudah Untuk Pemula
Retakan pada permukaan furniture kayu.

Padahal berbagai macam permasalahan tersebut sebenarnya dapat diperbaiki sendiri dengan cepat. Bahkan jika Anda adalah seorang ibu rumah tanggapun dapat memperbaiki dengan sangat mudah. Caranya adalah Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan wood filler, jika sebelumnya Anda telah mempelajari bagaimana menggunakan wood filler maka akan sangat mudah untuk Anda mengaplikasikannya.

Namun apabila Anda tidak pernah mengaplikasikannya sebelumnya jangan khawatir karena dalam artikel ini Anda akan dipandu untuk memperbaiki berbagai macam cacat pada kayu. Bahkan jika sekali Anda mengaplikasikannya, siapa tahu cara ini akan membuat Anda menjadi lebih senang dalam pekerjaan woodworker?

Wood filler adalah peralatan yang sangat mudah untuk diaplikasikan bahkan sangat cepat untuk mengering. Anda yang memiliki permasalahan dalam permukaan kayu yang tidak rata dalam berbagai macam jenis benda kayu yang ada di rumah.

Jenis Wood Filler Apa  Yang Harus Digunakan?

Jika berbicara mengenai jenis wood filler apakah yang bisa Anda gunakan tergantung dengan seberapa besar pekerjaan yang akan Anda lakukan. Produk yang menjadi andalan dan banyak digunakan adalah wood filler yang dapat dilapisi dengan wood stain jadi setelah Anda mengaplikasikan wood filler maka Anda akan mendapatkan kemudahan dalam memberikan warna di atasnya.

Anda bisa mengaplikasikan wood stain untuk untuk menyamakan warna pada bagian kayu yang lain. Sehingga cacat yang sudah ditutup dengan wood filler tidak akan terlihat berbeda atau membekas. Salah satu bentuk dari wood filler yang direkomendasikan adalah wood filler water based.

Wood filler water based sangat mudah untuk diaplikasikan dan sangat cocok untuk berbagai macam kebutuhan furniture baik itu indoor maupun outdoor. Bahkan yang paling menarik adalah wood filler water based tidak akan menimbulkan bau yang menyengat seperti halnya wood filler solvent.

Cara Mudah Aplikasi Wood Filler Water Based

Bekerja dengan wood filler akan memberika hasil yang tidak rapi dan juga akan membuat permukaan tidak rata pada awalnya. Namun hasilnya akan berdampak sangat menarik dan juga memberikan permukaan yang halus bahkan rata.

Sangat penting untuk diingat wood filler berfungsi untuk memperbaiki bagian cacat pada kayu seperti goresan dan juga lubang kecil.  Namun jika Anda mendapatkan permukaan yang cacat yang rusak parah misalnya saja kusen kayu yang rusak karena rayap dan parah maka wood filler tidak dapat digunakan untuk memperbaiki.

3 Langkah Aplikasi Wood Filler Paling Mudah Untuk Pemula
Aplikasi wood filler pada retakan furniture kayu dan belum diamplas.

Jadi sebelum Anda menggunakan wood filler maka sebaiknya Anda memperghatikan jenis cacat yang terdapat pada kayu sebelum Anda mengaplikasikan. Tidak ada jalan pintas lain selain menggunakan wood filer jika Anda ingin menampilkan permukaan kayu menjadi lebih baik dan memiliki warna yang sama.

Beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan adalah pisau scrape, kain bal, wood filler water based, wood stain water based, dan juga amplas. Peralatan ini sangat mudah ditemukan jika Anda pergi ke toko bahan bangunan terdekat di rumah Anda.

Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan setelah proses aplikasi adalah sebagai berikut ini:

Langkah Pertama

Mulai dengan mempersiapkan permukaan kayu yang akan Anda aplikasikan wood filler. Pada bagian yang cacat sebaiknya Anda menghilangkan berbagai amcam kotoran seperti sisa serbuk kayu atau cat yang mengering. Selanjutnya Anda bisa mengamplas permukaan kasar dan yang berdekatan dengan permukaan kayu yang masih baik. Terakhir Anda bisa langsung membersihkan semua debu yang masih menempel dan sisa debu amplas dengan menggunakan kain bal yang telah dibasahi jika sudah Anda bisa langsung mengeringkan bagian tersebut jika terlalu basah agar wood filler dapat melekat dengan benar.

Langkah Kedua

Sekarang Anda bisa langsung mengaplikasikan wood filler water based dengan pisau scrape. Mulailah dari bagian ujung yang memiliki kerusakan kemudian tekan wood filler ke dalam bagian yang dalam. Anda bisa menutup dengan wood filler secara berlebihan kemudian menghaluskan atau meratakan dengan bagian piusa scrape yang bersih.

Langkah Ketiga

Tunggu wood filler agar mengering sesuai dengan waktu yang dianjurkan pada kemasan wood filler. Pengeringan wood filler juga tergantung dengan kedalaman dari cacat kayu dan bisa membutuhkan waktu mulai dari 15 menit hingga 8 jam. Ketika mengering dengan benar Anda bisa langsung mengamplas pada bagia yang sudah diberikan wood filler sehingga bagian tersebut menjadi lebih halus dan juga rata seperti area kayu yang lainnya. Ketika Anda meraba menggunakan tangan Anda bisa merasakan dengan permukaan kayu sudah sama atau rata.

Langkah Keempat

Jika sudah mendapatkan bagian cacat pada kayu benar-benar rata dan juga halus maka Anda bisa menyelesaikan proyek Anda dengan memilih bahan finishing yaitu wood stain. Kebanyakan hasil yang diinginka adalah tidak ingin memperlihatkan bawah bagian furniture atau kayu tidak terlihat telah diperbaiki karena cacat. Jadi jika Anda sedang bekerja pada furniture dengan warna duco maka Anda akan lebih mudah mengaplikasikannya dengan warna duco yang sama.

Namun jika Anda bekerja pada permukaan kayu dengan warna natural Anda harus memilih wood stain dengan warna dan juga dengan merk yang sama jika perlu.

Tips Aplikasi Wood Filler Untuk Warna Sama

Apabila Anda menginginkan warna yang sama terlebih lagi jika Anda mengaplikasikan warna natural transparan Anda bisa menggunakan tips berikut ini agar warna yang dighasilkan tetap sama. Perlu Anda ketahui bahwa warna wood filler bisa saja berbeda dengan warna kayu, jadi jika Anda ingin mendapatkan warna kayu yang sama sebaiknya Anda mencampurkan wood filler dengan serbuk kayu yang sama.

Fungsinya adalah untuk menyamakan warna kayu terlebih lagi jika lubang kayu yang diperbaiki cukup besar dan dalam. Setelah mencampurkan dengan serbuk kayu yang halus Anda bisa langsung menunggu hingga benar-benar kering kemudian Anda bisa memilih wood stain dengan warna kayu yang sama.

3 Langkah Aplikasi Wood Filler Paling Mudah Untuk Pemula
serbuk kayu yang belum disaring untuk campuran wood filler agar warna kayu sama.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas maka Anda tidak akan memakan waktu yang terlalu lama. Anda tidak membutuhkan bantuan tukang untuk memperbaiki beberapa bagian furniture yang rusak di rumah. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan dengan sangat cepat.

Pekerjaan memperbaiki cacat pada furniture akan terasa lebih ringan dan juga lebih mudah Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Bahkan Anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan keinginan Anda.

Satu lagi tips yaitu Anda wajib menggunakan wood stain water based agar dapat meresap dan juga melekat pada wood filler water based. Jika Anda menggunakan wood stain solvent kemungkinan besar yang terjadi cat tidak akan menempel dan menimbulkan hasil yang buruk.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here